Keberadaan Order Management System atau yang disingkat OMS, tampaknya cukup untuk menjadi salah satu bukti tentang kemajuan bisnis.
Teknologi ini sudah banyak dimanfaatkan, khususnya dalam bisnis F&B (Food & Beverage). Sebagai pelaku usaha, Anda pun perlu mengenal apa itu sistem manajemen penjualan, manfaat, bahkan contoh penggunaannya dalam bisnis.
Karena dalam bisnis, kehadiran sistem manajemen pemesanan dianggap membuat proses kerja menjadi lebih efisien dan cepat. Seperti apa contoh dan manfaatnya? Yuk, simak selengkapnya!
Apa Itu Order Management System & Fungsinya?
Order Management System atau OMS adalah sebuah sistem yang dirancang untuk mengotomatiskan dan mengelola seluruh proses penerimaan, pengolahan, pemenuhan, dan pengiriman pesanan pelanggan.
Fungsi OMS secara umum adalah sebagai tulang punggung atau pusat operasional bagi bisnis yang terlibat dalam penjualan produk atau layanan, termasuk untuk bisnis kuliner.
Dalam industri bisnis Food & Beverage, sistem OMS digunakan sebagai manajemen kasir untuk cafe, coffee shop, restoran, hingga kedai makan. Order management system digunakan untuk memilih dan memesan menu, melakukan pembayaran, hingga mengelola reservasi.
Dalam lingkungan bisnis yang semakin kompleks dan berubah dengan cepat, sistem manajemen penjualan menjadi penting untuk meningkatkan efisiensi, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan memastikan integritas proses bisnis.
Segala fitur yang dirancang dalam order management system punya fungsi detail masing-masing sesuai prosesnya.
Bagaimana Order Management System Bekerja?
Anda telah memahami bahwa OMS adalah sistem atau tools yang dirancang untuk mengelola dan memproses pesanan pelanggan dari awal hingga akhir.
Sistem ini mengintegrasikan berbagai aspek order management atau proses pemesanan, mulai dari:
- Order Menu
- Penerimaan Pesanan,
- Proses Pembayaran,
- Proses Pengantaran Orderan,
- Pengelolaan Inventory, hingga
- Pelacakan Pesanan.
Detail aspek dan bagaimana cara OMS bekerja dapat dilihat seperti ini (Contoh ini berdasarkan OMS pada Aplikasi Kasir Tantri dan sistem pada umumnya):
1. Scan Menu & Order
Langkah pertama, pelanggan akan melakukan scan QR menu untuk melakukan pemesanan atas makanan atau minuman yang diinginkan.
Ini adalah sistem pemesanan secara digital, yang memungkinkan pelanggan mengakses semua pilihan menu cafe/resto, lengkap dengan deskripsi dan harganya.
2. Proses Pembayaran Digital
Sebelum diproses oleh kasir, pelanggan perlu melakukan pembayaran secara digital sesuai total harga yang dipesan. Biasanya sistem sudah terhubung dengan E-Banking, Mobile Banking, atau E-Wallet.
3. Penerimaan Pesanan
Ini adalah tahap di mana pesanan pelanggan diterima. Dalam bisnis F&B seperti cafe atau resto, hal ini bisa digambarkan ketika pelanggan mengakses sistem dan melakukan order, maka pesanannya akan secara otomatis masuk dan tercatat.
Jika sebelumnya crew cafe atau resto akan melakukan pencatatan pesanan secara manual, maka kini ada software OMS yang sudah bisa mengelolanya dari awal hingga akhir.
4. Pengolahan Pesanan
Setelah pesanan diterima melalui aplikasi manajemen order, informasi pesanan, termasuk detail produk, jumlah, dan alamat pengiriman, harus diperiksa dan divalidasi. Data ini kemudian dimasukkan ke dalam sistem untuk diproses lebih lanjut.
5. Pemenuhan Pesanan
Setelah pesanan diverifikasi, langkah selanjutnya adalah memproses pemenuhan pesanan. Ini melibatkan pengambilan produk dari inventaris, pengepakan pesanan, dan persiapan pengiriman.
6. Pengiriman Pesanan
Untuk jenis usaha pengiriman barang, pesanan yang telah diproses kemudian dikirim ke alamat yang ditentukan oleh pelanggan. Ini melibatkan kerja sama dengan perusahaan logistik atau pengiriman barang untuk memastikan pesanan tiba dengan aman dan tepat waktu.
7. Pelacakan Pesanan
Selama proses pengiriman, penting untuk memberikan pembaruan pelanggan tentang status pengiriman. Ini dapat dilakukan dengan menyediakan nomor pelacakan yang memungkinkan pelanggan untuk melacak pesanan mereka secara online.
8. Manajemen Inventaris
Sebagian besar order management juga melibatkan manajemen inventaris yang efektif. Ini termasuk memantau persediaan, mengelola pergerakan produk, dan mengatur pengisian ulang saat diperlukan.
Sistem manajemen pesanan biasanya sering digunakan untuk mengotomatisasi proses pelayanan dalam suatu bisnis yang setiap harinya selalu memiliki order dalam jumlah yang cukup besar. Dengan begitu, proses kerja akan sangat terbantu, efisiensi dan akurasinya pun lebih meningkat.
