Syarat dan Ketentuan

Download Document
contact us

KETENTUAN LAYANAN - TERM OF SERVICES

Ketentuan layanan ini adalah perjanjian antara Pengguna dan Kami yang berisi seperangkat ketentuan yang mengatur syarat-syarat, hak, kewajiban serta tanggung jawab Pengguna dan Kami dalam penggunaan Ketentuan layanan (“Ketentuan Layanan”)

Ketentuan Layanan ini mungkin diubah atau diperbaharui baik sebagian maupun seluruhnya dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Pengguna, dan akan berlaku sejak diunggah pada Platform dan/atau pada saat Pengguna menyetujui Ketentuan Layanan ini. Kami menyarankan agar Pengguna memeriksa Platform TANTRI untuk mengetahui perubahan apapun atas Ketentuan Layanan ini dari waktu ke waktu.

Dengan tetap mengakses atau menggunakan Layanan Kami, Pengguna mengakui bahwa telah membaca, memahami, menerima serta menyepakati Ketentuan Layanan ini dan karenanya telah sepakat untuk terikat secara hukum oleh Ketentuan Layanan ini serta dokumen-dokumen lain yang berhubungan dengan Ketentuan Layanan ini. Apabila Pengguna tidak menyetujui Ketentuan Layanan ini, Kamimohon agartidak menggunakan Layanan Kami.

Layanan tidak untuk digunakan di luar negara atau yurisdiksi atau oleh orang yang dapat menjadikan penggunaannya melangar hukum tidak diperkenankan untuk mengakses atau menggunakan Layanan.

Akses ke dan penggunaan Layanan tunduk dengan Ketentuan Layanan dibawah ini,termasuk juga semua peraturan perundang-undangan yang berlaku. Harap untuk membaca ketentuan- ketentuan ini dengan teliti. Menyetujui dan sepakat untuk terikat untuk mematuhi setiap Ketentuan Layanan sebagaimana diatur dibawah.

PASAL 1 DEFINISI

1. Selain yang telah ditentukan pada bagian lain dalam Ketentuan Layanan ini, istilah- istilah berikut memiliki definisi, pengertian, dan penafsiran sebagaimana ditentukan dibawah ini:

“Akun” berarti setiap hak-hak akses berupa user ID atau nama pengguna yang dibuat oleh Pengguna di Platform Tantri dengan menggunakan email/nomor telepon dengan pengaturankata sandi dan merupakan akun sah milik pengguna di Platform Tantri

“Pengguna” berarti setiap orang perorangan termasuk namun tidak terbatas pada Warga Negara Indonesia (WNI) dan/atau Warga Negara Asing (WNA), badan usaha yang terdaftar, atau subjek hukum lainnya yang mengakses dan/atau menggunakan layanan pada platfoam Tantri

“Pelanggan”berarti semua pihak yang membeli barang/jasa yang dijual, baik yang membuat Akun maupun tidak.

“Kami” berarti PT Sasana Solusi Digital merupakan pemilik dari platfom Tantri atau pihak ketiga lain dalam bentu individual atau badan usaha (sebagaimana relevan), masing-masing suatu perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum negara Republik Indonesia.

“Payment Gateway” berarti Penyelenggara Jasa Pembayaran yang berizin dan terdaftar di Indonesia maupun di wilayah Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) yang bekerja sama dengan Kami untuk memfasilitasi transaksi pembayaran, didalam Platform Tantri termasuk namun tidak terbatas melakukan otorisasi dan pemrosesan yang aman antara Pengguna dengan Mitra.

“Platform TANTRI”, berarti segala URL yang menggunakan domain atau aplikasi dengan nama TANTRI dalam versi web base atau aplikasi serta situs lain yang disediakan oleh Kami dari waktu ke waktu.

“Paket Layanan” berarti layanan yang dimiliki, dikelola dan disediakan oleh Kami melalui Platfom Tantri

“Biaya Layanan” berarti biaya yang dikenakan oleh Kami kepada pengguna apabila melakukan Transaksi melalui Layanan Platform Tantri

“TANTRI POINT” merupakan bentuk nilai komitmen yang digunakan sebagai metode pembayaran atas layanan di platform Tantri, Setiap 1 (satu) Tantri Point memiliki nilai setara dengan Rp1 (satu rupiah). yang ketentuan pemberian, perhitungan dan penggunannya berdasarkan dengan nilai yang diterima

2. Setiap referensi, tersurat maupun tersirat, terhadap undang-undang atau peraturan perundang-undangan harus ditafsirkan sebagai referensi terhadap undang-undang atau peraturan tersebut yang masing-masing diubah atau diberlakukan kembali atau pelaksanaan dari undang-undang tersebut yang diubah dari waktu ke waktu oleh ketentuan lain (baik sebelumatau sesudah tanggal Ketentuan Layanan ini) dan harus mencakup undang-undang atau ketentuan perundang-undangan yang akan diberlakukan kembali (baik dengan atau tanpa modifikasi) dan segala perintah, peraturan, instrument perundang-undangan bawahan lainnya berdasarkan hukum atau perundang-undangan yang relevan.

PASAL 2 AKUN DAN KEAMANAN

1. Pendaftaran Akun didasarkan pada Email atau Nomor Telepon yang didaftarkan kepada Kami pada saat pendaftaran.

2. Pendaftaran Akun yang dilindungi oleh suatu kata sandi di Platform Tantri dengan memberikan kami informasi yangmungkin diperlukan untuk tujuan pembuatan Akun tersebut.

3. Pengguna dapat membuat dan/atau memiliki lebih dari satu akun pada platform ini, selama setiap akun digunakan secara sah dan sesuai dengan tujuan penggunaan layanan.

