Kini, bisnis f&b terbilang cukup potensial mengingat bisnis tersebut memiliki jumlah market yang besar.

Berdasarkan data Kementerian Keuangan, tercatat bahwa industri makanan dan minuman di Indonesia mengalami peningkatan dari tahun 2020 ke 2021 sebesar 2,54 persen. Maka tak heran jika persaingan pasar di bisnis food and beverage cukuplah ketat.

Namun tidak perlu takut, karena kamu tetap bisa meraih kesuksesan jika bisa memahami bisnis ini dengan baik. Nah untuk itu, Mba Tri akan membahas seputar bisnis f&b secara lengkap untuk kamu yang tertarik terjun ke bisnis satu ini. Let’s check it out!

Apa Itu F&B?

Bisnis F&B adalah sebuah bisnis yang bergerak di bidang jasa pembuatan dan penjualan makanan ataupun minuman dengan tujuan memberikan kepuasan bagi pelanggan serta mendapatkan profit secara finansial bagi bisnis.

Bisnis f&b menjadi salah satu bidang untuk berbisnis dengan minat yang tinggi. Saat ini food and beverage sudah dapat kita temui, mulai dari rumah makan sederhana, restaurant, hingga cafe. 

Menariknya lagi, bisnis ini juga tidak akan pernah kehilangan pembeli, loh.

Sebab, makanan dan minuman merupakan kebutuhan pokok yang akan selalu dibeli. Maka dari itu, ide bisnis f&b bisa jadi pilihanmu jika tertarik untuk memulai suatu bisnis.

Setelah mengetahui sekilas tentang apa itu food and beverage, selanjutnya kita akan membahas tentang peluang bisnis ini di Indonesia.

Peluang Bisnis F&B di Indonesia

Lalu, bagaimana dengan perkembangan peluang bisnis food beverages Indonesia? Simak beberapa alasan kenapa peluang usaha f&b di Indonesia sangat menjanjikan sebagai berikut:

peluang bisnis f&b di indonesia
Peluang Bisnis F&B di Indonesia

1. Mudah Beradaptasi dengan Tren Terkini

Setiap tahunnya, pasti ada tren makanan dan minuman terbaru yang menjadi inspirasi bagi para pengusaha kuliner untuk menciptakan kreasi menu terkini.

Dengan menciptakan menu makanan ataupun minuman yang khas dan unik, tentunya hal ini bisa menjadi peluang komersial bagi pebisnis untuk mendapatkan keuntungan bisnis.

2. Didukung Kemajuan Teknologi

Terbukanya peluang besar di bisnis f&b juga didukung oleh kemajuan teknologi. Contohnya adalah layanan food order delivery yang sangat menguntungkan. 

Tidak hanya lebih mudah dalam menjangkau konsumen, pemilik bisnis juga dapat menekan biaya operasional karena pesanan akan diantar ke alamat pembeli oleh pihak ketiga.

Dengan kemajuan teknologi, para pemilik bisnis kuliner juga dapat memanfaatkan platform media sosial untuk memperkenalkan dan mempromosikan kuliner dengan lebih efektif.

Baca juga: Aplikasi Kasir Resto Berbasis Web & Gratis, Memang Ada?

3. Termasuk dalam Kebutuhan Pokok Manusia

Di era modern ini, sebagian besar orang lebih memilih untuk membeli makanan di rumah makan ataupun restoran untuk menghemat waktu dan tenaga.

Tidak jarang, restoran dan cafe dipilih sebagai lokasi untuk berkumpul atau menghabiskan waktu dengan rekan kerja, teman, hingga keluarga. 

Oleh karena itu, bisnis food and beverage tidak akan pernah sepi pengunjung selama mereka mampu menawarkan tempat, menu, hingga layanan yang memuaskan.

4. Modal Usaha yang Dapat Disesuaikan

Salah satu peluang menarik dari food and beverage adalah modal usaha yang dapat disesuaikan. Di awal memulai usaha f&b, beberapa pebisnis cenderung tidak membutuhkan biaya awal atau modal usaha yang besar.

Bahkan, hadirnya sistem bisnis franchise makanan ataupun minuman sangatlah mempermudah bagi siapapun yang tertarik terjun ke dunia bisnis. 

