Memang ada aplikasi kasir gratis selamanya yang benar-benar bebas finansial tanpa batas waktu? Pengguna mungkin sedikit dibuat jengah saat menggunakan aplikasi yang ternyata gratis terbatas alias free trial.

Kekhawatiran lainnya saat pebisnis ingin menggunakan aplikasi kasir gratis adalah soal fitur bawaan. Kebanyakan beranggapan bahwa pengembangan free app selalu memiliki keterbatasan fitur. Namun nyatanya, tidak selamanya begitu!

Mba Tri berani jamin! Kini ada banyak kok aplikasi kasir “gratis” terbaik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Yuk, temukan aplikasi kasir gratis selamanya dari daftar berikut ini agar bisa dipakai untuk support bisnismu! Atau setidaknya bisa menjadikan daftar di bawah sebagai acuan.

1. Tantri : QR Menu & POS

aplikasi kasir gratis selamanya: Tantri
Ilustrasi Penggunaan Aplikasi Kasir
Developer :PT. Sasana Solusi Digital
Ukuran Download :24 MB
Tahun Rilis : 2023
Kategori :Aplikasi

Cari aplikasi kasir yang beneran gratis seterusnya? Mungkin yang kamu incar ada di Tantri: QR Menu & POS. Dalam aplikasi kasir android gratis selamanya ini kamu akan menemukan kombinasi fungsi antara scan menu digital interaktif dengan manajemen kasir untuk cafe atau restoran.

Gak cuma itu, free app ini menyuguhkan fitur Data Pelanggan, Back Office, hingga Laporan Keuangan. Yang semakin membedakannya, Tantri memberikan benefit agar mitra bisnis mendapat promosi online melalui inovasi program khusus Food Bazaar di website.

2. Square App

Developer :Blok, Inc
Ukuran Download :109 MB
Tahun Rilis : 2014
Kategori :Aplikasi

Square ini adalah tipe aplikasi POS (Point of Sales) gratis, namun dengan dukungan paket gratis yang masih terbatas dari segi waktu. 

Namun bagi kamu yang sekedar ingin mencoba untuk pertama kali dan hanya untuk membiasakan diri, aplikasi ini bisa dicoba pada tipe bisnis kuliner hingga grosir atau pengecer.

Sebagai aplikasi gratis berjangka, Square menyediakan beragam basic features yang beberapa diantaranya meliputi fitur Invoice dasar, Time Management, hingga Inventory Management.

Baca Juga: Aplikasi Kasir Gratis dengan QR Menu: Tingkatkan Efisiensi Bisnis Kuliner Anda!

3. Loyverse

Developer :Loyerse
Ukuran Download :32 MB
Tahun Rilis : 2015
Kategori :Aplikasi

Selanjutnya, kamu mungkin kamu sudah cukup familiar ketika mendengar Loyverse. Aplikasi ini juga turut mengembangkan sistem dalam paket gratis. 

Hanya saja integrasinya masih terbatas, dan kamu mungkin memerlukan sedikit pengeluaran untuk membuka layanan selebihnya. Namun meskipun begitu, ia termasuk sebagai aplikasi kasir gratis selamanya.

Sejauh ini, Loyverse masih mendukung ranah small business dengan beberapa fitur utama seperti Manajemen Inventaris, Customer Support, aplikasi POS, dan CRM (Customer Relationship Management).

Baca Juga: 10+ Aplikasi Kasir Gratis Paling Kompatibel. Bisnis Friendly!

4. Lightspeed Restaurant POS

Developer :Lightspeed Commerce Inc.
Tahun Rilis : 2015
Kategori :Web-based

Sedikit berbeda dengan list sebelumnya, Lightspeed merupakan sistem POS retail & restoran berbasis website dan cloud. Makanya, ia hanya bisa digunakan pada beberapa support device tertentu, misalnya pada iPad, lalu pada platform Windows, Max, hingga Linux.

Lightspeed menyediakan pengembangan aplikasi berbeda, yakni POS khusus untuk retail, POS restoran, serta eCommerce stores.

5. TouchBistro

Developer :TouchBistro Inc.
Tahun Rilis : 2010
Kategori :Web-based

TouchBistro juga termasuk sistem yang menyediakan dua pilihan, yaitu antara premium dengan aplikasi kasir gratis selamanya. Hanya saja platform ini berbasis web, namun tetap bisa digunakan untuk Android maupun iOS.

Untuk menikmati all-in-on fitur dari sistem manajemen restoran ini, pengguna perlu memastikan secara jeli mengenai fitur apa saja yang tersedia dalam mode free, dan fitur apa saja yang tersedia secara premium.

Aplikasi Kasir Gratis Selamanya vs. Aplikasi Kasir Berbayar

aplikasi kasir gratis selamanya vs. berbayar
Ilustrasi Battle Aplikasi Kasir Gratis & Berbayar

Lalu, antara aplikasi kasir yang gratis dengan yang berbayar, mana sih yang lebih unggul?