4. Namun demikian, seluruh akun yang dimiliki oleh pengguna akan dianggap sebagai bagian dari satu identitas pengguna yang sama. Oleh karena itu, setiap tindakan, pelanggaran, atau kewajiban hukum yang timbul dari salah satu atau seluruh akun tersebut tetap menjadi tanggung jawab penuh pengguna secara keseluruhan, sebagaimana diatur dalam Ketentuan Layanan ini.

5. Sebagai pertimbangan dalam kepemilikan Akun oleh Pengguna, Pengguna sepakat untuk:

  1. Memberikan informasi yang benar, akurat, terkini, dan lengkap tentang Pengguna sebagaimana diminta oleh Kami dari waktu ke waktu dan untuk menyediakan semua informasi yang diminta oleh Kami secara tepat waktu;
  2. Menjaga keamanan kata sandi Akun dan informasi login Akun dan untuk segera memberi tahu Kami tentang potensi gangguan terkait kata sandi Pengguna atau informasi login atau pelanggaran keamanan apa pun;
  3. Memelihara dan segera memperbaharui Data Pendaftaran, dan informasi lain apa pun yang disediakan Pengguna kepada Kami, agartetap akurat,terkini, dan lengkap;
  4. Segera memberi tahu Kami tentang segala perubahan material pada informasi atau keadaan yang dapat memengaruhi kelayakan Pengguna untuk terus menggunakan Layanan Kami;
  5. Bertanggung jawab penuh atas semua penggunaan Akun dan atas segala Tindakan yang terjadi menggunakan Akun;
  6. Memastikan bahwa Akun digunakan dengan cara yang bertanggung jawab dan sah serta untuk mengurangi risiko keterlibatan Akun dalam aktivitas apa pun yang dilarang berdasarkan Ketentuan ini dengan peraturan perundang- undangan yang berlaku; dan
  7. Kemanan, Kata Sandi, Kata Sandi Akun – Apabila Pengguna telah diberikan pilihan untuk membuka sebuah akun yang akan memberi Pengguna akses ke bagian situs yang dilindungi kata sandi dan Pengguna memilih untuk melakukannya, Pengguna harus menyelesaikan proses pendaftaran dengan memberikan Kami informasi yang terbaru, terlengkap, dan akurat sebagaimana diminta oleh formulir pendaftaran yang berlaku, dan memilih sebuah kata sandi dan nama pengguna. Pengguna sepenuhnya bertanggung jawab untuk menjaga kerahasian kata sandi dan akun Pengguna untuk setiap aktvitas yang terjadi pada akun Pengguna. Pengguna setuju untuk (a) segera memberitahu Kami atas segala penggunaan akun Pengguna yang tidak sah atau pelanggaran keamanan lainnya yang Pengguna ketahui, dan (b) keluar sepenuhnya dari Akun Pengguna pada setiap akhir sesi online. Kami tidak akan bertanggung jawab atas setiap kerugian yang mungkin Pengguna alami akibat penggunaan kata sandi atau akun, baik dengan sepengetahuan atau tanpa sepengetahuan Pengguna oleh orang lain. Pengguna dapat bertanggung jawab atas segala kerugian yang Kami atau pihak lain alami sebagai akibat penggunaan akun atau kata sandi milik Pengguna oleh orang lain.
  8. Pengguna bertanggung jawab untukmenjaga keamanan Akun dan Pengguna setujubahwa Pengguna bertanggung jawab penuh atassemua aktivitas yang terjadi dibawah Akun, baik disahkan atau tidak oleh Pengguna.
  9. Kamimenyarankan agar Pengguna tidak membagikan rincian atau kata sandi Akun dengan pihak lainmana pun.HarapsegeraberitahuKami jikaPengguna mengetahui adanya dugaan kehilangan, pencurian, penipuan, atau penggunaan Akun dan kata sandi Akun yang tidak sah (“Pelanggaran Keamanan)”. Kami berhak untukmengakhiri ataumenangguhkanAkun, dengan ketentuan bahwa Pengguna akan tetap selalu bertanggung jawab atas segala Tindakan yang diambil melalui penggunaan Akun sebelum penghentian atau penangguhan tersebut.
  10. Hak untuk mengawasi – Kami berhak untuk mengawasi penggunaan Layanan setiap waktunya sebagaimana Kami anggap patut dan untuk menghapus materi apapun yang berdasarkan kebijaksanaan Kami, mungkin melanggar hukum, atau dapat menyebabkan Kami untuk bertanggung jawab, dapat melanggar Ketentuan Layanan ini, atau atas kebijaksanaan Kami, tidak konsisten dengan tujuan Kami untuk Layanan.
  11. Modifikasi Konten – Kami dapat, berdasarkan kebijaksanaan Kami, memodifikasi atau memberitahukan Layananmanapun atau bagianmanapun dari Layanan tersebut, dengan atau tanpa pemberitahuan. Kami dan afiliasi Kami tidak akan bertanggung jawab terhadap Pengguna atau pihak lainnya atas modifikasi atau perhentian apapun atas Layanan.
  12. Kebijakan Privasi – Kebijakan Privasi Kami menjelaskan pengumpulan, penggunaan dan perlindungan informasi pribadi non-publik dan akan membantu Pengguna untuk memahami bagaimana Kami menjaga dan memperlakukan informasi yang Kami terima. Kami menghimbau Pengguna untuk membaca Kebijakan Privasi Kami.
  13. Kami tidak akan bertanggung jawab atas kerugian dalam bentuk apa pun yang mungkin ditimbulkan oleh Pengguna sebagai akibat dari kegagalan Pengguna untuk menjaga kerahasian kata sandi atau dengan memberikan akses kepada pihak lain selain Kami.
  14. Kami berhak untuk menghentikan atau membatasi akses Pengguna terhadap sebagian atau seluruh Layanan, baik sementara maupun permanen, tanpa pemberitahuan sebelumnya, apabila ditemukan bahwa Pengguna:
    • Dalam hal diperlukan perbaikan dan/atau pengelolaan lebih lanjut dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada Pengguna;
    • Dalam hal adanya dugaan kebocoran data atau ancaman keamanan;
    • Melanggar sebagian atau seluruh ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan Layanan ini;
    • Menggunakan Layanan untuk tujuan yang bertentangan dengan hukum, etika, atau kebijakan internal platform Tantri;
    • Melakukan aktivitas yang menyebabkan, atau berpotensi menyebabkan, kerugian, gangguan, penyalahgunaan sistem, atau mencemarkan nama baik platform Tantri
  15. Dalam menggunakan PlatformTantri Pengguna setuju untuk mematuhi seluruh ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan dalam yurisdiksi yang berlaku dimana Akun atau Layanan diakses atau digunakan.
  16. Pengguna mengerti bahwa semua komunikasi dan instruksi yang diterima oleh Platform Tantri, seperti memasukkan kata sandi, OTP, klik centang, perubahan, penghapusan, dan pembatalan, dianggap sah meskipun tidak dalam bentuk dokumen tertulis atau tanda tangan pengguna. Pengguna setuju untuk membebaskan Platform Tantri dari segala klaim, tuntutan, dan kerugian yang mungkin timbul dari pelaksanaan instruksi pengguna tersebut.

