Sebagai pelaku bisnis kuliner, contoh daftar menu makanan pasti banyak dicari dan dijadikan inspirasi. Hal-hal detail dan mendasar seperti menu makanan, nyatanya memiliki peran tertentu dalam menyampaikan gambaran tempat makan yang pelanggan kunjungi.

Visualisasi daftar menu makanan, dapat mencerminkan suatu kedai, kafe, atau restoran. Jika daftar menu dikemas secara apik dan kreatif, tentu dapat menyumbang citra positif dari pelanggan mengenai tempat makan tersebut, bahkan bisa mempengaruhi minat beli. Begitu pula sebaliknya jika menu makanan dibuat seadanya.

Lalu, seberapa percaya dirikah kamu dengan menu makanan restoran atau kafe-mu saat ini? Daripada bingung sendiri, berikut ini Mba Tri rangkum beberapa model dan contoh daftar menu menarik. Dari menu konvensional, digital, hingga tips membuatnya.

Apa itu Daftar Menu?

Menu adalah daftar hidangan (makanan atau minuman) yang disediakan di suatu tempat makan seperti kedai, restoran, atau kafe, lengkap dengan informasi harganya. 

Esensi utamanya yaitu, untuk memudahkan pelanggan dalam memiliki menu yang diinginkan. Namun semakin ke sini, banyak tujuan yang ditargetkan. Salah satunya untuk menarik pelanggan agar membeli dan tidak ragu dalam memilih hidangan.

Baca Juga: Ajaib! 17+ Kata-Kata Promosi Cafe di Instagram & Contohnya

Manfaat Daftar Menu dalam Tren Kuliner Terkini

Berikut ini manfaat adanya menu dan mengetahui contoh daftar menu makanan yang bisa kamu dapatkan:

  • Panduan Memilih Menu: Membantu pelanggan dalam membuat keputusan pembelian, melalui opsi-opsi yang tersedia.
  • Hiburan dan Pengalaman Visual: Sebelum membeli, pelanggan mungkin menikmati membaca tentang makanan dan melihat gambar-gambar menarik dari hidangan-hidangan yang dijelaskan.
  • Inspirasi Kuliner: Membantu pelaku bisnis dalam mencari inspirasi untuk mencoba hidangan baru dan beragam. Contoh daftar menu makanan dapat memberikan ide-ide kreatif dan variasi dalam memasak atau memesan makanan di restoran.

Baca Juga: Lengkap! Ini Tugas Kasir Restoran & Cafe: Skill, Modal & Gaji

Contoh Daftar Menu Makanan Menarik

Contoh daftar menu cafe atau restoran tidak terpaku pada satu template atau gaya yang mutlak. Bahkan nuansa kedai atau tempat makan biasanya ikut mempengaruhi pembuatan menu tersebut. 

Sebagai referensi, berikut ini contoh daftar menu menarik mengikuti konsep restorannya:

1. Menu Makanan Cafe

contoh daftar menu makanan cafe
Contoh daftar menu makanan cafe

Menu makanan di cafe biasanya memiliki desain dan gaya yang berbeda jika dibandingkan dengan tempat makan lainnya. Nuansa cafe biasanya dibangun lebih modern namun tidak mencolok.

Hal tersebut berpengaruh pada desain menu yang biasanya dikombinasikan dengan warna-warna basic seperti putih, cream, hitam, abu, dan lainnya.

Selain menu kertas, kafe juga biasanya memanfaatkan tema chalkboard untuk menulis menu.

2. Menu Makanan Tradisional

contoh daftar menu makanan tradisional
Contoh daftar menu makanan tradisional

Jika industri bisnismu adalah F&B yang menjual menu-menu tradisional, kamu bisa mengambil inspirasi dari contoh daftar menu makanan tradisional satu ini. 

Secara tampilan produk menu, pembeli akan langsung mengetahui jenis menu seperti apa yang disediakan. Dengan berbagai inovasi dan kreativitas tanpa batas, menu tradisional pun kini bisa kok disulap menjadi lebih eye catching.

Meskipun mengusung tema jadul, tetaplah konsisten untuk membangun identitas bisnis berkualitas tinggi. Misalnya hanya menggunakan gambar beresolusi tinggi atau HD (High Definition).

Contoh daftar menu tradisional dapat kamu lihat pada salah satu merchant Tantri berikut ini: Depot Makan Cak To Asli Suroboyo.

