Hadirnya aplikasi kasir resto, telah mendobrak tren bisnis F&B agar beroperasi dengan yang namanya inovasi. Penemuan revolusioner ini memang telah menjadi pilihan populer kalangan pemilik bisnis F&B yang ingin mengoptimalkan efisiensi operasional mereka. 

Kok, bisa? Itu karena aplikasi kasir atau yang sering dikenal dengan POS (Point of Sale), menawarkan berbagai fitur canggih yang dapat menyederhanakan berbagai aspek bisnis restoran, dari pengelolaan pesanan hingga manajemen inventaris.

Melalui kecepatan dan akurasi yang tinggi, aplikasi kasir berbasis web maupun mobile untuk resto membuka pintu bagi kemajuan bisnis dan membuka persaingan lebih efektif. Lalu apakah ada aplikasi gratis seperti itu? Simak saja sampai habis!

Keresahan & Masalah Utama Bisnis F&B

Seiring berjalannya bisnis, ada kemungkinan pelaku bisnis F&B seperti owner, manajer resto, ataupun karyawan lainnya mengalami keresahan yang secara umum dialami oleh banyak pihak terkait. Dan beberapa hal berikut mungkin relate dengan kondisi yang Anda alami saat ini:

1. Kewalahan Menerima Orderan

Seiring berjalannya waktu, biasanya perkembangan bisnis mulai terlihat. Kemajuan tersebut beriringan juga dengan tantangan dalam mengelola pesanan dan pendataan yang semakin meningkat. 

Karyawan akan merasa kewalahan mencatat pesanan dan mengelola pendataan yang masih dilakukan secara manual.

2. Risiko Salah Pencatatan

Pencatatan dan pendataan pesanan manual yang tak sedikit, datang dengan risiko kesalahan dalam penulisan pesanan atau perhitungan tagihan. Tentu hal ini yang sangat meresahkan pemilik otoritas dalam bisnis.

3. Manajemen Keuangan & Penjualan yang Rumit

Laporan keuangan dan laporan penjualan yang masih dilakukan dengan cara lama memang rumit. Perhitungan manual masih bisa menimbulkan kekeliruan.

Laporan keuangan atau transaksi harus dicatat dalam buku besar secara manual, dan membuat karyawan sulit untuk memantau aliran kas secara real-time. Begitu pula dengan jenis laporan lainnya.

4. Pressure & Kompetisi Bisnis F&B

Tak hanya itu, persaingan di pasar F&B yang semakin ketat semakin menambah tekanan di dunia bisnis F&B. Anda pun mungkin menyadari bahwa kini banyak kompetitor yang telah beralih ke teknologi kasir online untuk mengoptimalkan operasional dan meningkatkan layanan. 

Kemajuan teknologi ini membuat mereka mampu memberikan pelayanan yang lebih cepat dan efisien.

5. Tingkat Penjualan Stagnan

Owner dan manager restoran atau cafe seringkali memiliki keresahan akan tingkat penjualan. Mereka ini pasti bersusah payah memutar otak, mencari cara agar tingkat penjualan tidak monoton.

Sadar gak sih, bahwa sistem operasional manual sebetulnya bisa membuat perputaran meja cenderung stagnan? Ya, alasannya karena operasional yang belum terotomatisasi bisa menyebabkan antrian pelanggan cukup lama di depan kasir.

Belum lagi ditambah dengan kurangnya staf dan banyaknya turnover, juga turut menjadi salah satu faktornya.

Langkah yang Diambil

Dari keresahan tersebut, pada akhirnya banyak owner atau manager bisnis F&B memutuskan mengambil solusi, yaitu dengan memilih menggunakan teknologi aplikasi kasir restoran gratis berbasis web maupun mobile. 

Sayangnya, masih belum semua pelaku usaha di industri restoran atau cafe memutuskan menggunakan aplikasi kasir berbasis web, sebab mereka masih mempertimbangkan dan memperhitungkan beberapa hal, salah satunya mengenai biaya bulanan sistem POS.

Namun, saat ini ada banyak pilihan sistem aplikasi kasir yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Di samping sistem POS berbayar, kini Anda juga bisa menggunakan teknologi kasir online, yang bisa dikelola melalui perangkat PC dan android.

Dengan menggunakan aplikasi kasir berbasis web gratis, bisnis mereka akan tetap berjalan relevan dan dianggap mampu menjawab tantangan dan kompetisi pasar F&B.

Melalui aplikasi kasir restoran gratis PC, operasional menjadi lebih teratur dan efisien. Anda pun selanjutnya bisa berfokus pada kualitas makanan dan pelayanan, serta mengatasi tantangan dengan lebih percaya diri. Dan bisnis bisa semakin maju berkat solusi teknologi tersebut. 

Sebagai alternatif, kini banyak pilihan sistem kasir online gratis yang mudah digunakan untuk seluruh bisnis F&B. Salah satunya adalah Tantri yang merupakan aplikasi kasir berbasis web untuk restoran.

KategoriTantriSistem POS Lainnya
Penyimpanan data dengan POS cloud yang aman
Kompatibel & multi device (PC, tablet, android, iOS)
Multifungsi (Order management, kasir, dan back office)
Hemat tanpa biaya bulanan dan biaya di awal (Gratis)Belum tentu
Terintegrasi 17+ fiturPerlu upgrade premium
Dapat promosi resto di Food BazaarHampir tidak ada
Tabel Perbandingan Spek & Benefit antara Tantri dengan POS Lainnya

Perlu digaris bawahi, aplikasi kasir restoran berbasis web berbeda dengan sistem POS tradisional. POS Cloud bisa memanfaatkan device tablet atau android, yang memungkinkan penyimpanan data tersimpan secara online, aman, dan tersimpan dengan baik sehingga tidak akan hilang.