Sebab, ada standarisasi hingga pembayaran lisensi dengan biaya yang dapat disesuaikan dengan kemampuan calon pembelinya. 

Baca juga: Aplikasi Kasir Gratis dengan QR Menu: Tingkatkan Efisiensi Bisnis Kuliner Anda!

5. Adanya Keterkaitan dengan Industri Lain

Seperti yang kita tahu, bisnis food and beverage menjadi salah satu bidang bisnis yang tidak terlepas dengan bidang bisnis lainnya. 

Misalnya saja, di bidang wisata. Di sana tidak hanya menyediakan area wahana bermain saja, namun juga tempat makan atau food court.

Tidak hanya itu, perusahaan f&b di Indonesia juga mudah kita temui di bidang infrastruktur. Salah satunya adalah rest area, yang mayoritas dipenuhi oleh usaha yang bergerak di bidang bisnis f&b.

Tips Membangun Bisnis F&B

Berikut ini beberapa tips menarik untuk kamu yang tertarik mencoba peruntungan di bisnis f&b:

tips membangun bisnis f&b
Tips Membangun Bisnis F&B

1. Tentukan Target Pasar Bisnis F&B-mu

Tips membangun bisnis f&b pertama yang bisa kamu coba adalah menentukan target pasar. Dengan mengetahui siapa target pasar, maka kamu juga bisa menyesuaikan produk makanan atau minuman apa saja yang dibutuhkan target pasar.

2. Kembangkan Inovasi Bisnis F&B-mu

Inovasi adalah sebuah hal yang cukup krusial dalam sebuah proses bisnis. Seperti halnya dunia fashion, food and beverage juga mengalami perkembangan setiap tahunnya.

Oleh karena itu, inovasi menjadi sebuah kunci agar bisnis f&b-mu tetap bisa eksis di masa depan. Penting bagi kamu untuk bisa menyesuaikan bisnis dengan tren pasar dan selera pelanggan, baik itu dari segi menu, interior, hingga konsep yang diusung.

3. Bangunlah Branding Bisnis F&B yang Kuat

Strategi branding tidak kalah penting bagi sebuah bisnis untuk memenangkan persaingan di pasar. Branding dibutuhkan untuk menciptakan dan mempertahankan citra produk di mata konsumen.

Oleh karena itu, penerapan strategi branding seperti penggunaan logo, pembuatan tagline, hingga pelaksanaan soft campaign tentu akan sangat membantu untuk mengembangkan bisnis f&b-mu.

4. Tawarkan Produk dan Layanan yang Terbaik

Ketika telah berhasil menarik pelanggan, maka tips membangun bisnis f&b selanjutnya adalah menawarkan produk dan layanan terbaikmu.

Hal ini termasuk mengenai penggunaan bahan baku, proses pembuatan, keramahan pelayanan, hingga cara merespon ketika terjadi masalah atau complaint dari pelanggan. 

Dengan begitu, kamu tidak hanya dapat meningkatkan kepercayaan namun juga mendapatkan loyalitas dari pelanggan.

5. Manfaatkan Platform Digitalmu

Masih sejalan dengan penerapan strategi branding, kamu juga perlu memaksimalkan penggunaan platform digital, seperti media sosial, website, hingga aplikasi order management.

Semakin banyak platform yang digunakan, maka akan semakin mudah juga bagi kamu untuk menjangkau banyak customer.

Kini juga sudah banyak pebisnis di bidang f&b yang menjalin mitra dengan platform yang menyediakan layanan pesan antar atau delivery order. Dengan begitu, pelanggan tetap bisa menikmati produkmu tanpa harus datang ke lokasi.

Baca juga: 10+ Aplikasi Kasir Gratis Paling Kompatibel. Bisnis Friendly!

5 Contoh Food and Beverage yang Menjanjikan

Peluang bisnis food and beverage di Indonesia memang sangat menjanjikan. Berikut ini terdapat beberapa contoh bisnis f&b yang bisa kamu jadikan pilihan, diantaranya:

1. Kopi Kekinian

Contoh food and beverage yang bisa kamu coba adalah bisnis kopi kekinian.

