Ketika mengunjungi sebuah cafe atau restoran, pernahkah kamu melihat sistem POS (Point of Sale) kasir atau mesin kasir yang digunakan untuk mengatur pesanan pembeli?

Memasuki era digital, para pebisnis mulai menghadapi berbagai kompetisi serta kompleksitas bisnis. Dari peningkatan layanan, pengelolaan inventory, hingga pengaturan transaksi. 

Untuk itulah bisnis akan memerlukan sistem POS kasir atau mesin kasir untuk restoran atau cafe mereka. Lalu, apa bedanya sistem POS kasir dengan mesin kasir? Simak penjelasannya dan ketahui mana yang lebih kamu butuhkan di sini!

Mengenal Apa Itu Sistem POS Kasir

Sistem POS Kasir adalah sebuah sistem kasir yang terkomputerisasi dengan memanfaatkan kombinasi antara software dan hardware untuk memproses transaksi jual-beli. 

Sistem kasir menjalankan berbagai fungsi pengelolaan transaksi dalam bisnis yang didukung dengan adanya fitur-fitur canggih. Bisa ditarik kesimpulan bahwa sistem POS kasir adalah versi modern dari mesin kasir konvensional. 

Tidak hanya penawaran fitur-fitur canggihnya saja, sistem POS untuk kasir juga bisa di-customize sesuai dengan kebutuhan suatu bisnis. 

System POS adalah sebuah bentuk inovasi yang lebih modern dari sebuah mesin kasir yang mempermudah penjual melayani transaksi. 

Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan mesin kasir POS untuk berbagai kebutuhan bisnismu, baik itu untuk pencatatan transaksi, pengelolaan stok produk, pembuatan laporan keuangan, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Apa Itu Point of Sales? Simak Cara Kerja & 5 Tips Memilihnya

Perbedaan Mesin Kasir & POS dalam Bisnis

Perbedaan Mesin Kasir dan Sistem POS Kasir

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang Sistem POS Kasir, penting untuk memahami perbedaan antara Mesin Kasir dan POS sebagai berikut.

Mesin Kasir

Pertama ada mesin kasir. 

Mesin kasir umumnya berfokus pada pencatatan transaksi penjualan dan perhitungan total harga. Meskipun membantu dalam proses checkout, mesin kasir memiliki keterbatasan dalam melacak inventaris dan menganalisis data penjualan secara mendalam.

• Sistem POS Kasir

Sementara itu, Sistem POS Kasir tidak hanya mencakup fungsi kasir tradisional, tetapi juga menambahkan lapisan fungsionalitas tambahan. 

Hal ini mencakup manajemen stok real-time, pelacakan penjualan individu, dan kemampuan untuk menghasilkan laporan analisis yang dapat membantu kamu membuat keputusan yang lebih cerdas.

Melalui POS sistem kasir, penjual juga dapat mencatat pesanan hingga mencetak struk dengan lebih mudah, bahkan sistem kasir POS juga bisa diakses melalui aplikasi di tablet atau smartphone, loh.

Baca juga: Apa Itu Order Management System, Manfaat & Contoh Penggunaannya?

Perbandingan Fitur Mesin Kasir & Sistem POS Kasir

Dengan POS sistem kasir, kamu tidak hanya menggantikan fungsi mesin kasir, namun juga menghadirkan berbagai fitur tambahan yang dapat meningkatkan kinerja bisnismu secara signifikan. 

Dari manajemen inventaris hingga pelacakan penjualan harian, berikut adalah perbandingan fitur yang menarik:

• Manajemen Inventaris

Pada mesin atau sistem kasir, manajemen inventaris terbatas pada pencatatan stok saat transaksi saja. 

Namun hal tersebut berbeda pada mesin kasir POS. Pada mesin kasir POS, dapat melacak stok secara real-time, memberikan pemberitahuan saat stok rendah, dan menghindari kehabisan barang yang dapat merugikan bisnismu.

Pelacakan Penjualan

Mesin kasir konvensional menyediakan total penjualan harian tanpa detail produk. 

Sedangkan pada fitur sistem kasir POS, akan memungkinkan kamu melacak performa penjualan produk ataupun membantu identifikasi produk yang paling banyak dibeli. 

• Laporan Keuangan Bisnis

Umumnya mesin kasir tidak menyediakan fitur laporan analisis mendalam. Hal ini disebabkan terbatasnya sistem pendukung untuk mengolah data penjualan yang ada. 

Berbanding terbalik dengan sistem POS kasir. POS akan memberikan laporan analisis terperinci, membantu kamu memahami tren penjualan, preferensi pelanggan, dan mengoptimalkan strategi pemasaran.