PASAL 3 PAKET DAN BIAYA LAYANAN

1. Platform dapat di unduh dan digunakan secara gratis. Namun tak terbatas dalam keadaan tertentu Pengguna diharuskan untuk membayar biaya untuk mengakses beberapa Paket Layanan Kami.

2. Pengguna dalam hal ini menyetujui ketentuan dalam menggunakan Layanan pada Platform sekaligus memberikan persetujuan terhadap Kami dalam memberikan tagihan sesuai dengan masa penggunaan Paket Layanan yang telah tersedia pada Platform.

3. Paket Layanan dapat ditentukan oleh Pengguna sesuai dengan kebutuhan bisnis, sebagaimana tercantum dalam Lampiran I: Paket dan Biaya Layanan Platform Tantri

4. Pengguna setuju terkait besaran Paket dan Biaya Layanan pada Platform dapat berubah-ubah tanpa pemberitahuan sebelumnya, Pengguna tunduk untuk mengikuti perubahan tersebut tanpa terkecuali.

5. Biaya Layanan yang ditagihkan oleh Kami tidak hanya terbatas pada kewajiban pembayaran biaya layanan, biaya administrasi, biaya pemrosesan, atau pungutan lain yang terkait dengan penggunaan layanan, dari waktu ke waktu, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

6. Pengguna setuju untuk mengikatkan diri dalam hal melakukan kewajiban pembayaran sesuai dengan nilai tagihan.

7. Pengguna dapat melakukan pembayaran atas layanan yang disediakan melalui beragam metode pembayaran yang tersedia di Platform Tantri.

8. Platform Tantri menyediakan beberapa media pembayaran bekerjasama dengan penyedia Payment Gateway yang dapat dipilih oleh Pengguna sesuai preferensi dan ketersediaan, termasuk namun tidak terbatas pada:

  1. Transfer Bank melalui virtual account;
  2. Kartu Kredit atau Debit;
  3. Dompet Digital (e-wallet;)
  4. QRIS;
  5. Pembayaran melalui TANTRI POINT atau sistem nilai lainnya yang berlaku dalam platform

9. Setiap metode pembayaran tunduk pada ketentuan dan syarat yang diberlakukan oleh penyedia layanan pembayaran terkait, serta ketentuan internal Platform Tantri.

10. Metode pembayaran dengan pihak ketiga (Xendit, dsb) terdapat biaya pada transaksi, Pengguna dengan ini menyatakan menyetujui beban biaya akan dibebankan Pengguna.

11. Platform Tantri tidak bertanggung jawab atas gangguan layanan yang berasal dari pihak ketiga penyedia pembayaran.

PASAL 4 JATUH TEMPO, DENDA, DAN KONSEKUENSI KETERLAMBATAN PEMBAYARAN

1. Setiap Pembayaran akan jatuh tempo setelah 14 (empat belas) hari kalender sejak tanggal tagihan diterbitkan, yaitu setiap tanggal 1 (satu) tiap bulannya.

2. Jika pembayaran tidak dilakukan hingga 15 hari sejak tagihan diterbitkan, maka:

  • - Sistem Tantri akan otomatis dinonaktifkan sementara hingga tagihan diselesaikan.

3. Apabila keterlambatan mencapai 30 hari sejak tagihan diterbitkan, maka Surat Peringatan (Somasi) Pertama akan dikirimkan kepada Pengguna. Jika dalam 3 hari setelah surat peringatan tagihan masih belum dibayarkan, maka akan dikenakan denda keterlambatan dengan rincian sebagai berikut:

Rentang Hari KeterlambatanPresentase DendaKeterangan
30-60 hari3.5%Denda harian mulai berlaku setelah 3 hari dari somasi pertama
60 – 90 hariTambahan 2%Denda bersifat akumulatif
> 90 hariTambahan 7%Dendamaksimum total 12.5%. Persiapan gugatan wanprestasi

4. Maksimum total denda keterlambatan adalah 12.5% dari total tagihan. Setelah denda mencapai 12.5%, jumlah denda tidak bertambah, namun status tagihan tetap aktif dan Pengguna dinyatakan wanprestasi.

5. Denda dihitung dari jumlah yang belum dibayarkan, sesuai tabel di atas dan berlaku harian.

6. Selain denda, Platform Tantri dapat membebankan biaya administrasi penagihan atas segala tindakan pengingat, komunikasi, atau proses hukum yang diperlukan akibat keterlambatan.

7. Penetapan bunga dan/atau biaya ini bertujuan sebagai kompensasi atas kerugian operasional akibat wanprestasi (sesuai KUHPerdata Pasal 1243), dan bukan merupakan layanan kredit sebagaimana dimaksud dalam peraturan perundang- undangan jasa keuangan.

