Bisnis kuliner (F&B) terkenal sebagai salah satu jenis usaha yang tak mudah surut. Selama beberapa tahun terakhir, industri ini telah menunjukkan pertumbuhan cukup signifikan.
Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Kompas.id, industri kuliner telah berkontribusi sebesar 34% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) ekonomi kreatif Indonesia tahun 2023. Selain itu, pada tahun 2022, terdapat sekitar 10.900 usaha penyedia makanan dan minuman skala menengah besar yang tersebar di berbagai provinsi Indonesia, terutama di DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Selatan dan Bali.
Keberadaan usaha kuliner yang semakin banyak itu memunculkan daya saing tinggi di antara para pebisnis. Namun, tak perlu khawatir, kamu bisa menghadapi tantangan ini dengan memanfaatkan teknologi berupa software restoran Indonesia.
Software restoran bisa berupa aplikasi atau sistem kasir restoran yang dapat mengoptimalkan proses transaksi serta manajemen operasional bisnis F&B. Tak hanya memudahkanmu mencatat penjualan, sistem ini juga mendukung manajemen inventori, pengelolaan keuangan, order management hingga pelacakan stok.
Salah satu software restoran Indonesia terbaik yang dapat membantu operasional bisnis secara maksimal dan akurat adalah Tantri.
Nah, bagi yang penasaran dengan software restoran terbaik Tantri, pastikan kamu baca artikel ini sampai selesai, ya!
Tantangan Implementasi Software Restoran di Indonesia
Penggunaan software restoran online ternyata memiliki tantangan tersendiri bagi pemilik bisnis, mulai dari:
- Keterbatasan Infrastruktur Teknologi: Koneksi internet kurang stabil di beberapa daerah dan keterbatasan perangkat keras (hardware) dapat menghambat kelancaran penggunaan software.
- Tingkat Adopsi Teknologi Beragam: Karyawan yang memiliki literasi digital rendah terkadang sulit untuk beradaptasi, ditambah resistensi terhadap perubahan dari metode manual ke digital.
- Biaya Implementasi dan Pemeliharaan: Harga software yang tinggi dan biaya pemeliharaan rutin menjadi beban bagi restoran, terutama sektor UMKM.
- Integrasi dengan Sistem yang Sudah Ada: Software baru sering tidak kompatibel dengan sistem lama, sehingga proses migrasi data menjadi rumit dan memakan waktu.
- Keamanan Data dan Privasi: Risiko kebocoran data serta kepatuhan terhadap regulasi perlindungan data menjadi tantangan penting dalam penggunaan software berbasis cloud.
- Dukungan Teknis dan Layanan Pelanggan: Keterbatasan dukungan teknis lokal menyulitkan penyelesaian masalah dan pelatihan berkelanjutan seringkali diabaikan.
- Kesesuaian dengan Kebutuhan Lokal: Software asing tak mendukung sistem pembayaran lokal dan memiliki antarmuka kurang ramah bagi karyawan.
Meskipun menawarkan berbagai peluang menarik, nyatanya penggunaan software restoran di Indonesia masih memiliki tantangan yang kompleks seperti di atas. Sebagai solusi terbaik, pastikan kamu dapat memilih software yang sesuai dengan kebutuhan lokal, ya.
Tantri hadir sebagai solusi software restoran Indonesia yang mampu menghadapi seluruh tantangan-tantangan tersebut. Dengan 160+ fitur, dukungan metode pembayaran lokal dan berbagai manfaat lainnya, software kami akan membantu bisnis semakin berkembang dan terkenal di kalangan konsumen.
Baca juga: Software Pos Restoran Serbaguna dengan 160+ Fitur
Mengapa Software Restoran Penting Bagi Bisnis F&B?
Ada beberapa alasan mengapa software restoran penting bagi operasional bisnis F&B, yaitu:
- Mampu Menjaga Kualitas Makanan serta Layanan Secara Konsisten
Kurangnya konsistensi dalam layanan bisa membuat penurunan kepuasan pelanggan serta berpotensi merusak reputasi restoran, lho.
Itu sebabnya, software restoran Indonesia penting digunakan untuk mempertahankan konsistensi kualitas dan layanan bisnis. Software restoran sudah memiliki protokol jelas dan terpusat untuk seluruh outlet, sehingga setiap pelanggan akan mendapatkan pengalaman sama dari semua cabang bisnis.
- Melakukan Pengelolaan dan Mengurangi Food Waste
Software restoran online dapat membantu bisnis dalam mengontrol inventaris dan memprediksi kebutuhan bahan baku sesuai data historis. Selain itu, software ini juga bisa menjaga supaya takaran bahan baku bisa digunakan sesuai resep.