Dan sebagai aplikasi kasir restoran gratis PC, ia juga memudahkan pelanggan dan kasir saat mengelola pesanan makanan dengan pemilihan berbagai variasi, sehingga lebih cepat dan mudah. 

Pelanggan pun lebih santai saat memilih, jika ingin menambah orderan, mereka tinggal scan QR menu lagi saja.

Yang paling disukai dari aplikasi kasir restoran berbasis web ini, Anda tidak perlu buka PlayStore dan menyiapkan storage yang besar, Anda cukup siapkan device dan akses internet, lalu langsung daftar dengan sat set!

Cara Daftar Aplikasi Kasir Resto Gratis di Tantri

Tidak perlu repot dengan proses pengunduhan aplikasi yang mengharuskan Anda mengosongkan storage device, dengan Tantri semuanya bisa dilakukan secara online.

Berikut ini step by step yang bisa dilakukan untuk mendaftarkan merchant Anda di aplikasi kasir berbasis web ini:

1. Buka link tantri.id di browser

2. Setelah masuk ke halaman Login > klik tombol Daftar

3. Akan muncul page ‘Selamat Datang di Tantri” > klik Lewati > Lanjutkan

4. Isi data diri sesuai panduan kolom yang tersedia, mulai dari:

Cara Daftar Aplikasi Kasir Resto Gratis di Tantri - Isi Data Diri
  • Nomor Telepon (WhatsApp)
  • Nama Lengkap
  • Alamat Email
  • Kata Sandi
  • Ulangi Kata Sandi

5. Setelah itu tekan tombol Daftar

6. Tunggu kode OTP masuk melalui nomor WA yang digunakan saat registrasi

7. Lanjutkan dengan melengkapi Informasi Toko, meliputi:

  • Nama Toko
  • Deskripsi
  • Alamat Toko
  • Hari & Jam Operasional (Tinggal pilih hari dan bisa atur jamnya sendiri)
Cara Daftar Aplikasi Kasir Resto Gratis di Tantri

8. Lalu klik Konfirmasi Verifikasi

9. Akan muncul pop-up notifikasi “Pendaftaran Tokomu Berhasil” > klik Lanjutkan

10. Di halaman dashboard terdapat tombol Aktifkan E-Wallet

11. Jika Anda belum punya akun Xendit (E-Wallet di bawah naungan Tantri) maka klik tombol Belum

12. Anda akan diarahkan ke halaman Data Aktivasi Xendit

13. Siapkan beberapa dokumen berdasarkan jenis perusahaan (Logo bisnis/resto, link social media bisnis, dan isi Detail Usaha sesuai kolom yang tersedia > klik Selanjutnya

14. Lalu isi Detail Pemilik Usaha

Cara Daftar Aplikasi Kasir Resto Gratis di Tantri - Detail Pemilik Usaha

15. Siapkan foto selfie pemilik usaha, foto KTP, dan nomor KTP/NIK

16. Kirim data Aktivasi > pilih Ya, Verifikasi

17. Dan E-Wallet akan di update dalam waktu 7-14 hari kerja > Selesai

Cara Kerja Sistem Aplikasi Kasir Restoran Berbasis Web

Ketika pelanggan memindai QR code menu yang ada di meja dan melakukan pemesanan, maka orderan langsung masuk ke sistem. 

Aplikasi kasir selanjutnya akan secara otomatis menghitung total tagihan, Dan menyediakan alternatif proses pembayaran.

Benefit dari Cara Kerja Sistem Aplikasi Kasir Restoran

Beberapa manfaat yang bisa dirasakan ketika operasional cafe & resto sudah menggunakan sistem POS atau Point of Sale, diantaranya:

  • Mengurangi risiko kesalahan pencatatan dan menghemat waktu bagi para pelayan
  • Membantu menghindari kesalahan dalam perhitungan
  • Pemilik bisnis restoran dapat meningkatkan produktivitas karyawan dan mengoptimalkan pengelolaan sumber daya
  • Sistem ini tidak hanya memberikan solusi bagi tantangan manajemen pesanan dan pendataan, tetapi juga membantu meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan
  • Bukan hanya membantu efisiensi operasional, aplikasi kasir resto juga memberikan manfaat bagi analisis data dan pengambilan keputusan strategis
  • Data penjualan yang tercatat dalam aplikasi ini dapat memberikan wawasan berharga tentang menu yang paling diminati pelanggan, tren konsumsi, dan pola pembelian

2 Cara Akses Aplikasi Tantri (Web & Mobile)

Apakah aplikasi kasir restoran Tantri bisa diakses melalui website?

Ya, aplikasi Tantri memiliki 2 cara akses atau versi format yang berbeda. Yaitu pertama, Tantri dengan versi mobile android. Dan kedua, Tantri sebagai aplikasi kasir berbasis web yang dapat diakses melalui HP, Tablet, dan PC.

Penutup

Dari pembahasan di atas, Anda menjadi tahu bagaimana caranya mendaftarkan bisnis restoran atau kafe ke dalam sistem aplikasi kasir berbasis web untuk resto yang mudah digunakan dan gratis melalui PC atau android.

Tidak perlu repot catat transaksi penjualan, sekarang giliran bisnis Anda membuktikan pemakaian Tantri, sebagai aplikasi catatan order otomatis. Dijamin, bikin pelanggan betah dan balik lagi!

Jika Anda tertarik, Anda bisa langsung melakukan pendaftaran atau konsultasikan terlebih dahulu dengan kami!

https://m.youtube.com/watch?v=-Jdw-PWtGrE
Mau coba aplikasi TANTRI? Daftar Gratis disini!
solusi