Fitur Mesin Kasir Sistem POS Kasir
Manajemen InventarisTerbatas pada pencatatan stok saat transaksi sajaDapat melacak stok secara real-time
Pelacakan PenjualanMenyediakan total penjualan harian tanpa detail produkTersedia detail produk yang memungkinkan untuk melacak performa produk
Laporan Keuangan BisnisTidak menyediakan fitur laporan analisis mendalamDapat memberikan laporan analisis keuangan terperinci
Tabel Perbandingan Fitur Mesin Kasir dan Sistem POS Kasir

Baca juga: Aplikasi Kasir Gratis dengan QR Menu: Tingkatkan Efisiensi Bisnis Kuliner Anda!

Lalu, Apa saja Manfaat Penggunaan Sistem POS Kasir?

Berikut ini terdapat 5 manfaat penggunaan sistem POS untuk restoranmu:

Manfaat Penggunaan Sistem POS Kasir
5 Manfaat Penggunaan Sistem POS Kasir

1. Pengelolaan Sistem Kasir POS dari Mana Saja

Sistem POS untuk kasir berbasis Cloud akan memudahkan untuk mengakses informasi atau data secara real-time dari mana saja melalui perangkat, seperti ponsel ataupun tablet. 

Dengan begitu, kamu tidak perlu repot untuk datang ke lokasi bisnis untuk memantau transaksi atau inventory bisnis.

2. Mengoptimalkan Keamanan Data Pelanggan

Dengan sistem POS berbasis Cloud, kamu tidak hanya dapat mengelola bisnis dari mana saja, namun kamu juga bisa memastikan keamanan penyimpanan data pelanggan. 

Sistem Cloud akan menyinkronkan data pelanggan dengan sistem POS untuk restoran kamu. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir akan kehilangan data tersebut. 

3. Meningkatkan Layanan kepada Pelanggan

Manfaat lain penggunaan Sistem Kasir POS adalah dapat meningkatkan user experience bisnismu. Dengan sistem kasir restoran, memungkinkan pembeli bebas untuk memilih, membatalkan, serta membayar produk sendiri. 

Tentu saja hal ini akan memberikan pengalaman positif kepada pembeli, yang juga meningkatkan kepuasan atas layanan bisnis yang kamu tawarkan. 

4. Mempercepat Proses Refund

Sistem POS Kasir juga memungkinkan untuk memproses pengembalian produk secara mudah dan cepat. Jadi, ketika ada pembeli yang ingin membatalkan pesanan, kamu dapat memprosesnya secara langsung melalui sistem kasir dengan beberapa klik saja. 

5. Mengelola Inventory Bisnis

Manfaat yang membedakan mesin kasir konvensional dengan POS kasir adalah adanya pengelolaan inventory atau stok produk secara efisien. 

Kamu juga dapat melacak ketersediaan stok untuk menghindari habisnya stok yang akan merugikan bisnismu.

Baca juga: QR Code Menu: Cara Membuat Menu Digital Praktis, Bisnis F&B Wajib Punya!

Keuntungan Penggunaan Sistem POS Kasir dalam Bisnismu

Nah, pada poin ini kita akan mengulik apa saja keuntungan penggunaan POS system Indonesia bagi suatu bisnis.

Meningkatkan Efisiensi Kinerja Bisnis

Efisiensi sangatlah dibutuhkan dalam sebuah bisnis. Semakin banyak pelanggan, maka semakin banyak data yang perlu diinput. Untuk itulah kamu membutuhkan sistem POS kasir untuk meningkatkan efisiensi restoran.

Dengan sistem kasir terbaik yang telah terintegrasi secara otomatis, kamu dapat mengurangi kerumitan tugas-tugas administratif dan fokus pada aspek-aspek kunci bisnismu.

Meminimalisir Terjadinya Human Error

Penggunaan sistem POS untuk restoran, akan mengurangi beberapa kendala atau kesalahan yang terjadi dalam hal penginputan data. Dengan sistem kasir ini, akan mempermudah kinerja tim bisnismu dalam hal yang berkaitan dengan transaksi atau pelaporan bisnis. 

Fleksibilitas dalam Metode Pembayaran

Berikutnya adalah fleksibilitas dalam metode pembayaran.

Dalam dunia yang semakin bergerak menuju pembayaran nirkontak, Sistem POS Kasir dapat menerima berbagai metode pembayaran. Kamu dapat menerima pembayaran dengan kartu kredit, debit, e-wallet, atau bahkan pembayaran digital seperti QR code.

Fitur Utama Sistem Pos Tantri untuk Restoran

Pastikan sistem POS kasir Anda terintegrasi ke-6 fitur utama ini, biar operasional bisnis auto upgrade!