- Mempermudah Koordinasi Antar Outlet
Alasan kenapa software restoran penting bagi bisnis agar mempermudah koordinasi antar outlet serta menyediakan platform pusat untuk bertukar informasi. Sehingga, jalur koordinasi menjadi lebih efektif dan operasional bisnis pun semakin lancar.
- Mencegah Inventory Shrinkage Karena Kecurangan Karyawan
Menurut WorldMetrics, kasus pencurian inventory yang dilakukan karyawan sebesar 42,7% dari total kasus penyusutan inventaris. Supaya dapat menghindari kerugian finansial, software restoran Indonesia bisa membantu kamu mengontrol stok dan mengaudit transaksi agar tidak terjadi kecurangan.
- Cegah Masalah Kesalahan Transaksi dan Keuangan
Terakhir, software restoran dapat membantu cegah masalah transaksi dan keuangan. Teknologi ini menyediakan solusi akuntansi yang akurat, mengurangi human error, hingga memastikan bahwa seluruh transaksi berjalan dengan lancar.
Baca juga: 20 Rekomendasi Software POS & Tips Memilih untuk Bisnis Anda
Tantri: Software Restoran Indonesia Terbaik untuk Bisnis
Buat kamu yang sedang mencari software restoran Indonesia yang menjadi solusi terbaik untuk permasalahan operasional bisnis, Mintri punya rekomendasi terbaik, nih. Kamu bisa coba software Tantri yang memiliki lebih dari 120 fitur dan sudah digunakan oleh lebih dari 1000 merchant, lho.
Tantri merupakan gabungan antara Aplikasi Kasir dan Scan QR Menu yang cocok digunakan oleh restoran maupun cafe. Melalui Tantri, pelanggan bisa langsung memilih menu, pesan serta bayar orderan langsung dari meja. Praktis sekali, bukan?
Untuk informasi lengkap seputar software restoran Indonesia Tantri, kamu bisa tonton video berikut, ya:
Kenapa Banyak Bisnis F&B yang Memilih Aplikasi Tantri?
Aplikasi restoran Tantri menjadi banyak pilihan bisnis F&B karena:
- Bebas Biaya Langganan: Kamu bisa akses 120+ fitur secara langsung tanpa perlu bayar langganan.
- Aplikasi Mudah Kamu Gunakan: Tampilan aplikasi user-friendly, sehingga mudah digunakan oleh staff hingga owner.
- Bisa Promosi Merchant: Tantri dapat membantu promosi bisnis kamu via sosmed dan Google.
- Seluruh Keuangan Disimpan Oleh Bisnis Owner: Bisnis owner akan mendapatkan dompet khusus yang digunakan untuk menerima dan menarik pembayaran digital.
Baca juga: Cafetaria POS Software Terbaik 2025, Bantu Sukseskan Bisnis F&B Anda!
Fitur Utama Tantri: Software Restoran All-In-One

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Tantri memiliki lebih dari 120 fitur yang dapat kamu gunakan secara langsung. Dari sekian banyaknya fitur, ada beberapa fitur utama yang mesti kamu tahu, antara lain:
- Order Management
Memudahkan pelanggan untuk memesan menu langsung dari meja dengan scan QR tanpa perlu antri lama. Dengan begitu, proses orderan ke dapur pun bisa lebih rapi dan praktis.
Fitur Order Management:
- QR Menu Order
- Manajemen Pesanan
- Open Bill/Close Bill
- Integrasi Pembayaran Digital
- Save Bill/Split Bill
- Manajemen Reservasi
- Electronic Receipt
- Point of Sales
Aplikasi kasir digital Tantri bisa kamu akses juga melalui web chrome, sehingga dapat digunakan di seluruh device spek apapun. Tak ada biaya tambahan untuk mengaksesnya dan berikut fitur yang tersedia:
- POS Digital
- Menu Orderan
- Laporan Keuangan
- Data Pelanggan
- Laporan Penjualan
- Reservasi
- Backoffice
Melalui software restoran terbaik Tantri, kamu dapat mengontrol cost menu, shift karyawan, serta kegiatan operasional bisnis F&B lainnya secara praktis.
Berikut fitur-fitur backoffice yang dapat kamu gunakan:
- Dashboard Backoffice
- Inventory
- Manajemen Karyawan
- Manajemen Multi-outlet
- Inventory
Sistem Tantri mampu mengelola stok produk secara akurat dan efisien, menghindari kekurangan atau kelebihan stok dan memaksimalkan efisiensi operasional.
