Kini strategi pemasaran cafe sangat dibutuhkan oleh para owner bisnis untuk dapat bersaing di tengah arus pertumbuhan bisnis kuliner. 

Untuk menjalankan bisnis cafe atau coffee shop tidak hanya sekedar menawarkan menu makanan atau minuman yang lezat saja. Lebih dari itu, nilai estetika dan kenyamanan juga dipertimbangkan oleh pelanggan sebelum berkunjung ke sebuah cafe. 

Lantas, apa saja strategi bisnis cafe yang tepat untuk diterapkan secara langsung? Melalui artikel di bawah ini, Mba Tri akan mengulas secara lengkap mengenai berbagai strategi pemasaran cafe yang bisa kamu coba pada bisnismu. Let’s check it out!

1. Tentukan Konsep Cafe yang Unik dan Fotogenik

Persaingan dalam dunia F&B yang semakin ketat, menuntut para owner untuk berinovasi pada ide atau konsep bisnis mereka. 

Seperti yang kita tahu, kini para pengunjung cafe tidak hanya datang untuk menikmati menu yang ditawarkan saja. Namun juga untuk menikmati konsep cafe yang diusung. 

Konsep cafe yang unik dan fotogenik menjadi salah satu strategi pemasaran cafe & coffee shop yang perlu dipertimbangkan secara matang. 

Sebab, ketika seorang pengunjung merasa terkesan cafemu, maka besar kemungkinan mereka akan merekomendasikan kepada kerabat ataupun temannya.

Baca juga: Bisnis F&B: Ketahui Arti, Peluang + 5 Tipsnya yang Auto Cuan

2. Buatlah Desain Interior maupun Eksterior yang Menarik

Desain interior yang menarik adalah kunci untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan kepada pelanggan. 

Pastikan ruangan cafemu nyaman dan memberikan suasana yang hangat. Desain yang unik dan menarik juga dapat menjadi daya tarik tambahan. 

Untuk itu, jangan ragu untuk berinovasi dan mempertimbangkan tata letak yang estetik agar pelanggan merasa betah dan ingin kembali berkunjung ke cafemu.

3. Ragam Menu dengan Cita Rasa yang Enak dan Unik

Strategi bisnis cafe berikutnya adalah menentukan menu yang menawarkan cita rasa yang enak dan unik. 

Menu adalah jantung dari setiap cafe. Untuk itu, tawarkan variasi menu makanan, minuman, hingga dessert yang menarik dengan cita rasa yang tidak hanya enak. Namun juga dengan tampilan yang unik untuk menarik lebih banyak pelanggan untuk mencicipinya. 

Kamu bisa menyesuaikan menu dengan tema atau konsep cafe-mu. Pastikan untuk menyediakan pilihan yang memadai, mulai dari kopi spesial hingga makanan ringan yang menggugah selera. 

Hal tersebut tentunya akan meningkatkan peluang untuk menarik pelanggan dengan selera beragam.

Baca juga: QR Code Menu: Cara Membuat Menu Digital Praktis, Bisnis F&B Wajib Punya!

4. Harga yang Ramah di Kantong

harga yang ramah di kantong

Meski menawarkan pengalaman kuliner dengan ragam menu yang lezat dan unik, jangan lupa tawarkan harga yang bersahabat. 

Sebagian besar pelanggan akan mempertimbangkan anggaran mereka sebelum memilih tempat makan atau minum. Maka, buatlah harga yang seimbang dengan kualitas yang tetap baik.

Sebab, kendala usaha warung kopi biasanya terjadi pada kualitas produk. Cita rasa yang tidak stabil dan kualitas yang rendah, bisa mempengaruhi minat beli pelanggan serta mempengaruhi citra brand, loh

Untuk itu, selain membuat cafe-mu lebih dapat dijangkau oleh berbagai kalangan, pastikan juga untuk tetap menjaga kualitas produk sehingga bisa meningkatkan peluang kesuksesan bisnismu.

5. Manfaatkan Strategi Pemasaran di Media Sosial

manfaatkan strategi pemasaran di media sosial

Selain beberapa strategi pemasaran coffee shop di atas, kamu tidak boleh melewatkan strategi pemasaran di media sosial. 

Media sosial adalah alat yang sangat efektif untuk mempromosikan cafe-mu. Instagram, Facebook, dan Twitter bisa kamu manfaatkan untuk berbagi foto menarik, promosi, serta berinteraksi dengan pelanggan. 

Pastikan juga untuk menggunakan kata kunci strategi pemasaran cafe agar cafe-mu lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan melalui mesin pencari.

6. Berikan Tawaran Promo dan Diskon Produk

Tawaran promo dan diskon adalah strategi pemasaran cafe yang efektif untuk menarik perhatian pelanggan baru dan membuat pelanggan tetap setia. 

Pertimbangkan untuk memberikan promo spesial pada hari-hari tertentu atau diskon untuk pelanggan yang melakukan pembelian dalam jumlah tertentu. 

Lewat promo atau diskon yang ditawarkan, kamu bisa menciptakan sensasi dan antusiasme di antara pelanggan. Jadi, pertimbangkan secara matang untuk menerapkan strategi bisnis cafe satu ini ya.

