Aplikasi POS (Point of Sales) atau yang lebih dikenal dengan sistem kasir kini telah banyak ditemui di berbagai industri bisnis, termasuk F&B (Food & Beverage), retail, toko online, hingga jasa.

Di bisnis F&B, aplikasi POS sering digunakan di restoran, cafe, kedai makanan, warung, hingga coffee shop. Adanya POS software/app, dapat membuat operasional bisnis lebih efisien dan efektif.

Hal di atas didukung oleh POS software atau aplikasi POS terbaik yang menawarkan fungsi terpadu, dari pencatatan transaksi hingga pelacakan stok produk.

Nah melalui artikel ini, kami akan mengajak kamu membahas secara lengkap mengenai aplikasi point of sales, termasuk tips memilih, serta rekomendasi aplikasi POS terbaik yang bisa bisnismu gunakan. Check it out!

Apa Itu Aplikasi POS?

Aplikasi POS (Point Of Sales) adalah sebuah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk membantu pebisnis dalam mengelola transaksi penjualan yang juga dikenal dengan aplikasi kasir online. 

Software POS tidak hanya mencatat penjualan, tetapi juga memantau stok barang, mengelola data pelanggan, dan menyajikan berbagai laporan yang berguna bagi pemilik bisnis, loh!

Bahkan, terdapat banyak aplikasi POS terbaik yang menyediakan fitur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis (custom). Dengan kata lain, Aplikasi POS adalah kunci sukses dalam membawa bisnismu ke tingkat berikutnya.

Baca juga: Apa Itu Point of Sales? Simak Cara Kerja & 5 Tips Memilihnya

Setelah paham mengenai definisi aplikasi POS, selanjutnya kita akan membahas mengenai apa saja manfaat aplikasi POS terbaik untuk bisnis.

Manfaat Aplikasi POS Terbaik untuk Bisnismu

Mengapa sebagai pebisnis, perlu mempertimbangkan penggunaan aplikasi POS restoran?

Singkatnya, aplikasi point of sales dapat membantu para pebisnis dalam proses penjualan suatu produk. Hal tersebut mencakup dalam meningkatkan efisiensi penjualan, meningkatkan kualitas pelayanan, mengetahui ketersediaan barang, sampai memiliki metode pembayaran yang lebih beragam.

Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai manfaat aplikasi point of sales terbaik yang dapat kamu peroleh:

manfaat aplikasi POS terbaik untuk bisnis
Manfaat Aplikasi POS untuk Bisnismu

Proses Transaksi yang Lebih Mudah

Kini, adanya POS kamu tidak perlu lagi repot menanyakan pesanan pengunjung. Cukup dengan aplikasi POS terbaik, pengunjung dapat memilih, membatalkan, ataupun membayar pesanan dari gadget mereka.

Bahkan ada sitem pencatatan transaksi untuk setiap pembelian yang masuk, sehingga dapat mempermudah laporan bisnis dari waktu ke waktu.

Pemantauan Penjualan Real-time

Dengan point of sale software, kamu dapat melacak penjualan secara langsung dan real-time. Hal ini akan membantu memahami tren penjualan, produk terlaris, dan kinerja tokomu.

Manajemen Inventaris yang Efisien

Poin selanjutnya, aplikasi POS terbaik restoran juga bisa membantu mengelola stok barang dengan lebih efisien. Kamu akan selalu tahu kapan saatnya untuk melakukan restock atau memperbarui inventaris.

Pelayanan Pelanggan yang Lebih Baik

Tidak hanya dari membantu dari segi transaksi ataupun inventory, dengan akses cepat ke data pelanggan dan riwayat pembelian melalui pos software, pebisnis juga dapat memberikan pelayanan yang lebih personal dan memuaskan, lho.

Laporan Keuangan & Laporan Penjualan

Terakhir, aplikasi POS terbaik dapat menyajikan laporan keuangan secara otomatis dan akurat. Hal ini tentu saja akan memudahkan kamu dalam menganalisis flow keuangan bisnismu secara berkala.

Tak hanya laporan keuangan, aplikasi point of sales yang baik juga dilengkapi dengan laporan penjualan yang tracking-nya sangat rapi dan detail. Bahkan kamu bisa melihat laporan harian pada sistem.

Baca juga: Aplikasi Kasir Gratis dengan QR Menu: Tingkatkan Efisiensi Bisnis Kuliner Anda!

Setelah mengulik pengertian aplikasi point of sales dan manfaatnya, selanjutnya akan dibahas mengenai tips memilih aplikasi POS untuk restoranmu.

