QR code menu menjadi representasi kebaruan teknologi yang sering kita jumpai di berbagai tempat makan, seperti restoran hingga cafe. Kehadiran QR code makanan seolah menjadi mode baru dalam dunia bisnis F&B (Food & Beverage).

Di sisi lain, fungsionalitas kode QR makanan juga turut menjawab tren penggunaan menu digital dan online payment sebagai kultur baru di tengah-tengah masyarakat modern.

Dengan QR code makanan, Anda bisa mengakses daftar menu di restoran atau cafe favorit Anda dengan mudah. Lalu, adakah kelebihan lainnya dan bagaimana cara membuatnya? Simak penjelasan berikut ini!

Apa Itu QR Code?

QR merupakan singkatan dari “Quick Response” (Tanggapan Cepat). Kode QR terdiri dari sejumlah kotak kecil yang tersusun secara teratur di dalam sebuah persegi. 

Kode tersebut dapat dengan mudah dibaca menggunakan aplikasi pemindai QR code yang secara umum sudah tersedia dalam smartphone. 

Ketika kode QR makanan di-scan, pelanggan akan diarahkan ke menu digital yang berisi daftar makanan atau minuman yang tersedia, beserta keterangan, gambar, harga, bahkan ke proses penyelesaian pembayaran.

Biasanya, QR code menu restoran ditempatkan di meja atau tempat duduk di restoran atau kafe tersebut. Ketika pelanggan datang ke tempat tersebut, mereka dapat memindai QR code makanan menggunakan smartphone mereka dengan bantuan aplikasi atau kamera yang dapat memindai kode QR makanan. 

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Kasir Restoran dengan Fitur Lengkap dari Tantri

Kelebihan Menggunakan QR Code Menu

Kelebihan Menggunakan QR Code Menu
Ilustrasi Memilih Menu Setelah Scan QR Code

QR code makanan memiliki beberapa kelebihan, yang mana kelebihan tersebut bisa Anda lihat dari berbagai sudut pandang. Yaitu kelebihan dari segi kemutakhiran teknologi, keuntungan bagi pengelola cafe, dan bagi pelanggan.

A) Kelebihan QR Code Makanan dari Sisi Teknologi

  • Kapasitas penyimpanan yang lebih besar dibandingkan dengan kode batang atau menu tempat makan gaya tradisional
  • Kemampuan membaca yang cepat setelah pengguna melakukan scan kode
  • Kemudahan pembacaan dengan menggunakan smartphone
  • Karena kepraktisannya, QR code menu banyak digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk pemasaran, pembayaran elektronik, dan pengelolaan inventaris

B) Keuntungan QR Code bagi Pelanggan

  • Menggeser ketergantungan cafe & resto atau tempat makan lainnya akan penggunaan menu fisik, yang diindikasikan ‘kurang’ dari sisi sterilitasnya
  • Pelanggan bisa lebih santai saat memilih menu tanpa harus merasa terburu-buru karena antrian
  • Pelanggan bisa dengan nyaman saat memilih minuman dan makanan yang akan dipesan, tanpa harus merasa pegal saat antri 
  • QR code menu juga memberikan pengalaman interaktif bagi pelanggan, seperti menambahkan item ke keranjang belanja, mengatur preferensi makanan, atau melihat ulasan dan rekomendasi dari pelanggan lain

C) Keuntungan QR Code bagi Owner atau Pengelola Restoran

  • QR code menu restoran memungkinkan pengelola tempat makan untuk dapat memperbarui dan mengubah menu dengan mudah secara real-time tanpa harus mencetak ulang menu fisik
  • Potensi penjualan F&B meningkat, sebab orderan masuk berpeluang tinggi. Hal ini karena waktu order menjadi lebih efisien
  • Pengelolaan dan pencatatan menjadi lebih efisien, serta terdata dengan baik 

Baca Juga: Sistem POS Kasir vs Mesin Kasir, Mana yang Bisnismu Butuhkan?

Cara Mudah Membuat QR Code Menu Gratis

Ada beberapa platform online yang menyediakan layanan pembuatan QR code menu (manual) atau bisa juga di aplikasi kasir gratis.

A) Panduan Membuat Kode QR Makanan Manual

Melalui platform pembuat QR code makanan gratis, Anda bisa membuat kode QR makanan atau menu restoran secara praktis tanpa kendala teknis yang rumit.

Temukanlan platform pembuat kode QR makanan yang sesuai dengan Anda inginkan, lalu mulai kreasikan.

Secara umum, penggunaan atau cara membuatannya tak jauh berbeda. Anda bisa mengikuti beberapa langkah umum berikut ini:

