Lagi rencanain buka cafe baru dan mencari konsep yang menarik tetapi minim budget? Konsep cafe sederhana tapi menarik masih bisa Anda dapatkan kok!

Dengan beberapa ide kreatif, Anda bisa menciptakan konsep cafe yang sederhana tapi tetap ciamik dan mampu menarik perhatian banyak pelanggan. Apalagi salah satu tren cafe outdoor semakin digemari cafe hunter karena memberikan suasana santai dan nyaman. 

Bayangkan sebuah cafe dengan nuansa alam, di mana pelanggan bisa menikmati kopi di bawah rindangnya pepohonan atau di teras yang nyaman. Alih-alih keluar budget yang besar, Anda bisa menciptakan cafe outdoor yang memikat hati dengan penataan furnitur dan tata letak yang pas.

Berikut ini ada banyak inspirasi konsep dan cara menerapkan idenya. Simak semua tips-nya!

A. Rekomendasi Konsep Cafe Terbaik untuk Usaha Baru

Bagi Anda yang baru akan memulai bisnis cafe/resto, kebingungan mengenai pemilihan konsep tempat menjadi hal yang wajar.

Berikut ini kami beri rekomendasi konsep sesuai tren terkini, paling menarik di mata pelanggan, dan dengan alternatif biaya lebih murah.

1. Konsep Cafe Outdoor Murah

Menciptakan konsep cafe outdoor murah bukan berarti konsep yang digunakan seadanya. Ini hanyalah taktik kreatif dalam mencari alternatif lain sesuai dengan efektivitas pengeluaran yang Anda harapkan.

Salah satu ide dalam membangun konsep cafe sederhana tapi menarik, bisa disiasati dengan penggunaan furnitur dari bahan daur ulang atau kayu palet yang mudah ditemukan. 

Konsep Cafe Outdoor Murah-2

Selain itu, menambahkan tanaman hias dan lampu-lampu gantung sederhana bisa menjadi opsi untuk memberikan suasana hangat pada outdoor cafe.

Konsep Cafe Outdoor Murah-2

Contoh desain yang bisa diterapkan misal menggunakan payung besar atau kanopi sederhana agar pelanggan tetap bisa menikmati suasana outdoor cafe tanpa harus kepanasan atau kehujanan.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Jual Peralatan Cafe & Harganya di Bandung

2. Konsep Cafe Mini Depan Rumah

Konsep Cafe Mini Depan Rumah-1

Memanfaatkan lahan terbatas di depan rumah juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk membuat konsep cafe sederhana tapi menarik, dan dengan budget terjangkau. 

Konsep Cafe Mini Depan Rumah-2

Konsep cafe mini ini dapat dilengkapi dengan meja-meja kecil dan kursi lipat yang mudah diatur ulang posisinya.

Desainnya sendiri bisa mengadopsi tema vintage dengan hiasan-hiasan retro, atau tema modern minimalis didominasi warna netral dan dipercantik dengan tanaman hias.

3. Konsep Cafe Luar Ruangan (Outdoor)

Jika Anda ingin menggunakan konsep cafe outdoor yang lebih luas, gunakan area taman atau halaman belakang.

Konsep Cafe Luar Ruangan (Outdoor)-1

Untuk dekorasinya, pilihlah furnitur yang tahan cuaca dan tambahkan elemen dekoratif seperti lampu string, payung besar, dan area duduk yang nyaman. 

Desain ini bisa dibuat lebih menarik dengan menambahkan zona bermain khusus anak-anak atau sudut baca yang tenang.

Konsep Cafe Luar Ruangan (Outdoor)-2

4. Konsep Cafe Instagramable

Untuk menarik pelanggan muda yang gemar berfoto, buatlah konsep cafe yang instagramable, yang fokus pada elemen desain modern, unik, dan estetik, misalnya bisa dengan menambahkan ornamen mural, tanaman hijau, dan dekorasi tematik. 

Konsep Cafe Instagramable-1

Cafe instagramable tak harus mahal kok! Konsep cafe sederhana tapi menarik juga sudah bisa menjadi strategi untuk menggaet para pelanggan yang Anda target.

Konsep Cafe Instagramable-2

Kuncinya, setiap sudut cafe Anda bisa disulap menjadi background foto yang estetik dan menarik, sehingga pelanggan senang membagikan foto mereka di media sosial, yang secara tidak langsung bisa mempromosikan cafe Anda.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Cafe & Resto Instagramable di Bandung

5. Konsep Cafe Minimalis

Konsep cafe minimalis juga bisa menjadi pilihan bagi Anda yang baru saja akan memulai usaha cafe dengan press budget (penekanan biaya). Gunakan furnitur dengan desain clean line dan warna-warna netral, seperti putih, abu-abu, cokelat, dan hitam. 

Konsep Cafe Minimali1

Nuansa minimalis biasanya ditonjolkan melalui penggunaan warna dasar cat seperti putih, beige, atau warna netral lainnya. Ditambah dengan sentuhan aksen alami atau metalik yang menjadi kunci.