3. Menu Makanan Bakery

contoh daftar menu makanan bakery
Contoh daftar menu makanan bakery

Tema bisnis kuliner seperti pastry biasanya berkonsep manis, karena sesuai dengan varian menu yang dijual, yaitu seputar kue kering, kue basah, kue ulang tahun, dan lainnya.

Menu pastry biasanya dibuat lebih lucu, aesthetic, dan eye catching. Namun selain nilai estetika, kamu bisa memberikan fungsi lebih agar pembeli tidak kesusahan. Misalnya dengan tetap menambahkan informasi tambahan seputar menu.

Contoh daftar menu makanan bakery atau pastry dapat dilihat pada salah satu merchant Tantri bernama Adlans Pantry dan Spoonful of Heart.

Baca Juga: Wajib Tahu! 7+ Strategi Pemasaran Cafe & Coffee Shop Kekinian

4. Menu Makanan Fast Food

contoh daftar menu makanan fast food
Contoh daftar menu makanan fast food

Pembuatan menu fast food biasanya melibatkan penentuan hidangan utama, penyematan harga dan promo, pemberitahuan tentang hidangan baru, desain menu menarik, dan pastinya menonjolkan kecepatan dalam penyajian.

5. Menu Makanan Kekinian

contoh daftar menu makanan kekinian
Contoh daftar menu makanan kekinian

Bagi kamu yang menjalankan kedai atau kafe yang menjual berbagai menu kekinian incaran anak muda, semestinya ide untuk membuat menu makanan bisa lebih bebas dan menarik.

Dari judul menu yang nyentrik nama menu merakyat, ini bisa dikombinasikan dengan kreativitas desain yang out of the box. Banyak juga contoh daftar menu kekinian yang bisa kamu jadikan referensi.

6. Menu Makanan Sehat

contoh daftar menu makanan sehat
Contoh daftar menu makanan sehat

Menu makanan sehat juga bisa diusung dengan desain sederhana dan tidak terlalu mencolok. Justru mereka bisa meng-highlight menu sehat yang menjadi daya tarik konsumennya. Bisa dengan penambahan nuansa fresh dan elemen nabati.

7. Menu Makanan Digital (E-Menu)

Di masa kini, menu makanan restoran atau cafe sudah banyak berkamuflase. Baik menggunakannya secara berdampingan dengan menu konvensional atau tidak, menu digital bisa menjadi pilihannya. 

Beberapa karakteristik yang ditimbulkan biasanya terlihat dari desain modern dan kreatif; bisa dari tipografi cantik, elemen grafis inovatif, maupun desain berwarna berani dan kontras.

Contoh Daftar Menu Makanan Digital
Contoh Daftar Menu Makanan Digital

Satu yang pasti, jenis menu ini dibangun dengan gaya yang responsif dan interaktif. Misalnya ketika memilih menu melalui perangkat, kamu bisa sekaligus memesannya secara cepat.

Baca Juga: Tutorial Scan Barcode Makanan dengan Aplikasi & Tanpa Aplikasi

Tips Membuat Daftar Menu yang Menarik

Untuk menghasilkan daftar menu yang menarik, perpaduan antara desain kreatif, gambar produk, hingga kalimat menarik memang diperlukan. Berikut adalah beberapa tipsnya:

1. Desain Kreatif

Kunci visual menarik adalah desain kreatifnya. Untuk menciptakan kesan tersebut, pikat pelanggan melalui beberapa teknik seperti:

  • Pilih kombinasi warna yang cocok dengan branding bisnis
  • Font yang sesuai dengan tema restoran atau kafe
  • Tambahkan elemen grafis seperti ikon, ilustrasi, atau sentuhan lainnya untuk memperindah tata letak

2. Gambar Menu yang Menggiurkan

Komposisi utama dalam sebuah menu restoran, adalah gambar atau foto hidangan yang disediakan. Mengenai gambar, kamu bisa mengacu pada beberapa hal:

  • Pastikan resolusi gambar makanan berkualitas tinggi dan menggugah selera
  • Gunakan pencahayaan yang baik untuk menonjolkan detail makanan
  • Pertimbangkan untuk menempatkan gambar di tempat yang strategis, misalnya di sebelah nama atau deskripsi menu

3. Deskripsi untuk Setiap Menu

Gambar tanpa penjelas mungkin terkesan kurang pas. Foto menu tanpa deskripsi juga belum bisa membuat rasa penasaran pembeli terpenuhi. Untuk itu, sertakanlah deskripsi yang:

  • Jelas tentang harga setiap hidangan
  • Tambahkan deskripsi makanan yang menggambarkan cita rasa, bahan utama, dan metode penyajian
  • Jangan lupa menyertakan jumlah item makanan, terutama jika ada porsi atau variasi ukuran.