A. Aplikasi Kasir Gratis Seterusnya

Berikut kekurangan dan kelebihan mengenai free cashier app yang bisa kamu simak:

1. Kekurangan Aplikasi Kasir Gratis

  • Limited Transaction

Keterbatasan jumlah transaksi, biasanya tidak lebih dari 500 transaksi. Faktor limited ini bisa disebabkan karena kapasitas memori yang terpasang pada program lebih kecil, sehingga berdampak pada pembukuan digital.

Jika ingin menambah kapasitas, pengguna mungkin harus beralih ke sistem pro. Akan tetapi mengenai kapasitas, bisa disesuaikan dengan jumlah transaksi per hari cafe/resto.

Bisa jadi memang pas untuk skala bisnis kecil-menengah Anda, yang terpenting lakukan konfirmasi kepada tim atau developer aplikasi.

  • Risiko Terkena Malware (Malicious Software)

Aplikasi gratis yang kurang menjamin keamanan sistem, memiliki risiko terkena serangan virus yang sering disebut malware. Virus pada sistem ditakutkan akan merusak atau menghilangkan data yang tersimpan dalam program.

Namun tidak semuanya demikian. Banyak juga aplikasi kasir yang mendahulukan kualitas dan keamanan sistem dengan tujuan loyalitas untuk pengguna serta reputasi developer.

  • Tidak ada Keharusan Upgrade/Update

Program aplikasi kasir gratis biasanya dikembangkan sesuai fungsi utamanya, namun banyak kemungkinan dia berhenti dengan pembekalan fitur yang sudah ada sejak awal. Namun berbeda dengan Tantri, meskipun gratis, aplikasi ini terus melakukan update fitur sesuai kebutuhan industri.

update fitur aplikasi kasir gratis selamanya dari tantri
  • Kurang Familiar dengan Program

Sebelumnya, kebanyakan orang memandang bahwa free cashier app dikembangkan dengan program yang tidak begitu familiar saat digunakan dibandingkan dengan fitur pada program aplikasi pada umumnya. 

2. Kelebihan Aplikasi Kasir Gratis

  • Terintegrasi dengan Sistem Lain

Baik yang gratis maupun berbayar, biasanya aplikasi kasir dirancang agar bisa terintegrasi dengan sistem lain, sehingga program ini dapat meningkatkan efisiensi operasional bisnis. Misalnya saja, aplikasi kasir terintegrasi dengan sistem pencetakan struk, pembayaran, hingga pemindaian barcode.

  • Sistem Keamanan

Karena terdapat sistem transaksi non tunai, kebanyakan aplikasi menjamin keamanan saat pengguna melakukan pembayaran melalui m-banking, kartu kredit, maupun e-wallet.

  • Report Data Lengkap

Meskipun melalui aplikasi kasir gratis selamanya, namun program bisa memberikan kualitas pencatatan paling lengkap, rapi, dan terorganisir. Maka kamu bisa melakukan laporan yang lengkap sesuai kebutuhan bisnis. Perkembangan penjualan pun dapat terpantau dengan baik.

  • Program Promosi

Di antara fitur utamanya, aplikasi kasir tak berbayar juga bisa menyediakan program promosi yang bisa meningkatkan ketertarikan pelanggan. Misalnya dengan menerapkan sistem poin yang bisa menarik pelanggan dalam retention. Selain itu, bisa juga dengan program promosi merchant sebagai strategi brand awareness.

  • Untuk Bisnis Skala Menengah

Aplikasi kasir gratis selamanya cocok digunakan untuk bisnis tertentu, seperti small business hingga bisnis skala menengah, usaha rintisan, baru menggunakan dan ingin mencoba sistem bisnis yang terdigitalisasi, atau menjadi alternatif bagi bisnis yang terkendala secara budget.

KekuranganKelebihan
– Terbatasnya jumlah transaksi
– Riskan terkena virus
– Jarang Upgrade/Update Fitur
– Program/Fitur Kurang Familiar
– Terintegrasi dengan sistem lain
– Tersambung dengan sistem keamanan
– Bisa reporting data secara lengkap
– Program promosi bisnis
– Cocok untuk tipe bisnis skala menengah

Baja Juga: Aplikasi Kasir Resto Berbasis Web & Gratis, Memang Ada?

B. Aplikasi Kasir Berbayar

Berikut ini kekurangan dan kelebihan aplikasi berbayar yang bisa kita pahami:

1. Kekurangan Aplikasi Kasir Berbayar

  • Biaya Ekstra

Sudah menjadi rahasia umum, jika aplikasi kasir gratis selamanya pasti memiliki perbedaan dengan aplikasi kasir berbayar. Sederhananya, ada biaya ekstra yang harus dibayarkan, entah biaya langganan bulanan hingga tahunan.

  • Integrasi Terbatas

Tidak semua aplikasi kasir terintegrasi dengan sistem operasional bisnis secara general. Untuk yang sistemnya terpisah, stakeholder mungkin membutuhkan proses dan budget yang lebih jika ingin menggunakannya secara menyeluruh.

