Tahu gak sih! Bisnis kuliner membutuhkan teknologi tepat untuk meningkatkan operasional dan memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggannya? Nah, aplikasi kasir restoran menjadi pondasi utama dalam mencapai tujuan ini, terlebih aplikasi kasir secara online akan membantu Manajemen melihat kondisi lapangan secara Real-time.

Seiring kemajuan teknologi dan tuntutan bisnis, Tantri hadir sebagai sistem POS untuk restoran terbaik yang mampu memberikan fitur lengkap dalam membantu manajemen operasional restoran. 

Dalam artikel ini, kita akan bahas mengapa aplikasi POS restoran menjadi salah satu faktor penting dalam efisiensi manajemen operasional, lalu apa saja fitur dan spesifikasi aplikasi kasir online terbaik.

Masalah yang Sering Terjadi pada Aplikasi POS Restoran Lainnya

Berikut ini masalah umum yang biasanya terjadi pada aplikasi POS cafe lain:

1. Sistem Lemot

Aplikasi kasir restoran biasanya lemot karena beberapa faktor utama, termasuk spesifikasi hardware yang tidak memadai, seperti prosesor yang lambat atau RAM yang kecil, atau koneksi internet yang tidak stabil.

Masalah ini diperparah oleh beban data yang tinggi, misalnya ketika ada banyak transaksi yang harus diproses secara bersamaan, serta kurangnya pemeliharaan sistem.

2. Data Tidak Sinkron

Masalah sinkronisasi data pada aplikasi POS juga cukup umum terjadi. Biasanya disebabkan konfigurasi yang salah atau kurang optimalnya sistem POS.

Asinkronisasi juga bisa terjadi pada aplikasi kasir restoran yang tidak terintegrasi dengan banyak fitur, biasanya terjadi karena aplikasi POS tersebut tidak memiliki kemampuan untuk mengelola dan memperbarui data secara real-time.

Hal ini sering terjadi saat ada perubahan data penting, seperti update stok barang, perubahan harga, atau pencatatan transaksi yang perlu segera disinkronkan antara sistem pusat dan perangkat kasir. Tidak semua aplikasi kasir online mampu sinkronisasi data dengan baik, karena sistem coding aplikasi yang tidak rapi & terupdate.

3. Tidak Ada QR Menu Digital

QR menu digital sudah banyak dibutuhkan oleh customer cafe/restoran, sayangnya belum semua aplikasi POS kasir restoran terintegrasi dengan fitur seperti ini.

Pengembangan aplikasi POS restoran yang tidak menyeluruh membuat developer lebih fokus pada fungsi dasarnya daripada inovasi digital. Selain itu, beberapa aplikasi POS mungkin menganggap QR Menu Digital sebagai fitur tambahan yang hanya tersedia dalam paket premium.

4. Fitur Dibatasi

Pembatasan fitur pada aplikasi POS dapat menghambat perkembangan bisnis dan efisiensi operasional restoran atau kafe.

Masalah “Fitur yang Dibatasi” pada aplikasi POS restoran biasanya terjadi karena penyedia aplikasi menerapkan model bisnis berbasis langganan berjenjang, di mana fitur-fitur canggih atau tambahan hanya tersedia pada paket yang lebih mahal.

Hal ini berarti restoran yang memilih paket dasar atau menengah tidak mendapatkan akses penuh ke semua fungsi yang mungkin mereka butuhkan, seperti manajemen inventaris lanjutan, laporan keuangan mendetail, atau integrasi dengan platform lain.

5. Harus Subscribe Paling Mahal

Aplikasi POS yang memisahkan beberapa fitur antara gratis dan berbayar, menuntut subscription atau biaya langganan paling mahal. Biasanya, beda kelengkapan fitur, beda lagi biayanya.

Ketika Anda menginginkan paket fitur paling lengkap, di sanalah Anda harus mengeluarkan dana lebih tinggi.

6. Banyak Biaya Tambahan

Mengapa biaya subscribe bisa lebih mahal? Sebab akan banyak biaya tambahan, mulai dari biaya tambah cabang, tambah printer, inventory, backoffice, dan lain-lain.

Bagi beberapa bisnis, tentu ini bisa menjadi beban finansial terutama bagi usaha kecil atau yang baru memulai.