8. Pengguna menyetujui bahwa setiap kewajiban pembayaran yang belum diselesaikan akan terus dikenakan bunga dan biaya tambahan hingga seluruh kewajiban tersebut dibayarkan seluruhnya.

9. Pengguna bertanggung jawab penuh atas pelaporan dan pembayaran pajak atas seluruh transaksi yang terjadi (termasuk namun tidak terbatas pada perubahan informasi toko atau barang/jasa), sesuai ketentuan perpajakan yang berlaku di Indonesia.

PASAL 5 TANTRI POINT

1. Pemberian, perhitungan, dan penukaran/penggunaan TANTRI POINT ditentukan oleh:

  1. kebijakan internal Kami;
  2. Kebijakan untuk nilai 1 (satu) TANTRI POINT setara dengan nilai Rp.1 (satu rupiah) yang dapat berubah sesuai dengan kebijakan Kami;
  3. TANTRI POINT tidak memiliki nilai kurs tetap terhadap Rupiah maupun nilai tukar terhadap seluruh mata uang lainnya;
  4. Peningkatan TANTRI POINT tidak memiliki nilai tukar terhadap uang tunai dan tidak dapat dipindahtangankan ke akun lain atau diuangkan kembali;
  5. TANTRI POINT tidak memiliki masa berlaku dengan penggunaan terbatas pada Platform TANTRI.

2. Sehubungan dengan ketentuan dalam Angka 1 di atas, Pengguna dengan ini mengerti dan memahami bahwa pemberlakuan atas pemberian, perhitungan, dan penukaran/penggunaan TANTRI POINT dapat mengubah rasio penukaran TANTRI POINT, dan layanan sewaktu-waktu dengan dan/atau tanpa pemberitahuan sebelumnya.

3. Peningkatan TANTRI POINT:

  1. Pengguna dapat meningkatkan TANTRI POINT dengan melakukan top-up hingga maksimal Rp. 900.000 (sembilan ratus ribu rupiah), yang setara dengan 900.000 (sembilan ratus ribu) TANTRI POINT;
  2. Transaksi baik peningkatan maupun penggunaan TANTRI POINT hanya berlaku dalam Platform dan tidak dapat digunakan sebagai alat pembayaran di luar Platform TANTRI
  3. Jumlah total TANTRI POINT dalam satu akun tidak dapat melebihi jumlah yang sudah ditetapkan yaitu sebesar 900.000 (sembilan ratus ribu) TANTRI POINT;

4. Penukaran/Penggunaan TANTRI POINT: TANTRI POINT hanya bisa ditukar dengan layanan atau produk dalam Platform Tantri

5. Batasan dan Larangan: Kami melarang pelaksanaan-pelaksanaan salah satu atau lebih dari tindakan-tindakan berikut

  1. Tindakan untuk melakukan klaim atau penukaran TANTRI POINT menjadi uang, baik melalui Kami atau pihak manapun, atau dialihkan atau dipindahtangankan kepada pihak manapun, baik dengan cara ditransfer atau dicairkan/diuangkan, atau dengan cara-cara apapun;
  2. Tindakan yang dimaksudkan untuk mengalihkan atau memindahtangankan kepemilikan TANTRI POINT kepada pihak lainnya;
  3. Tindakan yang dimaksudkan untuk menggunakan TANTRI POINT sebagai alat pembayaran untuk melakukan transaksi dengan pihak lainnya selain dalam platform Tantri.

6. Kami berhak untuk menarik kembali, memotong, dan/atau membatalkan pemberian dan/atau membatasi penggunaan TANTRI POINT, karena salah satu atau lebih kondisi berikut:

  1. Transaksi yang mendasari diberikannya TANTRI POINT tersebut dibatalkan.
  2. Transaksi yang mendasari diberikannya TANTRI POINT tersebut terindikasi merupakan suatu tindakan kecurangan, tindakan pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan ini dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  3. Terdapat kesalahan sistem/perhitungan dari sisi Kami yang menyebabkan Pengguna menerima TANTRI POINT yang seharusnya tidak terima.

7. Dalam hal kami harus melaksanakan penarikan kembali, pemotongan, dan/atau pembatalan TANTRI POINT Pengguna maka Kami akan menginformasikannya kepada Pengguna melalui Platform TANTRI melalui komunikasi yang terdaftar pada Akun.

8. Setiap penyalahgunaan fitur TANTRI POINT, termasuk namun tidak terbatas pada manipulasi transaksi, pemanfaatan tidak sah, atau penggunaan ganda tanpa izin, dapat dikategorikan sebagai wanprestasi sebagaimana diatur dalam Pasal 11.

9. Apabila Pengguna memiliki pertanyaan terkait TANTRI POINT, mohon mengacu pada pusat Layanan Bantuan yang terdapat pada Platform Tantri atau Pengguna dapat menghubungi Layanan Bantuan

PASAL 6 KONTEN

1. Pengguna dilarang untuk menggunakan dan mengubah tulisan, gambar, komentar, atau konten apapun yang mengandung unsur suku, agama, ras, dan atargolongan (SARA), diskriminasi, ancaman atau intimidasi.

2. Ketika Pengguna mengunggah suatu konten ke Platfom Tantri, Pengguna memberikan hak non-eksklusif kepada Kami di seluruh dunia, secara terus-menerus, tidak dapat dibatalkan, bebas royalty, disublisensikan (melalui beberapa tingkatan) hak untuk melaksanakan setiap dan semua hak cipta, publisitas, merek dagang, hak basis data dan hak kekayaan intelektual yang Pengguna miliki dalam konten, di media manapun yang dikenal sekarang atau di masa depan. Selanjutnya, untuk sepenuhnya diizinkan oleh hukum yang berlaku, Pengguna mengesampingkan hak moral dan berjanji untuk tidak menuntut hak-hak tersebut kepada Kami.