  1. Pilih platform pembuat QR code menu online dan gratis, yang dapat Anda cari melalui mesin pencari seperti Google.
  2. Buka platform yang Anda pilih. lalu cari opsi button untuk membuat QR code menu.
  3. Mulai daftar atau buat akun jika diperlukan. Beberapa platform mungkin meminta Anda untuk membuat akun sebelum dapat menggunakan layanan mereka.
  4. Mulai unggah menu. Setelah masuk ke akun, Anda akan diminta untuk memasukkan informasi menu. Di tahap ini, Anda dapat mengunggah gambar menu.
  5. Rancang QR code menu dengan lengkap. Tambahkan gambar makanan atau minuman dengan menambahkan judul, deskripsi, dan harga untuk setiap item menu.
  6. Kustomisasi tampilan QR code makanan agar lebih unik dan menarik. Anda bisa menambahkan logo, custom warna, bentuk, hingga menambahkan CTA (Call to Action) untuk bisnis Anda.
  7. Bahkan jika memungkinkan, sebuah platform akan mempersilahkan Anda memuat informasi tambahan, misalnya dengan menautkan situs web atau menu media sosial yang sudah ada sebelumnya.
  8. Setelah Anda memasukkan semua informasi yang diperlukan, pilih opsi ‘Buat QR Code’.
  9. Setelah kode QR makanan selesai dibuat, Anda dapat mengunduhnya untuk dicetak secara fisik atau menyimpannya dalam format digital.
  10. Terakhir, adalah penempatan kode QR makanan di sekeliling restoran atau cafe Anda. Pastikan untuk meletakkan QR code menu tersebut berada di tempat yang terlihat, mudah digunakan, dan mudah diakses pengunjung seperti di setiap meja, dinding, atau papan pengumuman.
  11. Pastikan untuk menguji QR code menu dengan menggunakan aplikasi pemindai QR code makanan untuk mengkonfirmasi bahwa menu dapat diakses dengan benar.

Baca Juga: Aplikasi Kasir Gratis Selamanya vs. Berbayar: Mana Terbaik?

B) Membuat QR Code Makanan Melalui Aplikasi Kasir Tantri

Sudah buat QR menu tapi ada perubahan yang harus di-update? Tenang! Anda bisa perbarui menu tanpa ribet dengan menggunakan digital menu dari Tantri.

QR Code Makanan di Aplikasi kasir Tantri, bisa update perubahan menu dengan mudah, tanpa harus menyesuaikan ulang semuanya.

Silahkan cek tutorial pembuatannya berikut ini:

Itu dia langkah-langkah umum untuk membuat QR code menu secara gratis menggunakan website pembuat QR menu. 

Di sisi lain, perlu diingat bahwa layanan QR code menu restoran gratis dengan yang premium pasti memiliki kualitas dan kelasnya tersendiri.

Anda tetap bisa secara bijak memilih di mana Anda ingin membuat kode QR makanan sesuai kebutuhan dan keinginan. 

Baca Juga: 7 Contoh Daftar Menu Makanan Simpel & Kekinian

Daftar Cafe & Resto yang Menggunakan QR Code Menu 

Daftar Cafe & Resto yang Menggunakan QR Code Menu 
Ilustrasi Penggunaan Scan QR Code Menu/Makanan dari Tantri

Sejalan dengan itu, Anda dapat menyimak beberapa cafe & resto yang sudah menerapkan QR code menu (order management) bernama Tantri, untuk melihat menu dan menyelesaikan pembayaran.

1. Andalan BrewArea

Andalan BrewArea merupakan kafe dengan tema “Coffee Shop di dalam Markas” yang berlokasi di Jl. Bangka No.6, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

Tak perlu salah jadwal saat ingin mengunjungi kafe ini, karena jam operasionalnya buka setiap hari (Senin – Minggu) mulai pukul 10.00 s/d 22.00 WIB.

Mengenai menu, ada berbagai pilihan minuman kopi kekinian yang siap menemani waktu santai Anda.

Baca Juga: Terbaik! 9+ Aplikasi POS (Point of Sales) bagi Bisnis Tahun 2023

2. Exodos Coffee

Selanjutnya ada Exodos Coffee yang juga bergabung dalam mudahnya penggunaan QR code menu Tantri.

Kafe yang cocok untuk kawula muda dan segala usia ini berlokasi di Jl. K.H. Ahmad Dahlan No. 50, Malabar, Kec. Lengkong, Kota Bandung.

Cafe yang buka setiap hari di jam 11.00 – 21.00 WIB ini  bukan hanya sekedar tempat ngopi, pengunjung dapat menikmati kudapan hingga minuman non kopi lainnya yang tak kalah menggugah selera. Menu selengkapnya juga bisa Anda akses ketika scan QR di meja.

3. Ruma Ramu

Ada juga Ruma Ramu yang ikut serta memanfaatkan kemudahan dan efektivitas teknologi terkini bernama QR code menu.

Cafe dengan konsep nyentrik ini berlokasi di Jl. Bukit Pakar Utama No. 31, Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung.

Kafe yang buka setiap hari pukul 11.00 – 21.00 WIB ini menghadirkan berbagai macam menu yang menggiurkan. Mulai dari aneka kopi, minuman kekinian, teh, snack, hingga nasi dengan berbagai macam lauk. Semuanya ada dan dapat Anda pilih melalui menu berbasis digital.

Baca Juga: Tutorial Scan Barcode Makanan dengan Aplikasi & Tanpa Aplikasi

Penutup

Anda telah mengetahui bagaimana keuntungan jika sebuah bisnis F&B memanfaatkan kode QR makanan, khususnya tentang efisiensi pemesanan dan pencatatan pelayanan yang akan terdata dengan baik. 

Selain itu, penggunaannya ini bisa berarti bahwa Anda aware atau peduli terhadap kenyamanan pelanggan yang mengunjungi restoran atau kafe Anda.

Jika Anda mulai menyadari kebutuhan bisnis melalui penerapan inovasi teknologi satu ini, kini saatnya Anda mengusung dan membuat QR code makanan atau QR menu dan upgrade bisnis FnB Anda!

solusi