Konsep Cafe Minimalis-2

Konsep minimalis ini bisa menjadi opsi jika Anda menginginkan konsep cafe sederhana tapi menarik. Solusinya adalah di pemilihan bahan untuk dekorasi, di mana Anda dapat mencari material yang sesuai dengan budget. Terlebih lagi kini konsep minimalis tertentu tidak memerlukan perawatan yang ekstra.

Baca Juga: Ajaib! 17+ Kata-Kata Promosi Cafe di Instagram & Contohnya

B. Tips Sebelum Membuka Cafe Outdoor, Sederhana, Instagramable & Minimalis

Implementasi memang tidak semudah proses perencanaan. Apalagi menerapkan gambaran konsep cafe menjadi nyata memang butuh pertimbangan, panduan, dan keberanian.

Namun berikut ini tim Tantri mencoba memberikan panduan agar Anda dapat merealisasikan semua perencanaan dengan langkah yang benar, khususnya dalam mewujudkan konsep cafe sederhana tapi menarik. Berikut ini langkah demi langkah mewujudkan dekorasi atau konsep kafe idaman:

1. Menentukan Desain/Gambaran

  • Pilih tema cafe yang sesuai dengan target pasar Anda, apakah itu modern minimalis, vintage, atau industrial
  • Pastikan desainnya mencerminkan identitas dan konsep cafe yang ingin Anda bangun

2. Perhatikan Tata Letak Cafe

  • Perhatian! Tata letak/layout yang baik akan memaksimalkan ruang dan menciptakan alur yang nyaman bagi pelanggan dan staff
  • Pastikan juga dengan seksama tata letak area duduk, dapur, dan jalur keluar masuk agar lebih nyaman dan tidak membuat pelanggan kebingungan

3. Memilih Furnitur yang Tepat

  • Furnitur harus disesuaikan dengan fungsionalnya, nyaman, dan sesuai dengan tema cafe
  • Anda bisa memilih material yang tahan lama dan mudah dirawat

4. Persiapkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang Diperlukan

  • Rekrut staf yang ramah dan terlatih untuk memberikan pelayanan terbaik
  • Agar bisa memberikan pelayanan terbaik, penting sekali untuk memberikan pelatihan standar kebersihan dan pelayanan pelanggan untuk para staff

5. Mempersiapkan Pelayanan yang Diperlukan

  • Untuk menunjang kualitas pelayanan, Anda patut untuk menjaga kebersihan cafe
  • Siapkan atau training staf agar selalu sigap melayani kebutuhan pelanggan, dan pastikan mereka selalu memberikan pelayanan terbaik

6. Pertimbangkan Alat Digital untuk Bantu Operasional

  • Gunakan perlengkapan digital seperti aplikasi kasir untuk cafe/restoran agar mempermudah manajemen pesanan dan operasional bisnis Anda
  • Kami merekomendasikan aplikasi POS Tantri sebagai pilihan aplikasi kasir yang efisien dalam mengelola order management hingga operasional sehari-hari
full fitur aplikasi tantri

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi POS Kasir Android: Untuk Bisnis F&B Mikro & Makro

QR Menu & Aplikasi Kasir TANTRI

Tantri - aplikasi kasir restoran

Mengelola cafe yang sukses tidak hanya memerlukan desain dan konsep yang menarik, tetapi juga bagaimana Anda menjalankan operasional yang lancar dan efisien. QR Menu dan Aplikasi Kasir Tantri adalah solusi sempurna untuk mempermudah manajemen pesanan dan operasional cafe Anda. 

Dengan aplikasi kasir Tantri, Anda bisa mengelola pesanan, pembayaran, dan inventory dengan lebih mudah dan cepat. Sistem ini tidak hanya memudahkan operasional cafe Anda, tetapi juga bisa memberikan pelayanan yang cepat dan terbaik kepada pelanggan. 

Manfaat dan kegunaan aplikasi kasir full fitur dari Tantri juga sudah dirasakan oleh berbagai merchant kami berikut ini:

kumpulan merchant tantri dengan konsep cafe menarik

Jadi, pastikan cafe Anda dilengkapi dengan teknologi terbaik agar bisa terus memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Semakin baik pelayanan pelanggan yang Anda berikan, maka pelanggan juga akan semakin loyal untuk menghabiskan uangnya di cafe Anda.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Printer Kasir Thermal Bluetooth Wi-Fi/LAN untuk Bisnis Restoran & Cafe

Penutup

Itulah inspirasi konsep cafe sederhana tapi menarik, mulai dari konsep cafe outdoor, kekinian, minimalis, dan unik. Ditambah lagi dengan rekomendasi penunjang operasional bisnis menggunakan aplikasi kasir cafe/restoran. 

Sehingga bisnis dengan artikel ini, semoga Anda mendapatkan inspirasi dan panduan yang berguna untuk membuka cafe yang diupayakan dapat berjalan dengan prima dan menarik di mata pelanggan.

Yuk, tingkatkan pelayanan cafe Anda dengan aplikasi kasir & QR menu dari Tantri. Coba demo gratisnya sekarang!

promosi