PASAL 7 HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

1. Kekayaan Intelektual Kami,termasuk namun tidak terbatas pada hak cipta, paten dan merek untuk dan atas nama Kami sepenuhnya dimiliki dan menjadi asset tetap Kami. Pengguna harus menganggap bahwa semua yang Pengguna baca atau lihat sehubungan dengan penggunaan Layanan Kami oleh Pengguna adalah hak kekayaan intelektual Kami, atau suatu pihak ketiga yang melisensikan hak penggunaan kekayaan intelektual tersebut kepada Kami. Kecuali selain yang disebutkan secara jelas, semua yang Pengguna baca atau lihat sehubungan dengan penggunaan Layanan Kami oleh Pengguna atau setiap source code atau kode HTML yang Kami gunakan untuk menghasilkan Layanan, tidak diperbolehkan untuk disalin, direproduksi, dimodifikasi, didistribusikan, ditransmisikan, diterbitkan ulang, ditampilkan, atau digunakan secara komersial tanpa persetujuan tertulis sebelumnya oleh Kami, kecuali sebagaimana diatur dalam Ketentuan Layanan ini, kecuali diperbolehkan oleh ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

2. Pengguna diperkenankan untuk melihat dan menyalin atau mencetak kertas konten yang disediakan oleh Layanan Kami, namun:

  1. semua Salinan adalah hak kekayaan intelektual Kami dan para pihak ketiga yang telah Kami berikan lisensi; dan
  2. Pengguna tidak mengubah, dengan cara apapun, Salinan kertas dari bahan cetak, termasuk penghapusan setiap hak cipta atau hak kepemilikan lainnya yang terkandung dalam Layanan Kami.

3. Kami berhak untuk mengambil Tindakan hukum apapun yang dianggap tepat sebagaimana tanggapan atas pelanggaran atau dugaan pelanggaran hal-hal diatas. Kami dapat bekerja sama dengan otoritas hukum dan/atau pihak ketiga dalam penyelidikaan dugaan kejahatan atau pelanggaran sipil. Kecuali sebagaimana mungkin dibatasi secara tegas oleh Kebijakan Privasi, Kami setiap saat berhak untuk mengungkapkan setiap informasi yang Kami anggap perlu untuk mematuhi hukum, peraturan, proses hukum atau permintaan pemerintah apapun, atau untuk menyunting, menolak untuk mengirim dan atau menghapus informasi atau materi papun, secara Sebagian atau menyeluruh, berdasarkan kebijaksanaan Kami.

PASAL 8 AKTIFITAS YANG DILARANG

1. Kami tidak akan menyediakan Layanan apabila Pengguna menggunakan Layanan Kami untuk menjual barang dan/atau jasa yang dibatasi atau dilarang berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

2. Penggunaan yang dilarang – Hal-hal berikut ini dilarang: setiap penggunaan atau percobaan penggunaan Layanan (i) untuk tujuanmelanggar hukum,tidak sah, curang atau jahat, atau (ii) yang dapat merusak, menghalangi, membebani, atau merusak server apapun, atau jaringan- jaringan yang terhubung dengan server, atau (iii) menganggu penggunaan dan kenikmatan Layanan pihak lain manapun, atau (iv) untuk mendapatkan akses yang tidak sah ke akun, sistem komputer atau jaringan-jaringan lainnya yang terhubung dengan server atau sistem melaluiperetasan,password atau dengan cara lainnya, (v) untuk mengakses sistem, dan atau informasi yang tidak dimaksudnkan Kami untuk dapat diakses Pengguna, atau (vi) untuk mendapatkan setiap materi atau informasi melalui cara apapun yang tidak sengaja Kami sediakan, dan atau (vii) untuk penggunaan lain apapun selain tujuan bisnis yang dimaksudkan.

3. Pengguna setuju untuk tidak menggunakan setiap bagian dari Layanan Kami untuk:

  1. memasukan atau secara sengaja maupun tidak sengaja mentransmisikan virus, worm, trojan horses, time bombs, trap door, kode computer, file atau program atau membuat permintaan berulang yang dirancang untuk menganggu, merusak, atau membatasi fungsi perangkat lunak, perangkat keras computer, peralatan komunikasi, atau untuk mengurangi kualitas, menganggu penampilan dari atau merusak fungsionalitas Layanan Kami;
  2. mengunggah, melakukan posting, mengirim email atau menerima atau menempelkan tautan konten apapun yang memfasilitasi peretasan data;
  3. meretas kebagian manapun dari Layanan Kami;
  4. mengunggah, mengirimkan e-mail, atau mengirimkan tautan konten apaun yang melanggar hak kekayaan intelektual pihak ketiga;
  5. mengelak atau berusaha mengelak, perlindungan dari Layanan Kami; mengizinkan pihak ketiga manapun untuk melakukan hal-hal diatas;
  6. mengubah nama, memodifikasi, atau membagikan ulang konten yang tersedia dalam Layanan Kami tanpa izin terlebih dahulu dari Kami
  7. mengunggah atau mentransmisikan pesan, informasi, data, teks, peranti lunak atau gambar, atau konten-konten lainnya (“Materi”) yang melanggar hukum berbahaya, mengancam, kasar, melecehkan, melawan hukum, memfitnah, vulgar, cabul, melanggar hak privasi atau publisitas pihak lain;
  8. mengunggah atau mentransmisikan Materi manapun yang mana Pengguna tidak memiliki hak untuk memproduksi kembali, menampilkan, mentransmisikan berdasarkan hukum manapun atau berdasarkan hubungan kontraktual dan fidusia (seperti perjanjian kerahasian);
  9. mengunggah atau mendatangkan file yang mengandung virus, trojan, horses, worms, time bombs, cancel-bots, corrupted files, atau peranti lunak lainnya atau program- program yang dapat merusak operasi computer atau property pihak lain;
  10. mengunggah atau mentrasmisikan iklan-iklan yang tidak di minta, materi promosi, junk email, spam, chain letters, pyramid schemes atau segala bentuk ajakan, iklan lainnya, atau semacamnya;
  11. melanggar hukum internasional, negara, negara bagian atau daerah manapun;
  12. menggungah atau mentransmisikan Materi apapun yang melanggar paten, merek dagang, merek jasa, rahasia dagang, hak cipta atau hak kepemilikan lainnya dari pihak manapun;
  13. mengambil atau dengan cara apapun mengumpulkan informasi pihak lain, termasuk alamat e-mail, no telepon dan informasi lainnya;