Tips Memilih Aplikasi POS Terbaik di Indonesia

Sebelum memutuskan aplikasi point of sales Indonesia mana yang cocok untuk bisnismu, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan secara matang. Berikut adalah 7 tips yang dapat membantu kamu membuat keputusan yang tepat:

tips memilih aplikasi pos terbaik
Tips Memilih Aplikasi POS yang Tepat

Ketahui Kebutuhan Bisnismu

Tips pertama, tentukan terlebih dahulu apa kebutuhan bisnismu sebelum memilih aplikasi POS yang akan dipakai. Begitu mengetahui kebutuhan bisnis, maka kamu bisa menyesuaikan fitur-fitur yang ditawarkan pada aplikasi point of sales tersebut.

Pertimbangkan Kemudahan Penggunaan

Selanjutnya, pilihlah aplikasi POS restoran yang mudah digunakan atau user-friendly. Hal ini dikarenakan kamu bisa meminimalisir waktu untuk melatih tim bisnismu dalam pengoperasian aplikasi tersebut.

Integrasi dengan Sistem Lain

Tips keempat, pastikan juga POS software dapat terintegrasi dengan sistem lain yang Kamu gunakan, seperti sistem akuntansi atau sistem food delivery order.

Keamanan Data yang Terjamin

Keamanan data sangatlah penting. Maka, pilihlah software point of sale terbaik yang menawarkan tingkat keamanan yang tinggi untuk melindungi informasi pelanggan maupun data bisnismu.

Dapat Terhubung dengan Cloud

Nah dengan POS yang berbasis Cloud, kamu bisa mengakses data ataupun informasi bisnismu kapanpun dan dimanapun. Jadi, kamu bisa mengontrol dan mengawasi operasional bisnismu dari jauh.

Tersedia Customer Service

Tips satu ini bisa jadi pertimbanganmu ketika akan memilih aplikasi POS. 

Sebab, ketika menggunakan sistem POS bisa saja terjadi error atau gangguan. Untuk itu, kamu perlu memilih aplikasi POS yang didukung customer service yang tanggap dan responsif dalam menangani permasalahan yang terjadi.

Tersedia Metode Multi Payment

Kini berkembangnya teknologi turut mempengaruhi cara orang melakukan transaksi secara digital karena dinilai lebih cepat dan praktis. Untuk meningkatkan kenyamanan pembeli, maka kamu perlu memilih aplikasi POS restoran yang menyediakan semua metode pembayaran. 

Baca juga: QR Code Makanan: Jenis, Cara Membuat & 3 Contohnya [Lengkap]

9+ Rekomendasi Aplikasi POS (Point of Sales) Terbaik di Indonesia

Pada pembahasan sebelumnya kita telah mengetahui berbagai tips untuk memilih aplikasi POS restoran.

Nah, di bawah ini terdapat beberapa rekomendasi aplikasi point of sales di Indonesia yang bisa kamu pertimbangkan penggunaanya, dan di antaranya sebagai berikut:

1. Tantri

Tantri adalah salah satu contoh aplikasi POS lokal karya anak nusantara yang wajib kamu coba. Tantri menyediakan fitur terpadu untuk memudahkan efektivitas opersional bisnis restoran atau cafe Anda.

Walaupun termasuk aplikasi POS atau point of sales yang masih terbilang baru, namun Tantri tidak main-main dalam development-nya. Dari sisi kualitas, kelengkapan fitur, keamanan, dan benefit lainnya, membuat Tantri sudah dipercaya oleh kurang lebih 800 merchant hingga saat ini.

Aplikasi POS Terbaik milik Tantri menawarkan fitur dan keunggulan:

Order Management

  • Manajemen Pesanan
  • Digital Payment
  • Manajemen Reservasi
  • Open Bill & Split Bill
  • Kitchen Display
  • Electronic Receipt

Point of Sale

  • POS Digital
  • Laporan Keuangan
  • Laporan Penjualan
  • Menu Orderan
  • Data Pelanggan
  • Reservasi

Back Office:

  • Manajemen Karyawan & Shifting
  • Manajemen Banyak Cabang
  • Management Akun
  • Inventory
  • Floor & Table Management

Kamu bisa mencoba demo aplikasi Tantri secara gratis, dan berikut ini tutorialnya:

Tutorial/Demo Gratis Aplikasi POS Tantri

2. Moka POS

Moka POS merupakan salah satu perangkat kasir yang menawarkan kenyamanan dan kemudahan operasional bisnis secara offline, dengan berbagai fitur-fitur yang mereka tawarkan.

3. Pawoon POS

Pawoon POS adalah aplikasi kasir berbasis online yang dapat diakses menggunakan ponsel ataupun tablet. Para pebisnis dapat menggunakan POS System ini untuk mengelola transaksi bisnis dengan mudah dari mana saja dan kapan saja.