1. QR Menu

Lihat bagaimana sistem POS kasir Tantri punya fitur Scan QR Menu untuk percepat dan memudahkan proses pemesanan makanan pelanggan:

2. Pembayaran Digital

Manjakan customer dengan layanan pembayaran digital “Multi-Payment” dari Tantri, dan pemasukan restoran Anda akan tercatat dengan rapi serta rinci.

3. Kitchen Display

fitur sistem POS kasir - kitchen display
Fitur Sistem POS Kasir Tantri – Kitchen Display

Sistem POS kasir Tantri sudah support dengan Kitchen Display yang dapat Anda gunakan untuk mengelola pesanan restoran.

4. Manajemen Karyawan

Ingin operasional makin maksimal dengan optimalisasi kinerja karyawan? Perbaiki kualitas manajemen karyawan cukup dengan sistem POS Tantri.

5. Manajemen Cabang

fitur sistem POS kasir - daftar cabang
Fitur Sistem POS Kasir – Daftar Cabang

Anda punya banyak cabang cafe/restoran? Jangan khawatir terpisah, dengan sistem POS Tantri yang sudah terintegrasi dengan fitur Manajemen Cabang, Anda bisa mengelola seluruh cabang secara real-time dan mudah. Jadi, semua bisnis Anda bisa terpantau di sistem POS kasir ini.

6. Manajemen Inventory

Spesial! Sistem POS kasir Tantri sudah ada fitur Inventory-nya. Memungkinkan Anda punya data Stock Opname dan Inventory Barang.

Update Terbaru Sistem POS Kasir Tantri

fitur baru sistem POS kasir
New Update Fitur Tantri/IG:
foodbazaartantri

Sistem atau aplikasi kasir Tantri semakin canggih dengan pembaruan fitur yang bisa memudahkan pekerjaan Kasir Restoran, Waiter, dan Tim Kitchen untuk kelola orderan, lho!

Update fitur tersebut ada di Fitur Kasir (Cashier) yang semakin maju dengan:

  1. Reservasi Pilih Meja Langsung
  2. Tipe Pengantaran Dynamic Setting
  3. Perbarui & Hapus Dompet
  4. Edit Nomor Meja
  5. Custom Kategori Printer
  6. Print Label untuk Produk
  7. Floor & Table Management
  8. Reservasi Bisa Pilih Meja

Penawaran – Sistem POS Kasir dari Tantri

Setelah memahami antara mesin kasir dan sistem POS kasir, mana sih yang bisnismu butuhkan?

Apakah cukup dengan mesin kasir untuk mengelola transaksi?

Atau tertarik dengan sistem POS kasir yang memberikan lebih banyak fungsi secara digital?

kumpulan fitur sistem POS kasir
Kumpulan Fitur Sistem POS Kasir Tantri

Di aplikasi kasir Tantri, kamu tidak hanya mendapatkan fitur POS kasir. Akan ada 17 fitur unggulan untuk bantu tingkatkan operasional bisnis restoran atau cafemu.

Semua fitur di atas bisa diaktivasi dengan mudah dan cepat, langsung saja ikuti demo gratis di sini, atau hubungi tim Tantri!

Pertanyaan Seputar Sistem POS Kasir

Di bawah ini tersedia beberapa pertanyaan yang mungkin bisa menjawab rasa penasaran kamu terkait sistem POS untuk restoran.

1. Apa Itu Sistem POS Kasir?

Sistem Point of Sales (POS) adalah sebuah sistem komputer yang digunakan sebagai tempat atau titik bagi penjual dan pembeli melakukan transaksi. Kini, sistem POS kasir tidak hanya digunakan untuk transaksi, namun juga pengelolaan stok produk hingga laporan keuangan bisnis.

2. Bagaimana Cara Kerja Sistem POS Kasir?

Berikut 5 cara kerja sistem POS kasir, diantaranya:

  • Memproses transaksi secara otomatis
  • Menyajikan arus kas bisnis
  • Menunjukkan sistem penjual yang mendetail
  • Melakukan pelacakan terhadap berbagai jenis penjualan
  • Menyajikan laporan penjualan harian secara rinci.

3. Apa Saja Keunggulan Sistem Kasir dengan Sistem POS?

Berikut keunggulan sistem kasir POS dibandingkan mesin kasir konvensional:

  • Meningkatkan efisiensi kinerja bisnis
  • Meminimalisir terjadinya human error
  • Fleksibilitas dalam metode pembayaran
  • Tersedia fitur-fitur canggih
  • Dapat terintegrasi secara otomatis

Penutup

Nah, jika kamu tengah mempertimbangkan penggunaan sistem POS kasir terbaik untuk bisnismu, kami rekomendasikan Aplikasi Order Management Tantri.

Yuk, klik banner di bawah ini dan intip beragam fitur dan layanan unggulan Tantri yang akan membantu operasional bisnismu dengan lebih cepat dan efisien.

solusi