Bandung memang jadi target strategis untuk berburu kuliner. Pesatnya pertumbuhan industri kuliner di wilayah Bandung melahirkan banyak olahan menu makanan cafe yang enak dan inovatif. Tak heran banyak cafe di Bandung yang menyajikan beragam menu yang menggugah selera.

Di Bandung sendiri cukup banyak tempat makan yang menjual ragam keunggulannya, mulai dari menu restoran yang menarik dan lezat, tempat dine-in yang instagramable, layanan ekstra seperti live music, hingga fasilitas tambahan seperti meeting area hingga karaoke.

Adanya keinginan dan preferensi yang berbeda-beda sering kali membuat standar orang-orang berubah terhadap pilihan tempat nongkrong atau ngopi.

Oleh karenanya, dalam artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi tempat-tempat aesthetic di Bandung yang tidak hanya menawarkan suasana yang menarik tetapi juga menu makanan yang tidak kalah ciamik.

1. Kedai Reong – Kedai Dimsum Kuah Antimainstream

ambience kedai reong1

Katalaog menu Kedai Reong: https://menu.tantri.id/kedai-reong 

Tempat pertama yang kami rekomendasikan adalah Kedai Reong, yang menawarkan menu dimsum sebagai highlight utama. 

Bandung memang surganya dimsum, dan banyak sekali kedai yang menjual dimsum di kota ini. Namun, Kedai Reong berhasil menghadirkan sesuatu yang berbeda. Di sini, Bestri bisa menikmati sensasi menyantap dimsum dengan kuah kaldu otentik andalan mereka.

menu makanan di kedai reong2

Ada dua jenis kuah yang menjadi best seller di Kedai Reong, yaitu: kuah original dan kuah merah. Kuah originalnya diracik dengan rempah-rempahan, tulang, dan potongan ayam lainnya sehingga menghasilkan kuah yang kental, harum, dan gurih dengan sensasi kaldu yang cukup nendang. 

Sedangkan kuah merahnya merupakan variasi dari kuah original yang ditambahkan dengan bumbu rahasia sehingga warnanya merah menyala dengan sensasi gurih, pedas, dan asam seperti kuah tomyam.

Selain menjual dimsum kuah sebagai menu restoran yang menjadi primadonanya, Kedai Reong juga menawarkan beragam minuman mulai dari milk-series hingga coffee-based yang gak kaleng-kaleng.

Kopi di sini dijamin tak kalah dengan kopi-kopi ala cafe lainnya di Bandung. Minuman yang wajib dicoba antara lain Arabica Signature dan Hala Coffee yang rasanya unik dan sulit ditemukan di tempat lain.

Dengan harga yang relatif murah, bahkan untuk kalangan pelajar, Kedai Reong bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk Bestri yang ingin menikmati kopi sekaligus berburu kuliner unik di Bandung.

Baca Juga: QR Code Menu: Cara Praktis Membuat Menu Digital untuk F&B

2. Baja Coffee Space – Kedai Bohemian dengan Nuansa Homie

ambience baja cafe

A. Ambience Cafe

Rekomendasi selanjutnya adalah Baja Coffee Space, sebuah kedai kopi atau cafe dengan nuansa bohemian namun tetap terasa homie.

Baja Coffee Space menawarkan konsep nongkrong dan ngopi yang nyaman dengan tata ruang indoor seperti berkunjung ke rumah dan suasana outdoor yang segar dengan banyak tanaman hijau. 

Mengusung tema yang sedang digandrungi oleh anak muda, setiap sudut di Baja Coffee Space menjanjikan desain menarik khas bohemian.

Belum banyak kafe di Bandung yang berani mengusung tema ini, karena kebanyakan kafe lebih memilih tema minimalis. Atau mungkin Baja Coffee Space merupakan kafe dengan tema bohemian terbaik di Bandung saat ini?! Perlu Anda cek!

Baca Juga: Contoh Daftar Menu Makanan Bisnis Terkenal. Modifikasi, Yuk!

