Di balik keberlangsungan bisnis sebuah restoran atau cafe, ada peran seorang kasir yang menjadi salah satu kunci. 

Lebih dari sekadar menerima pembayaran, tugas kasir restoran dan cafe juga ada dalam ranah menciptakan pengalaman pelanggan yang positif, hingga menjaga stabilitas keuangan operasional. 

Intinya, ia menjadi perpanjangan dari citra dan pelayanan coffee shop atau restoran tersebut. Dalam artikel ini, Sobat Tantri dapat menjelajahi pentingnya peran kasir di sebuah restoran, baik dalam layanan pelanggan maupun manajemen keuangan.

Apa Itu Kasir Restoran & Cafe?

Kasir restoran dan kafe adalah individu yang bertanggung jawab untuk menerima dan mencatat transaksi pembayaran dari pelanggan atas hidangan atau layanan yang mereka nikmati di tempat tersebut. 

Peran kasir juga melibatkan pengoperasian mesin kasir, berkomunikasi dengan pelanggan, hingga perbantuan dengan staf restoran lainnya.

Baca Juga: Strategi Jitu Manajemen Karyawan Restoran: SOP Manual & Aplikasi

Job Desk Kasir Restoran

Job Desk Kasir Restoran
Ilustrasi Crew Restoran Melakukan Pendataan

Job desk (tugas dan tanggung jawab) seorang kasir restoran melibatkan serangkaian tugas yang krusial dalam menjalankan operasi harian. Berikut adalah penjelasan untuk beberapa job desk yang umumnya terkait dengan peran kasir restoran:

1. Melayani Proses Transaksi

Kasir restoran bertanggung jawab untuk mengelola proses transaksi pembayaran dari pelanggan. 

Proses ini melibatkan berbagai metode penerimaan pembayaran, baik menggunakan uang tunai, kartu kredit, atau pembayaran digital sesuai dengan kebijakan restoran.

2. Memberikan Informasi yang Dibutuhkan Pelanggan

Kasir juga berperan sebagai sumber informasi bagi pelanggan. Mereka harus dapat memberikan penjelasan tentang menu, harga, atau promosi yang sedang berlangsung.

Ketika pelanggan mendapati crew restoran yang helpful terhadap pertanyaan dan kebutuhannya, maka ini akan mempengaruhi citra tempat.

3. Memeriksa dan Mencatat Data Penjualan

Sebagai bagian dari tanggung jawabnya, kasir harus memastikan akurasi dalam mencatat setiap transaksi penjualan. Hal ini dapat melibatkan pencatatan jumlah pembayaran, diskon, atau pajak yang diterapkan.

4. Melayani Packaging Barang Pelanggan

Sebagai bagian dari tugas kasir cafe & resto, profesi kasir juga dapat terlibat dalam proses packaging atau pengemasan barang yang dipesan oleh pelanggan, terutama jika restoran menyediakan layanan take-away atau pengantaran.

5. Memeriksa Daftar Harga Produk

Kasir harus selalu mengupdate dan memeriksa daftar harga produk agar dapat memberikan informasi yang akurat kepada pelanggan. Hal ini membantu mencegah kesalahan dalam perhitungan pembayaran.

6. Memeriksa Stok Barang

Sebagai bagian dari peran pengelolaan inventaris, kasir dapat memantau dan melaporkan stok barang. Ini membantu manajemen untuk mengelola persediaan dan memastikan bahwa produk selalu tersedia.

7. Membuat Laporan Penjualan

Kasir biasanya bertanggung jawab untuk menyusun laporan penjualan harian atau periode tertentu. Laporan ini mencakup informasi seperti jumlah transaksi, total pendapatan, dan mungkin juga tren penjualan.

Melalui pelaksanaan tugas-tugas ini, seorang kasir restoran berkontribusi pada pengalaman pelanggan yang baik dan membantu menjaga efisiensi operasional restoran.

Baca Juga: Aplikasi Kasir Gratis Selamanya vs. Berbayar: Mana Terbaik?

Skill yang Harus Dimiliki Kasir Restoran

Skill yang Harus Dimiliki Kasir Restoran
Ilustrasi Orang Membuat Ceklis

Jika mengacu pada tugas dan tanggung jawab yang dikerjakan di atas, maka secara basic, seorang kasir setidaknya harus memiliki soft skill berikut ini:

1. Kemampuan Komunikasi

Kasir akan lebih banyak berinteraksi dengan pelanggan yang datang, bahkan sejak ia membuka pintu dan masuk ke restoran.

