Kompetisi Startup untuk industri kembali digelar oleh Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (Ditjen IKMA) Kementerian Perindustrian RI tahun ini. Startup4Industry 2024 merupakan ajang bergengsi yang diadakan di Gedung PIDI 4.0, Permata Hijau, Jakarta, pada 18-20 Juli 2024, bersamaan dengan acara Tech Link Summit 2024. 

Program yang sudah berjalan sejak 2018 ini telah diikuti oleh ribuan startup hingga saat ini. Gelaran ini dilaksanakan dalam rangka mempercepat transformasi teknologi dalam industri Indonesia sesuai dengan visi Indonesia Emas 2045.

daftar 20 besar finalis startup for industry 2024 - tech link summit 2024

Tahun ini, Ditjen IKMA telah menyaring sekitar 206 startup dan 280 IKM (Industri Kecil Menengah) pendaftar dari berbagai latar belakang industri untuk berkompetisi. Dan diantara ratusan startup yang mendaftar, Tantri berhasil lolos menjadi satu-satunya finalis yang berasal dari industri aplikasi kasir cafe/restoran.

Baca Juga: Sosialisasi Tantri x Disperindag Babel: Bahas Aplikasi Kasir Guna Dukung Digitalisasi UKM

Sebagai bagian dari Top 20 Finalis Startup4Industry 2024, Tantri berhasil unggul dengan inovasi dan kemampuannya mengintegrasikan berbagai fitur manajemen bisnis dalam satu aplikasi kasir yang mudah digunakan.

Sistem ini didesain dengan mengedepankan pendekatan yang holistik dalam menyelesaikan masalah operasional bisnis F&B.

Keberhasilan Tantri ini menjadi bukti nyata akan potensi besar yang dimiliki oleh solusi kasir digital dalam mendukung bisnis F&B (Food and Beverage) di Indonesia.

Baca Juga: BIFHEX 2024: Cari Aplikasi Kasir Cafe & Resto di Booth Tantri.id

Komitmen Tantri

Dengan menghadirkan solusi yang mempermudah operasional bisnis F&B (Food and Beverage), Tantri berupaya agar mampu memberikan dampak signifikan dalam efisiensi bisnis melalui berbagai fitur:

semua fitur tantri
All Fitur Aplikasi Kasir Tantri

Program Pemberdayaan Bisnis

Lebih dari sekedar aplikasi kasir restoran/cafe biasa, Tantri juga berinovasi melalui program pemberdayaan bisnis F&B agar mampu berkembang secara operasional, penjualan, dan penggunaan teknologi. Hal ini sesuai dengan misi pemerintah dalam mempercepat transformasi teknologi digital di dunia industri.

Baca Juga: All Food Indonesia 2024: Hadirkan Aplikasi Kasir Full Fitur dari Tantri

Beberapa program unggulan untuk pemberdayaan bisnis tersebut diantaranya adalah:

1.  Food Bazaar Tantri, yang menampilkan katalog menu cafe, deskripsi lengkap, hingga jam operasional. Program ini bertujuan untuk meningkatkan visibilitas kafe dan restoran, sehingga dapat menarik lebih banyak pelanggan. 

Contoh Katalog Menu Imecca House/Food Bazaar Tantri
Contoh Katalog Menu Imecca House/Food Bazaar Tantri

2. Selain itu, Tantri juga mendukung Promosi Bisnis melalui pembuatan konten yang akan dibantu dipublikasikan di media sosial seperti Instagram, YouTube, dan TikTok, serta di website Tantri dengan artikel SEO yang mendukung peningkatan peringkat pencarian online.

Contoh Artikel Ganesha Cafe / Blog Posting Tantri.id
Contoh Artikel Ganesha Cafe / Blog Posting Tantri.id
Laman Akun TikTok Tantri / @foodbazaartantri
Laman Akun TikTok Tantri / @foodbazaartantri
Laman Akun Instagram Tantri / foodbazaartantri
Laman Akun Instagram Tantri / foodbazaartantri
Laman YouTube Tantri / Official Tantri
Laman YouTube Tantri / Official Tantri

Baca Juga: Pameran Bandung BIFHEX 2024: Booth Tantri Dipenuhi Visitor 

Langkah Selanjutnya

Sebagai salah satu dari 20 startup finalis, Tantri akan melaksanakan proyek implementasi selama tiga bulan bersama IKM mitra. Yaitu dengan membantu kafe dan restoran dalam mengelola efisiensi operasional melalui aplikasi kasir digital serba bisa.

Tantri melihat ini sebagai kesempatan untuk mengembangkan dan menguji fitur-fitur inovatifnya secara langsung di lapangan, memastikan bahwa bisnis dapat memenuhi kebutuhan manajemen serta pengguna dengan lebih baik.

Baca Juga: Kolaborasi Tantri x Iware di BIFHEX: Tawarkan Bundling Spesial & Kemudahan untuk Merchant

Dengan masuknya Tantri ke dalam daftar finalis, ini bukan hanya sebuah pencapaian besar bagi kami, tetapi juga menunjukkan adanya potensi besar yang dimiliki teknologi digital untuk mengubah industri di Indonesia.

Tantri berharap dapat memberikan kontribusi signifikan dalam proyek ini dan terus mendukung transformasi teknologi di sektor F&B.