B. Menu Makanan di Baja Coffee

Tidak hanya desain interiornya yang menarik, cafe ini juga menawarkan ragam menu makanan dan minuman ala cafe atau resto unik yang bisa menemani Bestri beraktivitas, baik untuk nugas maupun sekadar nongkrong bersama teman-teman.

Ada berbagai menu minuman yang bisa Bestri coba. Untuk yang bosan dengan sajian kopi yang itu-itu saja, menu ‘Untitled’ dari Baja Coffee Space wajib dicoba.

Minuman ini bisa berbeda untuk setiap customer, karena para barista akan menyesuaikan mood dan preferensi masing-masing. Mereka akan menanyakan jenis kopi yang Bestri suka, apakah tipe light atau strong, mood Bestri saat itu, dan preferensi lainnya.

Selain menu ‘Untitled’, ada juga minuman unik lainnya seperti Es Kopi Pisang Merah yang menjadi salah satu best seller di Baja Coffee Space, atau Es Kopi Susu Mentega untuk yang ingin mencoba kopi dengan rasa gurih dari mentega.

Ada juga Artisan Chocolate dari series “Yang Ini Bukan Kopi”, Turquoise Match yang merupakan campuran kelapa dengan matcha, hingga Cloudy Sapphire yang memadukan sensasi segar citrus dengan creamy foam. 

Baja Coffee Space pun sering mengadakan event menarik untuk anak muda seperti The Sound of Steel, sebuah event musik, nobar untuk momen-momen besar seperti laga final Persib Mei 2024 kemarin, hingga event Buka Tipis Tipis yang sering mengadakan aktivitas seru seperti vinyl set, ootd capture, live painting, dan penampilan-penampilan kece lainnya.

Baca Juga: Aplikasi Kasir Gratis & QR Menu: Optimalkan Bisnis Kuliner Tak Harus Mahal!

3. JJONBAM – Menu Makanan Korea Otentik

menu makanan di jjeonbam cafe1

Kedai yang satu ini menawarkan sensasi makanan street food ala Korea, di mana Anda bisa memilih menu makanan dan minuman khas Negeri Ginseng tersebut tepat di samping jalan, dengan nuansa kedai yang persis seperti di drama Korea. 

JJONBAM menawarkan beragam menu cafe/restoran yang sama persis dengan gambar asli di menunya. Mulai dari odeng, Kani Fish Cake, Chikuwa, Chijeu Tteokbokki, Mandu, Dakbal, hingga Dakgangjeong. Semuanya nampak menggugah selera. 

menu makanan di jjeonbam cafe2

Selain menu street food, tempat ini juga menawarkan menu makanan berat seperti Beef Gimbap, Kimchi Bokk-eumbap, Bibimbap, Ramyeon, Jjajangmyeon, Japchae, Beef Bulgogi, Naengmyeon, hingga Kimchi Jigae. Menu makanan ini tentunya tidak lengkap jika tidak ditemani dengan Soju.

Namun, Bestri tidak perlu khawatir karena Soju yang dijual di sini non-alkohol sehingga aman untuk dikonsumsi bagi yang tidak mengonsumsi alkohol. Bagi Bestri yang tidak suka Soju, kedai Korea ini juga menawarkan berbagai minuman instan ala Korea dengan berbagai rasa yang bisa dinikmati.

Sensasi makan makanan ala Korea sambil ditemani Soju berbagai rasa, apalagi di malam hari, tentu memberikan pengalaman tersendiri. 

Meskipun JJONBAM berkonsep kedai street food, secara keseluruhan desain interior dan tata letaknya dibuat lebih modern dan aesthetic.

Bagi Bestri yang meminati gaya Korea, JJONBAM bisa menjadi pilihan yang solutif untuk mencari sensasi menu makanan Korea dengan ambience dan rasa yang totalitas. Dengan pilihan menu cafe yang beragam, JJONBAM memastikan setiap pelanggan bisa merasakan cita rasa autentik Korea dengan suasana yang nyaman dan menarik.

Baca Juga: QR Code Makanan: 4 Contoh Jenis & Cara Membuat [Lengkap]

FITUR PROMOSI MERCHANT UNGGULAN TANTRI

Banyaknya inovasi dan kesempatan yang ada, menuntut para business owner tidak hanya memerlukan inovasi secara berkala terhadap bisnisnya melainkan perlu memperkuat kehadiran mereknya secara kuat. 