Baca juga: Apa Itu Point of Sales? Simak Cara Kerja & 5 Tips Memilihnya

7. Buatlah Profil di Google My Business (GMB)

Jika kamu sudah menerapkan beberapa strategi pemasaran cafe di atas, jangan lupakan eksistensi bisnismu di dunia maya. 

Buatlah profil bisnis di Google My Business (GMB) agar cafe atau coffee shop-mu muncul dalam hasil pencarian lokal. Pastikan juga menambahkan informasi kontak, alamat, dan jam buka cafe selalu terupdate. 

Sebab, informasi-informasi tersebut akan membantu pelanggan potensial menemukan cafe-mu secara lebih mudah. Selain itu, mintalah review pelanggan yang sudah pernah ke cafe atau coffee shop-mu.

8. Gunakan Aplikasi Kasir Gratis Tantri pada Cafe atau Restomu

gunakan aplikasi kasir gratis Tantri pada cafe atau restomu

Mungkin kamu bertanya, kenapa sekarang cafe atau resto harus menggunakan aplikasi kasir gratis Tantri? 

Tantri adalah gabungan antara Scan QR Menu & Aplikasi Kasir. Tantri juga menyediakan beragam fitur untuk cafe atau resto sehingga kini pelangganmu bisa langsung memilih menu, pesan, dan bayar langsung dari meja.

Selain itu, dengan aplikasi Tantri kamu juga bisa mengoptimalkan proses transaksi dan mempermudah pengelolaan bisnis, sehingga dapat berjalan dengan lebih efisien dan lancar.

Menariknya lagi, semua fitur yang ditawarkan pada aplikasi kasir gratis satu ini tersedia secara free atau tanpa biaya langganan, loh.

Baca juga: Aplikasi Kasir Resto Berbasis Web & Gratis, Memang Ada?

Nah, itulah beberapa tips strategi strategi pemasaran coffee shop yang bisa jadi pertimbanganmu untuk menerapkannya secara langsung. 

Meningkatnya minat masyarakat pada kafe inilah yang membuat bisnis cafe atau coffee shop juga semakin banyak di berbagai kota, baik kota besar maupun kota kecil. 

Oleh karena itu, pilihlah strategi pemasaran bisnis cafe terbaik agar kamu bisa menggaet lebih banyak perhatian pelanggan dengan keunikan bisnis cafe yang kamu miliki.

Pertanyaan Seputar Strategi Pemasaran Cafe & Coffee Shop

Di bawah ini tersedia beberapa pertanyaan yang mungkin bisa menjawab rasa penasaranmu terkait strategi pemasaran bisnis cafe.

1. Apa Saja 5 Contoh Langkah Strategi Pemasaran Cafe & Coffee Shop?

Berikut ini adalah 5 strategi pemasaran cafe dan coffee shop yang bisa dicoba:

  • Buat konsep cafe yang unik
  • Ciptakan variasi menu makan dan minuman yang enak
  • Manfaatkan media sosial sebagai strategi pemasaran yang efektif
  • Utamakan kualitas dan pelayanan bisnis terbaik
  • Tawarkan harga produk yang kompetitif dan bersahabat

2. Bagaimana Cara Merencanakan Strategi Pemasaran Cafe & Coffee Shop?

Untuk dapat menyusun perencanaan strategi pemasaran cafe dan coffee shop dengan baik, setidaknya ada 5 tahapan yang perlu kamu lalui:

  1. Menentukan target pasar
  2. Melakukan analisis SWOT
  3. Menentukan tujuan kegiatan pemasaran
  4. Menyusun strategi pemasaran bisnis
  5. Melakukan evaluasi strategi pemasaran yang diterapkan

3. Bagaimana Cara Melakukan Strategi Pemasaran yang Efektif dalam Rencana Usaha Cafe & Coffee Shop?

Strategi pemasaran yang efektif dalam rencana usaha cafe dan coffee shop yang bisa kamu coba adalah sebagai berikut:

  • Membuat konsep cafe yang unik dan fotogenik
  • Manfaatkan strategi WoM (Word of Mouth)
  • Manfaatkan strategi pemasaran di media sosial
  • Pilihlah lokasi bisnis yang mudah dijangkau dan strategis
  • Aktif mengembangkan inovasi bisnis
  • Lakukan kerja sama promosi bersama food blogger, influencer ataupun selebgram
  • Adakan promo atau diskon produk di momen khusus

Penutup

Dengan langkah-langkah strategi pemasaran cafe di atas, kamu dapat membangun cafe yang tidak hanya memiliki cita rasa unik tetapi juga memiliki daya tarik yang kuat di mata pelanggan. Ingatlah, konsistensi dalam menerapkan strategi pemasaran sangat penting.

Agar siap menghadapi tantangan dan persaingan bisnis, kamu bisa mengintegrasikan Aplikasi Kasir Gratis Tantri. Aplikasi Tantri telah hadir untuk membantu meningkatkan operasional sebuah bisnis. 

Klik banner di bawah ini dan nikmati beragam fitur unggulan Tantri yang menyediakan solusi teknologi untuk kemudahan operasional bisnis cafe & coffee shop-mu!

solusi