4. Setiap aktivitas yang melanggar ketentuan dalam pasal ini, termasuk penggunaan layanan untuk tujuan yang menyesatkan, ilegal, atau merugikan pihak lain, dapat dikenakan sanksi administratif, pemutusan layanan, dan/atau tindakan hukum sebagaimana dijelaskan dalam Pasal 11 – Wanprestasi dan Konsekuensinya.

PASAL 9 KERAHASIAAN

1.Kami melakukan upaya-upaya pengamanan dan penyimpanan dengan penuh kehatihatian guna melindungi kerahasiaan Data Pribadi Pengguna dari waktu ke waktu.

2. Kami akan menyampaikan pemberitahuan kepada Pengguna dalam hal terdapat kegagalan perlindungan rahasia Data Pribadi Pengguna dalam sistem elektronik Kami sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

3. Kami menjaga akses terhadap segala data dan informasi, termasuk namun tidak terbatas pada rekaman pesan pembicaraan, Data Pribadi atau Dokumen Elektronik yang Pengguna unggah melalui Akun Kami sehubungan dengan Layanan Kami agar hanya Pengguna dan pihak-pihak lain yang Pengguna berikan izin yang dapat mengakses dan/atau melihat data dan informasi tersebut.

4. Pengguna memahami bahwa Kami dapat memberikan akses atau mengungkapkan data dan/atau informasi Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada Dokumen Elektronik atau rekaman pesan pembicaraan Pengguna dalam rangka memenuhi ketentuan hukum dan/atau peraturan perundang-undangan, dalam rangka proses penegakan hukum atau pengambilan tindakan pencegahan lebih lanjut sehubungan dengan kegiatan yang tidak berwenang, dugaan tindak pidana atau pelanggaran hukum atau peraturan perundang- undangan.

Pengaturan terkait Keamanan dan Kerahasiaan Data lebih lanjut dilanjut dalam Kebijakan Privasi.

PASAL 10 PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB

1. Kami menyediakan Layanan dalam kondisi “as is” atau “sebagaimana adanya”. Pengguna memahami bahwa Kami tidak memberikan pernyataan atau jaminan dalam bentuk apapun bahwa:

  1. Penggunaan Layanan Kami akan selalu tepat waktu, selalu bekerja tanpa gangguan, atau selalu bebas dari perubahan, penambahan, pengurangan, transmisi, kerusakan, kehilangan, pemindahan, penyembunyian yang diakibatkan oleh tindakan suatu pihak dengan sengaja dan tanpa haka tau melawan hukum;
  2. Layanan Kami dapat tetap beroperasi dan digunakan bersamaan dengan perangkat atau sistem pihak lainnya yang bukan disediakan atau dimiliki oleh Kami; dan/atau;
  3. Layanan Platform Tantri akan selalu memenuhi harapan Pengguna.

2. Pengguna memahami bahwa Layanan Kami mungkin mengalami gangguan atau keterlambatan karena masalah pada layanan MitraMitra atau perangkat pengguna. Pengguna setuju untuk membebaskan Kami dari segala klaim atau tuntutan terkait instruksi yang tidak dilaksanakan karena informasi yang tidak lengkap, atau karena pembatalan atau perubahan instruksi, kecuali jika hal tersebut disebabkan oleh kesengajaan atau kelalaian dari Kami.

3. Pengguna setuju untuk membebaskan Kami dari segala klaim atau tuntutan atas akibat atau kerugian yang disebabkan oleh:

  1. Tidak terlaksananya atau tertundanya Transaksi Elektronik
  2. Gangguan, keterlambatan, perubahan, atau ketidaktersediaan Layanan Kami.
Hal ini berlaku jika masalah tersebut disebabkan oleh kejadian di luar kendali Kami, seperti bencana alam, perang, kebijakan pemerintah, pandemi, kegagalan sistem perbankan, krisis moneter, tindakan ilegal MitraMitra, gangguan jaringan internet, telekomunikasi, atau listrik, serta hal-hal lain di luar kekuasaan Kami.

4.Pengguna setuju bahwa Kami tidak bertanggung jawab atas setiap akibat atau kerugianyang timbul akibat hal-halsebagaimana disebutkan di atas, termasuk namun tidak terbatas pada:

  1. kehilangan data;
  2. kehilangan pendapatan, keuntungan, atau pemasukan lainnya; dan/atau
  3. kehilangan, kerusakan atau cedera yang timbul dari penggunaan Pengguna atas Layanan Platform Tantri.

5. Pengguna setuju untuk membebaskan Kami dari segala klaim, tuntutan, gugatan, dan ganti rugi apapun dan dari pihak manapun yang timbul sehubungan dengan:

  1. Penggunaan informasi atau Data Pribadi oleh Kami berdasarkan Ketentuan Layanan ini, atau berdasarkan persetujuan, pengakuan, wewenang, kuasa, dan/atau hak yang telah Pengguna berikan kepada Kami;
  2. Pemberian informasi atau Data Pribadi oleh Pengguna kepada Kami yang dilakukan secara melanggar hukum atau peraturan perundang-undangan yang berlaku, melanggar hak (termasuk hak kekayaan intelektual) pihak lainmanapun, atau melanggar kontrak, kesepakatan, pernyataan, keputusan, atau dokumen apapun dimana Pengguna merupakan pihak atau terikat di dalamnya;

6. Penggunaan Layanan Tantri secara tidak sah, melanggar hukum dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, hak (termasuk hak kekayaan intelektual) pihak lain manapun, atau melanggar kontrak, kesepakatan, pernyataan, keputusan, atau dokumen apapun dimana Pengguna merupakan pihak atau terikat di dalamnya, atau melanggar Ketentuan Layanan ini.