Sistem Manajemen Order by Aplikasi Kasir Tantri
Diantara segudang fitur yang POS Tantri punya, Managemen Order System adalah salah satunya. Melalui OMS dari Tantri, bisnis F&B Anda bisa melakukan segala kebutuhan dengan adanya kelebihan ini:
1. Self Order by Scan QR Menu Digital
2. Manajemen Pesanan yang Akurat & Memudahkan Kasir
3. Sistem Pembayaran Digital yang Memudahkan Pelanggan
4. Manajemen Reservasi, Memudahkan Proses Booking
5. Open/Close Bill, Memberikan Opsi Tambah Pesanan bagi Pelanggan
6. Split/Save Bill, Memungkinkan Pelanggan Berbagi Total Orderan untuk Patungan
7. Electronic Receipt, Data Pengeluaran Jadi Mudah dengan E-Struk
Dengan mengotomatiskan dan mengintegrasikan proses order management system, tools tersebut memberikan fondasi yang kuat bagi perusahaan untuk beradaptasi dengan perubahan pasar, memenuhi kebutuhan pelanggan, dan mencapai keunggulan kompetitif.
Di aplikasi kasir Tantri, Anda dapat menemukan integrasi lengkap yang berguna banyak untuk operasional bisnis Anda, termasuk sistem manajemen kasir, scan QR menu dan digital payment.
Adapun daftar fitur utama aplikasi kasir Tantri meliputi:
Anda dapat melakukan demo gratis & mudah sekarang juga! Aktivasi akan dibantu oleh tim kami dan akan dibantu promosi bisnis gratis. Atau konsultasikan bersama tim kami!
Manfaat Penggunaan Order Management
Adapun manfaat penggunaan OMS yang berpeluang memberikan keuntungan dari sisi bisnis, diantaranya meliputi:
1. Meningkatkan Efisiensi Operasional
Dengan menggunakan OMS, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi operasional, mengoptimalkan rantai pasok, mengurangi biaya pengolahan pesanan, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.
Selain itu, order management system juga memberikan informasi penting secara real-time tentang status pesanan, inventaris, dan kinerja bisnis secara keseluruhan, yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih baik.
OMS membantu mengotomatiskan proses order management, mengurangi ketergantungan pada tugas manual yang rentan terhadap kesalahan. Dengan mengotomatisasi penerimaan pesanan, pengolahan, pemenuhan, dan pengiriman, tools ini dapat meningkatkan efisiensi operasional secara keseluruhan.
2. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
Sistem atau tool manajemen order memungkinkan perusahaan untuk memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik melalui pemrosesan pesanan yang cepat, efisien, dan akurat.
3. Pengelolaan Inventaris yang Lebih Baik
Dengan adanya OMS, perusahaan dapat memperoleh visibilitas yang lebih baik terhadap pesanan pelanggan, mengurangi risiko kesalahan manusia, meningkatkan waktu respons, dan mengoptimalkan pengelolaan inventaris.
4. Peningkatan Kolaborasi dan Koordinasi
OMS adalah sistem yang mendukung kolaborasi antara departemen yang terlibat dalam proses order management, seperti penjualan, gudang, logistik, dan keuangan.
Dengan adanya support tool seperti ini, semua pihak terlibat dapat mengakses informasi yang sama, mengkoordinasikan kegiatan mereka, dan mengurangi hambatan komunikasi.
5. Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik
OMS menyediakan informasi real-time tentang pesanan, inventaris, dan kinerja bisnis secara keseluruhan. Hal ini memungkinkan manajemen untuk melacak dan menganalisis data secara efektif, membuat keputusan yang lebih baik, dan merespons dengan cepat terhadap perubahan pasar atau kebutuhan pelanggan.
6. Skalabilitas Bisnis
OMS dirancang untuk mendukung pertumbuhan bisnis. Dengan sistem yang terstruktur, perusahaan dapat dengan mudah menyesuaikan dan memperluas operasi mereka ketika permintaan meningkat, tanpa mengorbankan keefektifan atau kualitas layanan.
7. Kunci Sukses & Integrasi Bisnis
Dalam dunia yang terus berkembang dengan pesat, OMS telah menjadi kunci sukses bagi banyak perusahaan dalam menjalankan operasi bisnis mereka dengan lebih efektif dan efisien.
Baca Juga: Bisnis Kuliner Makin Digital Pakai 6 Aplikasi Kasir Gratis Selamanya
Penutup
Itulah pembahasan seputar OMS yang dapat sama-sama dipahami, atau bahkan menjadi ide dan langkah potensial untuk diterapkan pada bisnis Anda selanjutnya.
Seperti yang kita ketahui, bahwa penggunaan sistem otomatisasi menjadi ciri bahwa bisnis sudah mulai mengikuti perkembangan zaman. Di sisi lain, ada manfaat lebih yang bisa business owner jadikan sebagai investasi.
Jika Anda mulai menaruh minat dan penasaran mengenai penerapan Order Management System, khususnya untuk sektor bisnis F&B, jangan ragu untuk hubungi kami!