Fitur Inventory:
- Daftar Stok
- Daftar Pemasok
- Stock Opname
- Pembelian Stok
- Distribusi Stok
- Table Management
Fitur ini dapat memberikan visibilitas penuh terhadap meja dan terintegrasi dengan fitur lain, salah satunya Floor & Table Management. Tujuannya supaya bisa mendapatkan pengalaman manajemen yang lebih terpadu.
- Shifting
Fitur shifting dapat melakukan pengaturan jadwal kerja, pemantauan kehadiran hingga sistem absensi. Semuanya bisa kamu lakukan secara mudah, cepat dan lancar.
Berikut fitur yang ditawarkan:
- Atur Jadwal Shift
- Laporan Absensi
- Absensi (Selfie & Geotagging)
- Summary Report per Shift
- Pin Authentication
Melalui fitur ini, seluruh pemrosesan bisa kamu lakukan dengan autentifikasi PIN pada sistem kasir. Mulai dari pembatalan menu, ubah metode pembayaran oleh customer sampai autentifikasi untuk melihat laporan keuangan oleh owner, manajer maupun karyawan terkait.
Fitur utamanya:
- Pengaturan PIN Auth
- Log PIN Auth
- Voucher Diskon
Ada banyak pilihan voucher atau bonus spesial khusus pelanggan yang ingin order menu via merchant Tantri. Kamu bisa meningkatkan loyalitas serta kepuasan pelanggan melalui berbagai jenis voucher, seperti voucher umum, khusus maupun produk.
- Split Bill
Split Bill adalah jenis tagihan yang bisa dibayar masing-masing atau terpisah dalam satu meja. Baik berdasarkan jumlah orang, item yang dipesan, maupun persentase dari total tagihan.
Tentunya, fitur ini berguna untuk pelanggan yang datang berkelompok dan ingin berbagi biaya tanpa perlu repot menghitung manual.
- Split Payment
Split Payment memungkinkan pelanggan untuk melakukan transaksi dengan beberapa metode pembayaran sekaligus. Misalnya, pelanggan dapat membayar biaya makan via kartu kredit, lalu sebagian dengan uang tunai dan sisanya transfer manual atau via QR Static.
Dengan adanya fitur ini, aplikasi Tantri memastikan bahwa bisnis bisa memenuhi kebutuhan pelanggan yang beragam sambil menjaga transaksi tetap berjalan lancar dan cepat.
Baca juga: Software POS Bisa Order & Bayar di Meja Pakai Tantri
Perbedaan Tantri dengan Software Restoran Online Lainnya

Manfaat Tantri Sebagai Solusi Software Restoran Terbaik
Sebagai solusi software restoran Indonesia terbaik, Tantri memiliki banyak manfaat, yaitu:
- Bisa Handle Antrian Lebih Cepat
Pelanggan tak perlu lagi antri di kasir untuk melakukan pembayaran karena mereka bisa langsung membayar melalui menu online via QR Code Smartphone di masing-masing meja. Bahkan, tersedia fitur open bill di aplikasi Tantri untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan kepada setiap pelanggan setia.
- Pilihan Metode Transaksi Beragam
Software restoran online Tantri menyediakan berbagai pilihan metode transaksi, mulai dari bayar tunai, transfer bank, e-wallet, QRIS Static hingga kartu kredit. Pelanggan dapat memilih salah satu metode transaksi sesuai kenyamanan masing-masing.
- Kemudahan Instalasi
Cukup satu kali daftar dengan syarat KTP, NPWP dan dokumen lainnya, tim Tantri akan langsung mengaktivasi seluruh layanan digital software. Jadi, gak perlu ribet dan menunggu lebih lama.
- Biaya Terjangkau
Biaya yang dikenakan saat menggunakan aplikasi Tantri cukup terjangkau. Untuk detail via pembayaran online, yaitu:
- QRIS: 0.636% (fee pembayaran), 0.1% (platform fee)
- e-Wallet: 1.5% (fee pembayaran), 0.1% (platform fee)
Note: Biaya dikenakan pada grand total serta terpotong dari saldo Tantri.
- Settlement Detail dan Cepat
Kamu tak akan dikenakan target transaksi apapun saat mengaktifkan opsi pembayaran digital ini.
Merchant yang Sudah Menggunakan Tantri

Testimoni Pengguna Software Tantri



Penutup
Tantri sebagai software restoran Indonesia menjadi solusi terbaik bagi pelaku bisnis F&B untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi operasional. Melalui 120+ fitur yang bisa kamu akses secara gratis, bisnis pun dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan mengambil keputusan secara cerdas.
Bagi kamu yang penasaran dengan software restoran Tantri, yuk jadwalkan demo sekarang atau hubungi kami untuk informasi lebih lanjut!