Salah satu cara untuk memperkuat kehadiran merek adalah dengan melakukan optimalisasi promosi. Dan promosi menjadi penting bagi pegiat bisnis, termasuk di industri kuliner F&B. 

Terkadang owner business terlalu fokus untuk mengembangkan bisnisnya secara operasional atau sekedar fokus pada pengembangan menu makanan di cafe atau restorannya saja, padahal salah satu kunci penting berkembang bisnis juga melingkupi optimalisasi promosi. 

Dengan melakukan promosi, para business owner kuliner dapat menyampaikan inovasi ataupun keunikan-keunikan yang mereka punya kepada para customer. Namun, tak sedikit bisnis F&B yang me-nomor sekian-an konsistensi dalam melakukan promosi, karena faktor tertentu yang mereka hadapi.

Oleh karena itu, Tantri sebagai spesialis POS bisnis kuliner tidak hanya menawarkan aplikasi order manajemen dan POS Kasir, Tantri juga turut hadir untuk membantu promosi bisnis-bisnis kuliner.

Tantri berkomitmen untuk terus membantu para business owner meningkatkan jumlah transaksi dan memperkuat merek bisnis para pelaku pelaku bisnis kuliner melalui ragam kegiatan promosi.

Baca Juga: Aplikasi Kasir Restoran Full Fitur Bebas Biaya Langganan

Apa Saja Fitur Promosi Merchant Unggulan TANTRI?

Merchant Tantri akan kami bantu dalam 3 tipe promosi, termasuk promosi (1) Social Media Boost, (2) SEO Optimization, dan (3) Integrasi Food Bazaar, seperti yang didapatkan oleh 3 rekomendasi cafe atau restoran di atas.

1. Social Media Boost

Social Media Boost adalah fitur yang dirancang untuk meningkatkan visibilitas dan jangkauan bisnis Anda melalui platform media sosial. Di sini tim kreatif dari Tantri akan membuat konten promosi mengenai merchant Anda, lalu diposting di beberapa channel kami seperti Instagram, TikTok, hingga YouTube short.

2. SEO Optimization

Untuk tipe customer tertentu, mereka lebih menyukai “Melakukan riset mengenai cafe atau resto yang akan mereka kunjungi sebelum pergi ke tempat” di Google.

Entah itu mencari rekomendasi cafe atau restoran aesthetic terdekat dengan jarak mereka, rekomendasi cafe dengan menu makanan unik, menu makanan murah, menu makanan paling enak, dan lainnya.

Poin menariknya adalah, merchant Tantri akan kami bantu promosi dengan organic search alias dibuatkan artikel SEO Google, dengan tujuan customer dapat menemukan informasi menarik seputar bisnis Anda. 

3. Integrasi Food Bazaar

Merchant Tantri juga kami jamin akan ter-Integrasi dengan fitur Food Bazaar kami. Yaitu fitur pembuatan menu online disertai deskripsi, hingga keterangan jam operasional bisnis. 

Fitur ini berfungsi sebagai katalog untuk memamerkan semua menu andalan Anda. Jika penasaran, silahkan cek di sini (Food Bazaar Tantri)! 

Baca Juga: Ajaib! 17+ Kata-Kata Promosi Cafe di Instagram & Contohnya

Penutup

Itulah rekomendasi pilihan menu makanan di cafe dan resto, yang bisa Anda coba sewaktu berada di sekitar Kota Bandung. 

Yuk, jangkau pelanggan Anda dengan informasi mengenai merchant Anda, melalui fitur-fitur promosi unggulan dari TANTRI.

Jangan lewatkan kesempatan untuk memaksimalkan potensi bisnis Anda dengan Social Media Boost, SEO Optimization, dan Integrasi Food Bazaar, hanya dengan bergabung di Tantri, gratis!

Hubungi kami sekarang dan mulailah perjalanan menuju kesuksesan bisnis Anda bersama TANTRI!

promosi