Sampai saat ini minuman kopi masih menjadi primadona di kalangan anak muda. Bahkan beberapa dari mereka ada yang tidak ragu untuk mengeluarkan uang untuk menikmati segelas kopi. 

Melihat peluang meningkatkan demand konsumen terhadap minuman ini, menunjukkan bahwa ide bisnis kopi kekinian bisa jadi lahan bisnis yang membawa keuntungan besar bagi kamu.

2. Korean Street Food

Fenomena Korean Wave di Indonesia telah berkembang cukup pesat. Tidak hanya tentang musik atau fashion saja, namun kini berbagai makanan korea juga tengah diminati banyak orang dari berbagai kalangan. 

Jika kamu tertarik membuka bisnis korean food, beberapa menu rekomendasi yang bisa kamu coba adalah Tteokbokki, Odeng, Mandu, Bungeoppang, Garlic Bread, dan masih banyak lagi.

3. Rice Bowl atau Dessert Box

Rice bowl atau dessert box menjadi tren makanan yang diminati pelanggan beberapa tahun ini. Kedua contoh usaha f&b tersebut bisa jadi solusi bagi kamu yang tertarik menjalankan bisnis online yang praktis.

Apalagi GoFood mencatat bahwa terjadi peningkatan pencarian menu rice bowl dan dessert box menjelang akhir tahun 2020. Bagaimana, tertarik mencoba bisnis ini?

4. Food Truck

Daftar keempat contoh food and beverage adalah food truck.

Food truck adalah salah satu jenis bisnis food and beverage yang kini menarik kalangan anak muda. Fleksibilitasnya untuk berpindah-pindah tempat inilah yang memudahkan calon pebisnis untuk menjangkau pelanggannya secara luas. 

Konsep bisnis food truck beroperasi menggunakan mobil yang diubah fungsinya menjadi dapur mini. Bisnis f&b ini biasanya menyajikan menu makanan yang lezat seperti cake, pastry, ice cream, kopi, burger, dan masih banyak lagi.

5. Katering Makanan Sehat

Beberapa tahun ini, tren gaya hidup sehat cukup populer di kalangan masyarakat. Hal ini pun turut berdampak pada pertumbuhan bisnis makanan, salah satunya adalah catering makanan sehat. 

Umumnya bisnis ini menyediakan ragam menu makanan sehat dengan bahan baku organik, rendah gula, dan tanpa bahan pengawet. Selain itu, kamu juga bisa menawarkan pilihan menu custom yang bisa disesuaikan kebutuhan calon pelanggan.

Pertanyaan Seputar Bisnis F&B

Di bawah ini tersedia beberapa pertanyaan yang mungkin bisa menjawab rasa penasaran kamu terkait bidang fnb.

1. Apa Itu Bisnis F&B?

Bisnis F&B atau dikenal juga dengan Bisnis Food and Beverage adalah sebuah bisnis yang bergerak di bidang kuliner yang juga bisa dirintis oleh siapa saja dengan modal berapapun.

2. Bagaimana Cara Memulai Bisnis F&B?

Berikut ini beberapa tips untuk memulai bisnis f&b yang bisa kamu coba:

  • Tentukan Target Pasar Bisnis F&B-mu
  • Kembangkan Inovasi Bisnis
  • Bangunlah Branding Bisnis F&B-mu yang Kuat
  • Tawarkan Produk dan Layanan yang Terbaik
  • Manfaatkan Platform Digitalmu

3. Bidang F&B Mencakup Apa Saja?

FnB adalah bisnis yang bergerak di bidang pembuatan dan penjualan makanan ataupun minuman yang bisa kita temui dengan mudah, seperti warteg, rumah makan sederhana, cafe, restoran, dan masih banyak lagi.

Penutup

Itulah pembahasan seputar bisnis food and beverage yang perlu kamu ketahui. Dengan perencanaan yang matang, manajemen yang baik, dan juga pemasaran yang efektif bisa dipastikan usaha f&b bisa meraih kesuksesan.

Apabila kamu ingin mempermudah operasional bisnis atau memaksimalkan omset bisnis, kini sudah hadir Aplikasi Order Management Tantri. Klik banner di bawah ini dan nikmati beragam fitur unggulan Tantri yang menyediakan solusi teknologi untuk kemudahan operasional bisnis f&b-mu!

solusi