Baca Juga: Apa Itu Point of Sales? Simak Cara Kerja & 5 Tips Memilihnya

Cara Memilih Aplikasi POS Kasir yang Sesuai untuk Bisnis Kuliner

Memilih aplikasi kasir Online yang tepat & terbaik untuk restoran perlu dipertimbangkan matang-matang. Perhatikan beberapa faktor utama seperti skala bisnis kuliner dan kebutuhan operasional usaha Anda. 

Pastikan aplikasi POS memberikan berbagai fitur yang Anda butuhkan. Mulai dari fitur manajemen pesanan, manajemen inventory, laporan keuangan, dan lainnya.

Berikut ini tips praktikal cara mempertimbangkan pemilih aplikasi POS cafe atau restoran sebelum Anda gunakan:

Pertimbangan Sebelum Ganti Aplikasi Kasir Resto/Cafe – Part 1

Pertimbangan Sebelum Ganti Aplikasi POS Kasir Resto/Cafe – Part 2

Selain itu, pilih aplikasi kasir online yang mudah diintegrasikan dengan perangkat yang biasa digunakan di restoran Anda.

Keunggulan Aplikasi Kasir Restoran Tantri

karakteristik dan value aplikasi kasir kasir restoran
Karakteristik & Value Aplikasi Kasir Restoran

Jika kamu ingin melihat kelebihan yang dimiliki suatu aplikasi POS restoran, kamu bisa melakukannya cukup mudah dengan memahami karakteristiknya, seperti yang ada pada Tantri berikut ini.

1. Inovasi dalam Pengelolaan Usaha

Aplikasi POS cafe harus mampu mengelola pesanan dengan efisien di segala situasi, termasuk di jam-jam sibuk.

Aplikasi POS ini memfasilitasi order management dengan memastikan bahwa setiap pesanan dicatat dengan benar, sehingga barista dapat dengan cepat menyiapkan minuman sesuai keinginan pelanggan.

2. Percepatan Sistem Transaksi

Dalam dunia cafe yang serba cepat, order management menjadi kunci untuk memastikan pelanggan mendapatkan pesanan mereka tepat waktu.

Aplikasi kasir cafe berbasis Android maupun website seperti Tantri tidak hanya mempercepat proses pembayaran, tetapi juga membantu dalam manajemen pesanan untuk meminimalkan potensi kesalahan.

3. Mengelola Keuangan dengan Mudah

Aplikasi kasir cafe Android tidak hanya terbatas pada transaksi pembayaran, tetapi juga mencakup order management.

Melalui fitur ini, pemilik bisnis dapat melacak pesanan dari pemesanan hingga pengantaran, memastikan bahwa tidak ada keterlambatan atau kesalahan dalam proses pengiriman pesanan.

Baca Juga: Sistem POS Kasir vs Mesin Kasir, Mana yang Bisnismu Butuhkan?

Fitur Utama Aplikasi POS Restoran Tantri

contoh fitur aplikasi POS restoran
Ilustrasi Orang Melihat Fitur Aplikasi Restoran

Aplikasi kasir cafe Android maupun website secara umum juga dapat terbagi ke dalam beberapa jenis atau fitur yang berbeda. Lebih spesifik lagi, ada yang disebut dengan POS (Point of Sale), menu online atau digital, inventory, hingga back office.

A. Order Management

fitur aplikasi kasir - order management 1

Manajemen pemesanan, hadir sebagai sistem yang dapat mempermudah pelanggan dalam melakukan pemesanan dari meja melalui scan QR code.

Dari sisi internal dan operasional, fitur dapat mengurangi beban kerja kasir, mengurangi antrian yang panjang, dan proses yang lebih terorganisir. Sistem seperti ini biasanya sudah terintegrasi dengan fitur:

  • Pembayaran Digital
  • Manajemen Reservasi
  • Open Bill/Close Bill
  • Save Bill/Split Bill
  • Electronic Receipt

B. POS

fitur aplikasi kasir - point of sale 2

Segala hal yang berurusan dengan pengelolaan pemasukan, atau berbagai data transaksi lainnya, masuk ke dalam salah satu keunggulan POS untuk restoran. Berikut fitur umum yang ada di dalamnya.