4. Kasir Pintar

Rekomendasi berikutnya adalah Kasir Pintar. Kasir pintar menjadi aplikasi kasir yang cocok untuk semua jenis bisnis. Selain itu, aplikasi POS ini juga menyediakan fitur seperti kasir digital, inventori, hingga laporan lengkap.

5. Qasir

Qasir merupakan sebuah aplikasi point of sale (POS) yang mendukung sistem kasir digital, fitur kelola produk dan inventori, laporan penjualan, pembayaran digital. Aplikasi satu ini dapat membantu dalam pengelolaan bisnis yang kamu jalankan.

6. Olsera

Olsera POS bisa jadi salah satu solusi bisnismu yang ingin mengadopsi aplikasi kasir. Olsera dapat membantu bisnismu upgrade melalui fitur software kasir point of sale ritel, cafe, restoran, & minimarket yang ditawarkan.

7. Maspoint

Aplikasi Maspoint by MASERP adalah aplikasi kasir POS yang bisa membantu pebisnis untuk meningkatkan efisiensi kinerja bisnis. Didukung beragam fitur seperti scan barcode, katalog produk, hingga POS, Maspoint bisa jadi aplikasi kasir yang kamu manfaatkan.

8. iReap POS

Di era serba digital seperti sekarang, kamu dapat mengelola bisnis dengan mudah. Aplikasi iReap POS menyediakan beragam fitur lengkap yang bisa diakses secara offline.

9. Jubelio POS

Jubelio POS merupakan aplikasi dengan software POS yang cocok untuk bisnis ritel. Mereka juga mempunyai fitur yang mana para pelanggan bisa memesan barang secara online dan bisa mengambilnya sendiri (self pickup).

10. Mekari Jurnal

Terakhir, Mekari Jurnal bisa jadi opsi aplikasi kasir untuk bisnismu. Dengan software yang telah terintegrasi dengan POS, kamu bisa merasakan berbagai manfaat mulai dari pengelolaan stok, manajemen loyalitas, hingga pembayaran yang mudah.

Pertanyaan Seputar Aplikasi POS

Di bawah ini tersedia beberapa pertanyaan yang mungkin bisa menjawab rasa penasaranmu terkait point of sale software untuk operasional restoran atau cafe.

1. Apa itu Aplikasi Point of Sales (POS)?

POS atau Aplikasi POS Kasir adalah sebuah software yang digunakan untuk mendukung transaksi di berbagai toko retail, cafe, ataupun restoran. 

Aplikasi POS dapat membantu proses penjualan di toko menjadi lebih cepat dan akurat, sehingga dapat mengurangi kesalahan dalam proses penjualan.

2. Apa saja manfaat dari sistem Point of Sales?

Beberapa manfaat POS adalah meningkatkan pelayanan pelanggan, menghasilkan laporan-laporan online, mendapatkan analisa bisnis, manajemen inventaris, serta memudahkan transaksi suatu bisnis.

3. Apakah aplikasi POS berbayar?

Aplikasi Point of Sales di Indonesia bisa gratis atau berbayar. Aplikasi POS gratis cocok untuk usaha kecil, UMKM, dan usaha yang baru memulai. 

Jika kamu mencari aplikasi pos terbaik, maka Tantri adalah aplikasi yang tepat untuk bisnismu. Sebab, Tantri menyediakan beragam fitur secara Free / Gratis (Tanpa Biaya Langganan) yang siap mengoptimalkan proses transaksi dan mempermudah suatu bisnis.

4. Apakah aplikasi Point of Sales Tantri bisa diakses melalui website?

Aplikasi POS Tantri memiliki 2 versi penggunaan. Pertama, aplikasi berbasis web yang bisa diakses via HP, tablet, maupun PC. Kedua, aplikasi mobile yang bisa diakses dengan Android.

Penutup

Itulah pembahasan mengenai aplikasi point of sales dari pengertian, manfaat, tips, hingga rekomendasinya. Kini para pebisnis dapat bernapas lega dengan hadirnya aplikasi POS terbaik yang bermanfaat bagi kemudahan operasional transaksi suatu bisnis. 

Hampir semua aplikasi point of sales menawarkan kemudahan bagi bisnis. Namun jika kamu masih kebingungan memilih mana yang tepat untuk bisnismu, Mba Tri rekomendasikan Aplikasi Kasir Gratis Tantri untuk mengembangkan bisnis kulinermu. 

Klik banner di bawah ini dan nikmati beragam fitur unggulan Tantri sebagai aplikasi POS yang menyediakan solusi teknologi untuk kemudahan operasional bisnis F&B-mu!

solusi