PASAL 11 GANTI RUGI

1. Penggunaan layanan oleh Pengguna adalah resiko Pengguna seorang, semua konten dan piranti lunak disediakan berdasarkan “sebagaimana adanya” atau “sebagimana tersedia” dan kami secara tegas melepaskan semua jaminan dan ketentuan atau hal serupa lainnya, baik secara tegas maupun tersirat, termasuk namun tidak terbatas pada jaminan, keadaan yang dapat diperjual-belikan, atau kualitas untuk tujuan tertenttu, kami tidak menjamin bahwa konten atau piranti lunak akurat, tepat waktu, tidak terganggu, tidak melanggar, bebas virus atau bebas error, atau setiap masalah tersebut akan dikoreksi.

2. Batasan Tanggung Jawab – Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Kami tidak akan bertanggung jawab atas setiap kerugian secara langsung, tidak langsung, isidental, khusus, konsekuensial, atau luar biasa, termasuk namun tidak terbatas pada kerugian sebagai akibat dari kehilangan atas penggunaan produk/jasa, data atau kerugian tidak berwujud lainnya. Pengguna mengerti dan setuju bahwa penggunaan layanan Pengguna didasarkan pada pembebasan hak untuk menuntut kami atau afiliasi kami secara langsung atau untuk turut serta pada sebuah class action untuk setiap kerugian yang timbul dari penggunaan layanan oleh Pengguna.

3. Pengguna akan melindungi dan membebaskan Kami, perusahaan induk, afiliasi, pelanggan, pejabat, dan Karyawan Kami dari segala tanggung jawab, ganti rugi atau biaya (termasuk biaya kuasa hukum yang masuk akal) yang timbul berdasarkan (i) segala klaim atau permintaan dari pihak ketiga manapun karena yang timbul dari akses atau penggunaan Layanan kami oleh Pengguna, pelanggaran dari Ketentuan Layanan ini oleh Pengguna, atau pelanggaran yang Pengguna lakukan terhadap segala hak kekayaan intelektual atau hak apapun yang dimiliki oleh orang atau pihak lain.

4. Kami berhak menuntut ganti rugi atas kerugian yang ditimbulkan oleh tindakan Pengguna yang dikategorikan sebagai wanprestasi. Ketentuan lebih lanjut mengenai pelanggaran dan tindakan yang dapat diambil diatur dalam Pasal 1.

PASAL 12 WANPRESTASI

1. Pengguna dianggap melakukan wanprestasi, apabila:

  • Gagal memenuhi kewajiban pembayaran yang telah jatuh tempo;

PASAL 13 PEMBATALAN DAN PENGAKHIRAN

1. Pengguna dapat melakukan pembatalan langganan setiap saat dengan cara menghubungi Kami melalui Layanan Bantuan, dengan disertai alasan pemberhentian Layanan tersebut.

2. Pengguna sepakat bahwa apabila terjadi pelanggaran olehnya berdasarkan ketentuan- ketentuan dalam Ketentuan Layanan ini atau perundang-undangan yang berlaku. Kami dapat secara sepihak dan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu mengakhiri Layanan kepada Pengguna.

3. Kami berhak mengakhiri atau menangguhkan akses Pengguna terhadap Layanan, dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya, dalam hal:

  1. Pengguna melanggar ketentuan dalam dokumen ini;
  2. Diperlukan untuk kepentingan perbaikan sistem, kebijakan internal, atau alasan hukum lainnya;
  3. Pengguna terbukti melakukan wanprestasisebagaimana diatur dalam Pasal 11;
  4. Terjadi penyalahgunaan sistem yang berdampak pada layanan Tantri secara keseluruhan;
  5. Pengguna, jika didapati kondisi Pengguna tidak melaksanakan kewajiban sebagaimana yang telah disepakati;
  6. Adanya indikasi penyalahgunaan layanan atau aktivitasilegal oleh Pengguna.

4. Pengguna sepakat bahwa setiap kerugian materiil dan non-materiil yang timbul berdasarkan pengakhiran Layanan tersebut akan sepenuhnya dibebankan kepada Pengguna.

5. Pengakhiran atau pembatalan layanan oleh s alah satu pihak tidak menghapus kewajiban Pengguna untuk melunasi seluruh kewajiban pembayaran yang masih belum tunai.

6. Setiap nilai yang telah ditagihkan namun belum dibayarkan oleh Pengguna, tetap menjadi kewajiban hukum yang wajib dilunasi oleh Pengguna kepada Kami, meskipun hubungan layanan telah diakhiri.

7. Pengguna tidak berhak atas pengembalian dana atas sisa masa layanan atau TANTRI POINT yang tidak digunakan jika pengakhiran layanan dilakukan karena pelanggaran yang dilakukan oleh Pengguna.

8. Dalam hal pengakhiran dilakukan karena wanprestasi, Tantri tetap berhak menempuh upaya hukum atau pemulihan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

9. Dalam hal pengakhiran layanan, seluruh akses terhadap akun, data, dan fitur Layanan akan ditutup secara permanen, dan Kami tidak bertanggung jawab atas kehilangan data yang timbul akibat pengakhiran tersebut.