  • POS Digital
  • Menu Orderan
  • Laporan Keuangan
  • Data Pelanggan
  • Laporan Penjualan

C. Backoffice

fitur aplikasi kasir - backoffice

Selain jenis sistem di atas, aplikasi POS restoran juga bisa terintegrasi dengan sistem backoffice, seperti di Tantri.

Melalui teknologi ini, kamu bisa mengelola cost menu, shift karyawan, dan memantau semua kegiatan operasional bisnis F&B (Food & Beverage) kamu.

Untuk mendukung aktivitas di atas, fitur yang dikembangkan biasanya meliputi:

  • Menu dashboard
  • Manajemen Karyawan
  • Manajemen Multi-outlet

D. Inventory

fitur aplikasi kasir - inventory

Lebih canggih lagi, aplikasi POS cafe & resto bisa terintegrasi dengan yang namanya inventory. Biasanya digunakan untuk mengelola stok produk secara akurat, menghindari kekurangan atau kelebihan stok, serta memaksimalkan efisiensi operasional.

Adapun daftar fiturnya meliputi:

  • Daftar Stok
  • Pembelian Stok
  • Stok Opname
  • Daftar Pemasok

Untuk gambaran dan update fitur terbaru dapat dilihat di sini:

Baca Juga: Terbaik! 9+ Aplikasi POS (Point of Sales) bagi Bisnis Tahun 2023

Spesifikasi Aplikasi Kasir Restoran Tantri

Jika ingin mengenal lebih jauh mengenai aplikasi kasir Online Tantri, kamu juga bisa mempertajam wawasan dengan mengetahui spesifikasi aplikasi POS ini.

Aplikasi Kasir Tantri: QR Menu & POS

Tantri - aplikasi kasir restoran
Tantri – Aplikasi Kasir Restoran

Tantri POS (Point of Sale) merupakan aplikasi POS restoran gratis yang memudahkan pebisnis kuliner dalam mengelola pesanan, inventory dan pembayaran. 

POS untuk restoran dari Tantri memiliki banyak fitur yang dirancang sedemikian rupa, dengan kelengkapan yang disesuaikan dengan kebutuhan, khususnya inventory, kitchen display, dan fitur QR menu order yang dapat digunakan oleh pelanggan untuk pesan dan bayar langsung di meja.

Selain memfasilitasi fitur secara gratis, aplikasi kasir restoran dari Tantri sangat fleksibel untuk cashflow bisnis kuliner Anda. Aplikasi POS kasir ini juga mendukung berbagai metode pembayaran yang dapat meningkatkan pelayanan pelanggan.

Fitur Utama: Order Management:
1. Manajemen Pesanan
2. Integrasi Payment Digital
3. Manajemen Reservasi
4. Open Bill/Close Bill
5. Save Bill/Split Bill
6. Electronic Receipt

Pointe of Sale (POS):
1. POS Digital
2. Laporan Keuangan
3. Laporan Penjualan
4. Menu Orderan
5. Data Pelanggan
6. Reservasi

Backoffice:
1. Dashboard
2. Manajemen Multi-outlet
3. Manajemen Karyawan
4. Table Management
5. Inventory (Daftar Stok, Stok Opname, Pembelian Stok, Daftar Pemasok)
Harga: Bebas biaya langganan, mulai dari Rp1000
Integrasi Sistem:Terintegrasi dengan lebih dari 17+ fitur untuk bantu operasional bisnis
Ukuran Bisnis yang Disarankan: Menawarkan solusi untuk semua skala bisnis F&B

Baca Juga: Aplikasi Pesan Makanan Online: 15 Contoh, Manfaat & Tutorial

Keunggulan Aplikasi Kasir Tantri dibanding Aplikasi Lainnya

Berikut ini tabel mengenai keunggulan jika menggunakan aplikasi kasir Online Tantri yang belum tentu ditemukan pada aplikasi POS kasir lainnya.

keunggulan aplikasi kasir tantri vs aplikasi lainnya

Manfaat Menggunakan Aplikasi Kasir Restoran dari Tantri

Menggunakan aplikasi kasir restoran dari Tantri bukan hanya tentang kemudahan dalam proses transaksi. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari POS untuk restoran satu ini:

1. Permudah Orderan dengan QR Menu Order di Meja

Aplikasi POS ini dilengkapi dengan fitur QR Menu Order yang memungkinkan pelanggan memesan makanan dan bayar langsung dari meja. Fitur ini tidak hanya meningkatkan efisiensi pelayanan tetapi juga memberikan pengalaman yang interaktif dan modern bagi pelanggan.