4. Copywriting Terbaik atau Kalimat Persuasif

Di samping penampilan, adanya teks juga turut menjadi pelengkap suatu menu. Tanpa kata, mungkin sebuah gambar akan sulit untuk dipahami maksud dan tujuannya. Namun dalam menentukan kalimatnya, jangan lupa untuk:

  • Gunakan kata-kata yang menggugah selera dan mendeskripsikan rasa makanan secara menggiurkan
  • Gunakan kalimat yang persuasif untuk mendorong pembaca menu untuk mencoba hidangan tertentu
  • Tekankan keunikan atau keistimewaan setiap hidangan

5. Kategorikan Setiap Jenis Hidangan

Penyusunan menu makanan sesuai kategori juga penting dilakukan, agar lebih rapi dan enak ketika dibaca. Apalagi untuk tipe restoran atau cafe yang memiliki banyak jenis hidangan.

  • Susun daftar menu dalam kategori tertentu, misalnya, pembuka, hidangan utama, hidangan penutup, minuman, dll.
  • Gunakan heading atau tanda visual untuk membedakan setiap kategori

Baca Juga: Aplikasi Restoran & Cafe: Bahas Efisiensi dan 8 Rekomendasi

Pertanyaan Seputar Contoh Daftar Menu Makanan yang Simpel

Berikut ini beberapa pertanyaan terkait menu makanan yang sering muncul.

Bagaimana Langkah-Langkah Membuat Daftar Menu Makanan?

Membuat daftar menu makanan dapat dilakukan sesederhana mungkin mulai dari:

  • Mencari referensi atau template desain menu makanan
  • Menentukan tools pembuat desain
  • Gunakan template desain yang ada atau custom sesuai kreativitas
  • Sesuaikan dengan menu cafe atau restoran kamu
  • Tambahkan detail desain dengan elemen-elemen indah dan sesuai tema
  • Cetak atau download versi digital

Apa yang Dimaksud dengan “Ala Carte Menu”?

Ala Carte Menu adalah daftar makanan yang disusun berdasarkan kategori atau jenis hidangan. Biasanya untuk restoran yang memiliki banyak menu, yang setiap jenis menu-nya masih terdiri dari beberapa pilihan makanan. Lalu, tercantum harganya masing-masing.

Apa yang Dimaksud dengan “Buffet Menu”?

Buffet menu adalah menu hidangan yang disajikan secara prasmanan, dan sistem ini banyak kita temukan di restoran hotel.

Teknik penyajiannya biasanya ditata di atas meja buffet secara lengkap, mulai dari main course, appetizer, hingga dessert. Dengan sistem ini, para pelanggan dapat memilih hidangan secara bebas.

Apa Perbedaan “Ala Carte Menu” dan “Buffet Menu”?

Perbedaan antara keduanya, paling ketara dapat dilihat dari segi pelayanan hidangannya. Restoran dengan sistem buffet menu mempersilahkan pengunjung untuk memilih dan mengatur sajian makanannya sendiri. Sedangkan restoran dengan sistem ala carte penyajiannya dilayani oleh pelayan.

Penutup

Dari 7 contoh daftar menu makanan di atas, selanjutnya kamu bisa melakukan kustomisasi sesuai kreativitas dan nilai yang ingin dibangun. Bahkan dengan tips membuatnya di atas, kamu menjadi lebih paham mana yang harus diperhatikan dan mana yang harus dihindari saat membuat daftar menu. 

Daftar menu yang menarik, menjadi nilai plus bagi pelanggan saat mengunjungi restoran dan ingin memesan makanan. Istilahnya, ini bisa berperan sebagai elemen persuasif atau Call To Action (CTA) versi visual agar mereka tertarik membeli.

Dan yang penting, kini kamu tahu bahwa cara membuat daftar menu simple dapat dilakukan dengan mudah, baik menu fisik maupun digital. Banyak restoran yang menggunakan 2 jenis menu tersebut. Jika kamu tertarik dengan pemanfaatan menu digital seperti yang dilakukan sobat merchant Tantri, mulai eksplor di sini lebih lanjut!

solusi