  • Butuh Waktu untuk Mempelajari

Dengan pembekalan fitur yang lebih kompleks serta tipe master data yang dibawa, bisa membuat pengguna membutuhkan waktu untuk mempelajari dan memahaminya.

2. Kelebihan Aplikasi Kasir Berbayar

  • Fitur Kompleks

Aplikasi kasir berbayar menjanjikan penyediaan fitur yang lebih lengkap melebihi fungsi utama, dan hal ini tentu disukai para pengguna. Soal integrasi dengan sistem operasional lain dan ketersediaan cloud lebih besar, sudah dijamin di dalamnya.

  • Kualitas Tinggi

Melalui biaya langganan yang dikeluarkan, stakeholder bisnis berinvestasi melalui kualitas aplikasi yang diberikan. Contohnya, banyak aplikasi kasir premium yang dapat digunakan secara online maupun offline.

  • Update Berkelanjutan

Aplikasi berbayar menjanjikan inovasi lebih, yakni dengan adanya update berkelanjutan sehingga kamu bisa mencoba fitur yang lebih baru.

  • Untuk Bisnis Middle-Up

Program berbayar seperti ini sangat cocok untuk tipe bisnis menengah ke atas yang bisa dikatakan settle dengan revenue-nya, karena ada biaya yang harus dibayar secara konsisten. Cocok juga untuk tipe usaha yang memiliki banyak produk sehingga membutuhkan bantuan alat digital untuk membuatnya terorganisir.

KekuranganKelebihan
– Ada biaya ekstra yang harus dibayarkan
– Sistem integrasi terbatas
– Butuh waktu dalam mempelajari program
– Fitur lebih kompleks
– Kualitas lebih tinggi
– Ada update atau upgrade berkelanjutan
– Cocok untuk tipe bisnis middle-up

Pada dasarnya, pengembangan aplikasi diciptakan dengan sebaik-baiknya mempertimbangkan fungsionalitas yang dapat disuguhkan kepada user. Bersamaan dengan itu, kekurangan sekecil apapun masih bisa ditemui.

Namun kembali lagi, faktor kelebihan dan kekurangan di atas dapat menjadi sumber patokan untuk kamu agar mampu memilih aplikasi yang paling cocok dan sesuai kebutuhan. Sehingga meminimalisir ketidaksesuaian di kemudian hari.

Baca Juga: QR Code Makanan: Jenis, Cara Membuat & 3 Contohnya [Lengkap]

Pertanyaan Seputar Aplikasi Kasir Gratis Selamanya

Berikut ini tambahan informasi berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang sering terlintas di benak orang-orang berkenaan seputar aplikasi POS gratis.

1. Apakah Aplikasi POS Berbayar?

Tidak semuanya. Ada POS yang dikembangkan untuk dipergunakan secara gratis (trial maupun selamanya), lalu ada pula yang berbayar sejak awal. 

Semuanya tergantung pada model bisnis aplikasi. Ada yang full gratis, gratis namun ada sedikit biaya pemeliharaan sistem, sistem biaya bulanan flat, biaya sesuai jumlah transaksi dalam satu bulan, lalu ada juga biaya langganan per tahun.

2. Apa Saja Aplikasi POS yang Gratis?

  • Tantri – QR Menu & POS : Gratis selamanya + full fitur + dibantu kontent promosi gratis
  • Square App : Gratis
  • Lightspeed Restaurant POS : Gratis
  • TouchBistro : Gratis
  • Loyverse : Gratis

3. Apakah Aplikasi Tantri Memberikan Akses Fitur Kasir Gratis Selamanya?

Ya, aplikasi Tantri memberikan akses ke semua fitur secara gratis, tanpa biaya langganan atau biaya awal.

Bahkan tim aplikasi Tantri terus melakukan update development. Artinya, masih akan ada fitur-fitur baru yang dikembangkan, dan masih gratis.

Ingin coba atau buktikan sendiri? Langsung coba demo gratis saja! Masih bingung? boleh tanya-tanya atau diskusi dulu dengan kami!

Baca Juga: Apa Itu Order Management System, Manfaat & Contoh Penggunaannya?

Bagaimana cara akses ke aplikasi kasir gratis Tantri?

(1) Tantri bisa diakses melalaui website dengan menggunakan HP, tablet, atau PC. (2) Tantri bisa juga diakses melalui mobile android.

Penutup

Dari sini, kita telah sama-sama mengetahui pembawaan aplikasi kasir gratis selamanya, sekaligus beberapa contoh yang dapat menjadi gambaran.

Selain itu, ada juga battle antara cashier app baik yang gratis maupun berbayar, dilihat dari segi kekurangan serta kelebihannya. Dengan begini kamu bisa melihat semuanya dari sudut pandang yang setara. Menentukan tipe aplikasi kasir yang cocok pun menjadi cukup mudah.

Jika kamu tertarik dengan aplikasi kasir gratis selamanya, mengapa tak coba Tantri dan jadwalkan demo gratis, atau melihat ragam fitur terlebih dahulu!

solusi