2. Tingkatkan Pelayanan dan Penjualan Anda

Dengan fitur lengkap seperti manajemen stok otomatis dan integrasi pembayaran digital, Tantri membantu restoran meningkatkan layanan dan memaksimalkan penjualan.

Aplikasi kasir Tantri dapat membantu pelayanan restoran Anda mulai dari dine-in, take away, hingga reservasi.

3. Akses Data Restoran secara Real-Time

Aplikasi kasir restoran by Tantri bisa membantu pebisnis kuliner mengambil keputusan cepat dan tepat karena data penjualan hingga inventory bisa dipantau secara real-time. Dengan begitu, pebisnis kuliner bisa dengan mudah menentukan strategi untuk memaksimalkan penjualan.

4. Mendukung perangkat PC, Laptop, Tablet, dan Handphone

Aplikasi POS kasir Tantri dapat diakses dari PC, laptop, tablet, atau bahkan handphone. Dengan didukung berbagai perangkat, pebisnis kuliner tidak perlu khawatir lagi karena bisa pantau data penjualan hingga inventory dari mana saja dan kapan saja.

Baca Juga: Aplikasi Kasir Gratis Selamanya vs. Berbayar: Mana Terbaik?

Pertanyaan Umum tentang Aplikasi kasir restororanan Tantri

1. Apa Bedanya Aplikasi Kasir Restoran Tantri dan Aplikasi Kasir Lainnya?

Sistem POS untuk restoran milik Tantri App punya beberapa keunggulan dibandingkan aplikasi kasir online lainnya.

  • Aplikasi POS Tantri tidak perlu bayar di awal dan semua fiturnya bisa dinikmati tanpa biaya langganan
  • Tersedianya fitur QR Menu yang dapat membantu customer order dan bayar dari meja. Fitur QR Menu ini merupakan menu digital yang berisi foto menu, deskripsi menu, harga, kalori (opsional), dan keranjang pesanan sehingga restoran tidak perlu cetak menu fisik dan update harga secara manual.
  • Pebisnis kuliner juga bisa memantau penjualan dan stok secara real-time karena aplikasi kasir online Tantri bisa diakses dari mana pun dan kapan pun.

2. Apakah Aplikasi Kasir Restoran Tantri Mendukung Pembayaran Digital?

Ya, aplikasi POS restoran Tantri mendukung pembayaran digital. Dengan pertumbuhan tren pembayaran digital, Tantri memastikan bahwa pelanggan restoran Anda dapat melakukan pembayaran dengan mudah melalui berbagai metode digital.

Fitur ini tidak hanya memberikan kenyamanan kepada pelanggan, tetapi juga membantu restoran untuk meningkatkan efisiensi transaksi keuangan.

3. Apakah Aplikasi Kasir Restoran Tantri mendukung fitur manajemen inventory?

Tentu, Aplikasi POS Restoran Tantri memiliki dukungan fitur manajemen inventory. Fitur ini membantu pebisnis kuliner bisa kelola stok dengan efisien, menghindari kehilangan atau kelebihan persediaan.

Dengan aplikasi POS Tantri, pebisnis kuliner dapat memonitor dan mengelola stok bahan baku dengan mudah. Fitur ini juga bisa membantu menjaga ketersediaan bahan makanan yang diperlukan dan mengoptimalkan pengelolaan persediaan untuk meningkatkan efisiensi operasional.

Penutup

Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat di dunia bisnis kuliner, memiliki aplikasi kasir restoran yang serba bisa dan serba ada, menjadi kunci utama pembuka peluang kesuksesan.

Tantri dengan fitur lengkap dan kemudahan penggunaannya, menjadi pilihan yang tepat untuk membantu bisnis kuliner Anda berkembang.

Nikmati 16 fitur premium aplikasi POS restoran Tantri tanpa biaya bulanan dengan melakukan demo gratis! Atau diskusikan terlebih dulu dengan tim kami!

solusi