Seorang kasir secara etis biasanya akan menyapa, membantu, dan mengarahkan pelanggan jika dibutuhkan. Oleh karenanya, kemampuan berkomunikasi atau interaksi perlu terus diasah.

2. Melek Teknologi

Teknologi kasir kini sudah banyak membantu kegiatan kasir manual. Dengan begitu pekerjaan kasir menjadi lebih efisien dan membantu mengurangi resiko kekeliruan dalam input data.

Namun dengan situasi tersebut, seorang kasir dituntut untuk melek teknologi. Misalnya tempat kerja baru saja melakukan instalasi sistem aplikasi restoran atau POS (Point of Sale), maka sebagai pihak yang menggunakannya, kamu harus paham betul mengenai penggunaannya.

3. Kemampuan Berhitung atau Matematika Dasar

Adanya teknologi, bukan berarti kemampuan manual dalam berhitung harus ditinggalkan. 

Meskipun sudah dibantu dengan sistem kasir digital, kamu harus tetap memiliki kemampuan berhitung yang kuat. Alasannya, agar langsung menyadari apabila ada kesalahan perhitungan oleh sistem.

Baca Juga: Bisnis Kuliner Makin Digital Pakai 6 Aplikasi Kasir Gratis Selamanya

4. Ketelitian

Menyambung kemampuan berhitung, ketelitian pun sama-sama dibutuhkan. Soft skill satu ini sangat dibutuhkan dalam pekerjaan seorang kasir restoran. Tujuannya, untuk menjauhi resiko kesalahan, sebab posisi ini terkait dengan perputaran uang.

5. Product Knowledge

Product knowledge juga menjadi cakupan yang harus dikuasai oleh kasir, terutama seputar informasi menu yang dijual. Misalnya mengenai stok menu, harga, atau hal lainnya.

6. Problem Solving

Dalam beberapa situasi, kemampuan problem solving seorang kasir juga dibutuhkan. Misalnya sebagai kasir, kamu dihadapkan pada permasalahan kesalahan pembayaran atau laporan, maka di situ lah andilmu diperlukan.

Baca Juga: Sistem POS Kasir vs Mesin Kasir, Mana yang Bisnismu Butuhkan?

Modal Jadi Seorang Kasir Restoran & Cafe

Modal atau cara menjadi kasir yang profesional tidak hanya melibatkan keterampilan teknis dalam menangani transaksi keuangan, tetapi juga melibatkan aspek-aspek interpersonal dan pemahaman menyeluruh terhadap operasional tempat makan. 

Berikut adalah penjelasan untuk setiap modal yang diperlukan:

1. Pelajari Cara Pembayaran

Melayani proses pembayaran menjadi salah satu tugas seorang kasir, maka dari itu mempelajari cara pembayaran sangatlah penting.

Seorang kasir, penting untuk mampu memahami dan terampil dalam berbagai metode pembayaran, termasuk uang tunai, kartu kredit, atau pembayaran digital.

2. Memberikan Pelayanan Terbaik

Memberikan pelayanan pelanggan yang ramah, efisien, dan profesional adalah modal utama. Kasir harus dapat menangani pelanggan dengan sopan dan membantu menjawab pertanyaan atau kebutuhan mereka.

3. Memahami Sudut Pandang Pelanggan

Pemahaman terhadap perspektif pelanggan membantu kasir memberikan pelayanan yang lebih personal dan memahami kebutuhan atau preferensi pelanggan.

Baca Juga: Wajib Tahu! 7+ Strategi Pemasaran Cafe & Coffee Shop Kekinian

4. Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan

Kasir yang dapat membangun hubungan baik dengan pelanggan dapat menciptakan lingkungan yang ramah dan menyenangkan. Hal ini dapat mencakup mengingat nama pelanggan atau mengenali pesanan favorit mereka.

5. Memiliki Pemahaman terhadap Produk

Mengetahui dengan baik menu dan produk yang ditawarkan oleh restoran atau kafe sangat penting. Kasir harus dapat memberikan informasi yang akurat dan membantu pelanggan dalam membuat keputusan.

6. Memahami Stock Opname

Kasir perlu memahami proses stock opname untuk mengelola persediaan barang dengan baik. Ini melibatkan pemahaman terhadap cara memeriksa dan melaporkan stok barang, membantu restoran menjaga ketersediaan produk.