PASAL 14 HUKUM YANG BERLAKU DAN PENYELESAIA SENGKETA

1. Ketentuan Layanan ini diatur dan ditafsirkan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia.

2. Negosisasi Informal untuk mempercepat penyelesaian dan mengendalikan biaya sengketa, kontroversi, atau klaim apa pun yang terkait dengan Ketentuan Penggunaan ini (masing- masing "Sengketa" dan secara kolektif, "Sengketa-Sengketa") yang dibawa oleh Pengguna atau kami (masing-masing, "Pihak" dan secara bersama, "Para Pihak"), Para Pihak setuju untuk terlebih dahulu mencoba untuk menegosiasikan Sengketa secara damai (kecuali Sengketa tersebut secara tegas dinyatakan di bawah) secara informal sampai dengan paling lama tiga puluh (30) hari sebelum mengikuti aturan perundang-undangan yang berlaku.

3. Pengguna sepakat bahwa segala sengketa atau perselisihan yang timbul dari atau yang berkaitan dengan hal-hal diatur dalam Ketentuan Layanan ini (termasuk segala sengketa atau perselisihan yang disebabkan karena adanya perbuatan melawan hukum atau pelanggaran atas satu atau lebih syarat dan ketentuan dalam Ketentuan Layanan ini) (“Perselisihan”) akan diselesaikan dengan cara berikut:

  1. Salah satu pihak baik Pengguna atau Kami (“Pihak Pertama”) wajib menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada pihak lainnya (“Pihak Kedua”) atas telah terjadinya Perselisihan (“Pemberitahuan Perselisihan”). Perselisihan wajib diselesaikan secara musyawarah mufakat dalam waktu paling lambat tiga puluh 30 hari kalender sejak tanggal Pemberitahuan Perselisihan (“Periode Penyelesaian Musyawarah”);
  2. Apabila Perselisihan tidak dapat diselesaikan secara musyawarah mufakat sampai dengan berakhirnya Periode Penyelesaian Musyawarah, Pihak Pertama dan Pihak Kedua sepakat bahwa Perselisihan akan diselesaikan menurut yurisdiksi pengadilan Republik Indonesia.

4. Ketentuan Layanan ini dan kewajiban-kewajiban non-kontraktual lainnya yang timbul dari atau sehubungan dengan Ketentuan Layanan ini diatur oleh Hukum Negara Republik Indonesia. Pengguna setuju bahwa setiap Tindakan hukum atau perselisihan yang timbul dari penggunaan Layanan Kami akan diselesaikan oleh Pengadilan Negeri Kota Bandung.

PASAL 15 TAUTAN PEMASARAN

Demi kenyamanan Pengguna, Kami dapatmenyertakan hyperlink ke situs atau konten lain di internet yang dimiliki atau dioperasikan oleh pihak ketiga. Situs atau konten tertaut tidak berada dibawah kendali Kami dan Kami tidak bertanggung jawab atas kesalahan, kelalaian, penundaan, pencemaran nama baik, fitnah, kebohongan, pornografi, konten cabul, ketidakakuratan atau materi lain yang terkandung dalam situs atau konten tersebut, atau kosekuensidarimengaksessituswebterkait. Serta keakurataninformasi, konten, produk atau layanan yang ditawarkan oleh, atau praktik informasi yang digunakan oleh situs yang ditautkan ke atau dari platform. Kami menyarankan Pengguna untuk meninjau kebijakan privasiserta syarat dan ketentuan situs-situsinisebelum memberikan informasi pribadi apa pun.

Kami dapat menampilkan spanduk, applet Java dan/atau hal lain yang diperlukan di platform dengan tujuan periklanan atau iklan produk dan/atau Layanan. Pengguna mengetahui dan setuju bahwa Pengguna tidak memiliki hak untuk menerima penggantian dan/atau biaya sehubungan dengan iklan dan/atau materi promosi lainnya.

Harap diperhatikan bahwa setiap tautan ke situs atau konten lain bukanlah bentuk dukungan atau verifikasi situs atau konten tersebut dan Pengguna setuju bahwa akses Pengguna ke penggunaan situs atau konten terkait sepenuhnya menjadi resiko Pengguna sendiri. Kami tidak bertanggung jawab atas segala resiko data pribadi dan keamanan data terkait. Akses situs pihak ketiga yang ditautkan kea tau dari Platform. Dalam kasus seperti itu, Kami dibebaskan dari tanggung jawab atas kerusakan ataukerugianyang terjadipada aksestautan tersebut,termasuk namun tidak terbatas pada kerusakan atau kerugian apa pun yang terkait dengan virus, spyware, malware, worm, trojan, kesalahan, bug, atau kerusakan lainnya.

PASAL 16 PERUBAHAN KETENTUAN LAYANAN

1. Ketentuan Layanan ini mungkin diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu.

2. Pengguna disarankan untuk membaca secara saksama dan memeriksa Ketentuan Layanan ini dari waktu ke waktu agar Pengguna tetap terinformasikan mengenai perubahan terbaru dalam Ketentuan Layanan ini.

3. Dengan tetap menggunakan Layanan Kami, maka Pengguna menyetujui perubahan- perubahan dalam Ketentuan Layanan ini.

PASAL 17 LAYANAN BANTUAN

1. Setiap pemberitahuan dari Kami yang ditujukan kepada Pengguna akan diumumkan melalui Situs dan dikirimkan melalui surat elektronik (e-mail), WhatsApp, atau push notification melalui situs Platform Tantri.

Setiap pemberitahuan dari Pengguna yang ditujukan kepada Kami menjadi efektif ketika pemberitahuan tersebut diterima oleh Kami melalui alamat surat elektronik (email address) cs@tantri.id dan/atau melalui dokumen fisik yang dikirimkan ke PT Sasana Solusi Digital dengan Alamat Jl. BPengguna No.30, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115, Indonesia

Apabila ada pertanyaan, komentar, atau permintaan mengenai Ketentuan Layanan ini, dapat ditujukan kepada Kami , dapat menghubungi kami di :

PT Sasana Solusi Digital

Nomor Telepon : (022) 20541053

Email : cs@tantri.id

Telah diperbarui tanggal 05 Mei 2025