7. Tidak Boleh Curang

Integritas dan kejujuran merupakan modal utama. Kasir harus menjalankan tugasnya dengan etika tinggi dan tidak boleh terlibat dalam kecurangan atau tindakan yang merugikan pihak restoran.

Baca Juga: Ajaib! 17+ Kata-Kata Promosi Cafe di Instagram & Contohnya

Tabel Kualifikasi & Keterampilan Profesi Kasir

Kualifikasi Profesi Kasir Restoran & CafeKeterampilan yang Diperlukan
1. Ijazah SMA (Sekolah Menengah Atas)
2. Kemampuan matematika dasar, berkaitan dengan tugas yang berhubungan dengan uang
3. Disukai memiliki pengalaman di restoran atau layanan pelanggan
4. Terbuka untuk pelamar yang masih duduk di bangku sekolah, dianjurkan memiliki sertifikat GED (General Education Development)
5. Siap shifting (tergantung peraturan perusahaan)
6. Ramah dan punya etos kerja yang kuat

1. Memahami product knowledge > mengenai apa saja produk yang dijual di restoran, harga, dan detail lainnya
2. Memperhatikan keterampilan komunikasi
3. Menguasai teknik pengecekan uang
4. Berlatih kecepatan dan ketepatan
5. Menjaga etika kerja yang baik

Baca Juga: Bisnis F&B: Ketahui Arti, Peluang + 5 Tipsnya yang Auto Cuan

Pertanyaan Seputar Tugas Kasir Restoran & Cafe

Berikut beberapa pertanyaan seputar tugas kasir restoran atau cafe yang dapat menjadi gambaran ringkas untuk kamu.

Apa Saja Pekerjaan dan Tugas Kasir di Restoran?

Job desk kasir restoran tidak jauh dari beberapa tugas seputar:

  • Menerima pesanan pelanggan
  • Melayani proses transaksi & menginformasikan metode pembayaran
  • Menerima pembayaran & mencetak bill
  • Memberikan informasi yang dibutuhkan pelanggan
  • Memeriksa dan mencatat data penjualan
  • Melayani packaging barang pelanggan
  • Memeriksa daftar harga produk
  • Memeriksa stok barang
  • Membuat laporan penjualan

Apa Saja Pekerjaan dan Tugas Kasir di Cafe?

Secara umum, job desk kasir cafe tidak jauh berbeda dengan kasir restoran. Dan secara garis besar, tugas pokok mereka meliputi menerima pesanan pelanggan, menerima pembayaran & mengurus struk, hingga melayani packaging pesanan menu.

Apa Saja Skill yang Harus Dikuasai Kasir Restoran & Cafe?

Kemampuan yang harus dimiliki seorang kasir tempat makan, meliputi:

  • Kemampuan komunikasi
  • Melek teknologi
  • Kemampuan berhitung atau matematika dasar
  • Ketelitian
  • Product knowledge
  • Problem solving

Berapa Gaji Seorang Kasir Restoran ataupun Kasir Cafe?

Jika tugas, tanggung jawab, keterampilan, serta kualifikasinya di dunia kerja sudah dipahami, kamu perlu mengetahui rentang salary yang mungkin didapatkan. Berdasarkan informasi dari Glints, besaran rata-rata salary kasir cafe atau resto berkisar antara Rp2.300.000 – Rp3.000.000.

Penutup

Dari pembahasan ini kita sama-sama tahu bahwa tanggung jawab dan tugas kasir restoran maupun cafe memang cukup kompleks. Sebagai representasi dari resto yang dijalankan, ini menjadi tantangan tersendiri bagi profesi kasir.

Pembahasan ini bisa menjadi patokan bagi owner bisnis kuliner yang sedang mencari talent atau profesi terkait, maupun bagi job hunter yang tertarik dengan industri F&B.

Bagi restaurant/cafe cashier enthusiast, kamu bisa mulai mempelajari perkembangan teknologi, salah satunya dengan mengulik ragam fitur aplikasi kasir yang mungkin digunakan di tempatmu bekerja nanti.

Untuk owner bisnis F&B, pengetahuan ini juga penting untuk menentukan talenta yang pas di restorannya. Jangan lewatkan pula informasi menarik tentang Food Bazaar di Tantri, kalau perlu download brosur agar lebih paham atau langsung demo gratis aplikasi kami!

solusi